Analisa efek promosi penjualan dan iklan terhadap hasil penjualan telur : studi kasus pada Hypermarket Malang Town Square

ErinBudiWijayanti (2008) Analisa efek promosi penjualan dan iklan terhadap hasil penjualan telur : studi kasus pada Hypermarket Malang Town Square. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengumpulan data penelitian dilaksanakan mulai tanggal 23 Mei sampai dengan 24 Juni 2008 di Hypermart Malang Town Square Under Ground Level Jalan Veteran Nomor 2 Malang – Jawa Timur 65114 Telp. (0341) 559055. Promosi dan periklanan merupakan unsur bauran pasar dalam menunjang proses pemasaran pada Hypermart Malang Town Square. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan promosi penjualan dan periklanan, mengetahui keeratan hubungan antara promosi penjualan dengan penjualan, serta mengetahui peran biaya promosi terhadap peningkatan volume penjualan. Hasil penelitian diharapkan dapat dipakai sebagai informasi tentang promosi penjualan dan periklanan yang dilakukan di Hypermart Malang Town Square. Metode penelitian adalah studi kasus yang merupakan penelitian yang mendalam mengenai kasus. Pemilihan lokasi dilakukan secara purposive sampling yakni lokasi dari penelitian ini dilakukan secara sengaja pada HYPERMART Malang Town Square yang biasanya digunakan untuk studi kasus. Data yang dikumpulkan meliputi total penjualan, jumlah dan jenis promosi penjualan dan periklanan, intensitas, serta biaya yang digunakan untuk promosi dan iklan. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara langsung dengan pihak bidang pemasaran, gudang, dan accounting. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi penjualan yang dilakukan oleh pihak Hypermart adalah pajangan, promosi hadiah, dan potongan harga. Periklanan pada Hypermart yakni pada surat kabar harian Jawa Pos, Katalog, POP ( Purchase of Product ), wobler, audio promo Hypermart Malang, Audio building Matos, poster, dan leaflet. Besar Ajusted R2 adalah 0,977; artinya 97,7% penjualan dipengaruhi oleh promosi dan periklanan, sisanya 2,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Disimpulkan bahwa total penjualan telur pada Hypermart Malang Town Square sangat signifikan dipengaruhi oleh promosi penjualan dan periklanan. Disarankan Pihak Hypermart Malang Town Square sebaiknya mulai mengedepankan food safety and insurance untuk diangkat sebagai isu penting dalam upaya meningkatkan volume penjualan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2008/166/050803568
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 24 Nov 2008 10:21
Last Modified: 20 Oct 2021 13:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136260
[thumbnail of 050803568.pdf] Text
050803568.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item