Hubungan antara berat lahir dan berat sapih berdasarkan karateristik fenotip (warna kepala) kambing Peranakan Etawah (PE) di Desa Mulyoasri Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang

AnggiRiyantYunanta (2009) Hubungan antara berat lahir dan berat sapih berdasarkan karateristik fenotip (warna kepala) kambing Peranakan Etawah (PE) di Desa Mulyoasri Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan di peternakan rakyat Desa Mulyoasri Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang pada bulan Maret sampai Mei 2009. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara bobot lahir dan bobot sapih terhadap karateristik fenotip (warna kepala) kambing PE, yaitu diduga pada warna kepala dominan hitam yang mempunyai pertambahan bobot badan lebih tinggi dari pada warna kepala yang lain. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak kambing PE yang berumur 1 sampai 2 hari dan berat sapih sampai umur 3 bulan dengan jumlah ternak 164 ekor milik para petani ternak di peternakan rakyat Desa Mulyoasri Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. Hasil perhitungan menggunakan korelasi, determinasi, regresi diperoleh nilai rendah. Hasil uji “t” menunjukkan bahwa warna kepala tidak berpengaruh terhadap berat lahir, berat sapih, ADG dan statistik vital. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hubungan berat lahir dan berat sapih pada warna kepala kambing PE mempunyai nilai koefisien korelasi rendah. Berat lahir, berat sapih, pertambahan bobot badan harian dan statistik vital antara kombinasi warna kepala dominan hitam, dominan coklat dan dominan putih adalah sama. Saran yang dapat diberikan adalah perlu dilakukan penelitian lanjutan secara molekuler untuk pembuktian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2009/153/050903648
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2010 10:16
Last Modified: 20 Oct 2021 10:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136429
[thumbnail of 050903648.pdf]
Preview
Text
050903648.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item