Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pakan Ternak Ayam Petelur PT.”Charoen Pokphand Indonesia : studi Kasus Pada Sawahan Poultry Shop di Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar

Widianto (2008) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pakan Ternak Ayam Petelur PT.”Charoen Pokphand Indonesia : studi Kasus Pada Sawahan Poultry Shop di Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Sawahan Poultry Shop kecamatan Wlingi kabupaten Blitar pada tanggal 7 Mei sampai 7 Juni 2008. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap produk pakan ternak ayam petelur PT.“Charoen Pokphand Indonesia”, untuk mengetahui faktor yang paling dominan dipertimbangkan dalam membeli produk pakan ternak ayam petelur PT.“Charoen Pokphand Indonesia”. Responden pada penelitian ini adalah peternak yang membeli dan menggunakan pakan ternak ayam petelur PT.”Charoen Pokphand Indonesia” yang diambil secara purposive sampling yaitu sebanyak 60 responden. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik wawancara. Analisis data secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis faktor dan analisis regresi berganda. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa 20 variabel yang diuji dengan Measures of Sampling Adequacy (MSA) terdapat 7 variabel yang dikeluarkan karena mempunyai nilai MSA < 0,5, yaitu X1 (merek), X3 (penampilan kemasan), X4 (kualitas produk), X5 (Label), X7 (keunggulan), X8 (perubahan harga) dan X10 (Persepsi harga), sehingga pada pengujian selanjutnya mengikutkan 13 variabel. Dari 13 variabel yang dianalisis diperoleh nilai determinan 0,0000246, nilai Kaiser-Meyer- Olkin (KMO) sebesar 0,594 dan nilai Bartlett’s test sebesar 0,000, sehingga dilihat dari nilai-nilai tersebut sudah bisa dianalisis lebih lanjut. Pada pengujian faktor menghasilkan 5 faktor yaitu (1) ”Promosi pakan ternak ayam petelur” dengan nilai keragaman 35,71 persen, faktor ini didukung oleh variabel sponsor, daya tarik iklan dan frekwensi iklan, (2) ”Tempat penjualan pakan ternak ayam petelur” dengan nilai keragaman 11,98 persen, faktor ini didukung oleh variabel tempat penjualan dan jarak, (3) ”Promosi dan pelayanan pendukung” dengan nilai keragaman 10,23 persen, faktor ini didukung oleh variabel bonus, banyaknya poultry shop dan pelayanan pendukung (4) Produk dan harga pakan ternak ayam petelur” dengan nilai keragaman 8,78 persen, faktor ini didukung oleh variabel variasi produk dan perbandingan harga dan (5) ”Produk dan kenyamanan tempat penjualan pakan ternak ayam petelur” dengan nilai keragaman 7,91 persen, faktor ini didukung oleh variabel ukuran kemasan dan kenyamanan tempat. Hasil analisis regresi berdasarkan indikator jumlah pembelian pakan ternak menunjukkan preferensi konsumen terhadap pakan ternak ayam petelur PT.”Charoen Pokphand Indonesia” diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 1810.505 + 0.134F1 - 0.029F2 - 0.0347F3 - 0.238F4 + 0.043F5 - 0.027Fi1 + 0,074Fi2 + 0.876Fi3 + 0.240Fe1 - 0.015Fe2 - 0.096Fe3 - 0.129Fe4 - 0.128Fe5 + 0.116Fe6 Nilai adjusted R2 sebesar 0,727, artinya bahwa 72,7 persen preferensi konsumen (Y) dijelaskan oleh variabel bebas penelitian, sedangkan sisanya 27,3 persen variabel preferensi konsumen dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh nyata ( significant ) terhadap preferensi konsumen adalah jumlah kepemilikan ayam petelur (Fi3), “produk dan harga pakan ternak ayam petelur” (F4) dan adanya produk saingan (Fe1). Kesimpulan hasil penelitian bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terhadap pakan ternak ayam petelur PT.”Charoen Pokphand Indonesia” adalah jumlah kepemilikan ayam petelur, ”produk dan harga pakan ternak ayam petelur” dan adanya produk saingan. Keterkaitan atau hubungan yang kuat antara bentuk pakan (butiran dan tepung) dan perbandingan harga pakan butiran dan tepung merupakan faktor bauran pemasaran yang paling dominan dipertimbangkan dalam membeli produk pakan ternak ayam petelur PT.“Charoen Pokphand Indonesia”. Saran dari penelitian ini adalah agar pihak Charoen Pokphand menerapkan program kemitraan pada peternak ayam petelur sehingga pelanggan semakin banyak atau peternak akan cenderung memilih pakan ternak tersebut dan pihak sawahan Poultry Shop untuk meningkatkan ketersediaan pakan ayam petelur yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2008/117/050802465
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 01 Sep 2008 09:40
Last Modified: 20 Oct 2021 11:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136209
[thumbnail of 050802465.pdf] Text
050802465.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item