Analisis Warna Pada E-Commerce Terhadap Brand Awareness

Sibarani, Kiristian (2018) Analisis Warna Pada E-Commerce Terhadap Brand Awareness. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

E-commerce di Indonesia menjadi bagian perkembangan dalam dunia internet yang sangat pesat. Keberadaan E-commerce di Indonesia sudah mulai sangat banyak akibat tingginya daya beli masyarakat, dengan banyak E-commerce yang ada di Indonesia pemilik E-commerce banyak melakukan inovasi untuk dapat tetap bersaing. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah selalu memperbarui tampilan web yang lebih menarik untuk para konsumen, diharapkan dengan meperbarui tampilan web mereka dapat meningkatkan brand awareness terhadap produk mereka. Untuk membangun brand awareness kepada konsumen perusahaan E-commerce membuat iklan, banner, promo, dan meningkatkan website mereka. Dalam meningkatkan website mereka, banyak aspek yang perlu di perhatikan salah satu nya adalah pemberian warna.Warna merupakan salah satu aspek penting dalam meningkatkan brand awareness terhadap konsumen karena warna sangat mudah diingat oleh otak manusia. Tampilan warna pada E-commerce secara tidak langsung membentuk brand awareness kepada merek/brand itu sendiri, karena konsumen secara tidak langsung melihat warna yang ada pada web tersebut dan memberikan ingatan terhadap merek/brand tersebut. Penelitian ini akan berfokus untuk membandingkan beberapa warna pada E-commerce yang sudah ada di Indonesia, untuk dinilai warna manakah yang memiliki tingkat brand awareness lebih tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah warna yang memiliki brand awareness lebih tinggi untuk menjadi rekomendasi dalam pemberian warna untuk website E-commerce.

English Abstract

The rapid development of the internet has led to many changes about E-commerce in indonesia. The existence of E-commerce in Indonesia has started very much due to the high purchasing power of the community, with many E-commerce in Indonesia, many E-commerce owners to innovate to stay competitive. One of the innovations that is done is always to update the web appearance more attractive to the consumers, expected by updating their web display can increase brand awareness of their products. To build brand awareness to the consumer Ecommerce companies create ads, banners, promotions, and improve their website. In improving their website, many aspects that need to be considered one of them is giving color. Color is one important aspect in increasing brand awareness to consumers because the color is very easy to remember by the human brain. The color display on E-commerce indirectly forms brand awareness to the brand itself, because consumers are indirectly looking at the colors that exist on the web and giving memory to the brand. This study will focus on comparing some of the colors on existing ecommerce in Indonesia, to be judged which color has a higher level of brand awareness. The conclusion of this study is the color that has a higher brand awareness to be a recommendation in giving color to E-commerce website

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/713/051808626
Uncontrolled Keywords: brand awareness, color,E-commerce, user testing, UX
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Nov 2018 02:25
Last Modified: 22 Oct 2021 02:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13636
[thumbnail of Kiristian Sibarani.pdf]
Preview
Text
Kiristian Sibarani.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item