Kinerja penjualan susu segar pada KUD "SUMBER MAKMUR" Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang

SariLaylyArumArini (2006) Kinerja penjualan susu segar pada KUD "SUMBER MAKMUR" Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilaksanakan mulai 25 April sampai dengan 30 Mei 2006 di KUD "Sumber Makmur" kecamatan Ngantang kabupaten Malang. Tujuan penelitian adalah mengetahui kinerja dan strategi penjualan susu segar pada KUD "Sumber Makmur" kecamatan Ngantang kabupaten Malang. Metode penelitian adalah metode wawancara dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada KUD "Sumber Makmur". Data yang diambil meliputi data primer didapat dari wawancara dan pengamatan langsung ke lokasi penampungan susu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di KUD "Sumber Makmur" dalam kurun waktu empat tahun dari 2001 sampai 2005 rata-rata pendapatan per tahun sebesar Rp. 20.967.683.889,-; keuntungan per tahun sebesar Rp. 2.845.946.318.000,-; rentabilitas sebesar 39,24 persen, R/C per tahun sebesar 1,096; margin penjualan per tahun sebesar Rp. 2.808.017.675.000,-; modal sebesar Rp. 7.838.555.024,80; share keuntungan per biaya sebesar 0,93 persen, volume susu segar sebesar 1.252.070,933 liter per bulan, jumlah penyetor susu segar per tahun sebesar 2.805 peternak, total solid per tahun sebesar 12,305 persen, berat jenis per tahun sebesar 1,0240, kadar lemak per tahun sebesar 4,39 persen, rata-rata volume penjualan susu segar per tahun ke Nestle sebesar 15.672.851,200 liter atau 16.049 ton, sedangkan rata-rata penjualan susu segar per tahun ke Greenfields dalam kurun waktu dua tahun sebesar 14.081.208,75 liter atau 14.419 ton, biaya produksi per tahun sebesar Rp. 2.686.196.737.000,- atau Rp. 1.720,430 per liter, biaya distribusi per tahun sebesar Rp. 825.109.364,200 atau Rp. 51,910 dan biaya pemasaran per tahun sebesar Rp. 2.774.305.177.000 atau Rp. 17,750 per liter; jumlah penyetor susu segar per tahun sebesar 2.805 peternak, jumlah sapi produksi per tahun sebesar 4.155 ekor, Kesimpulan menunjukkan bahwa trend kinerja penjualan susu segar di KUD "Sumber Makmur" antara tahun 2001 sampai 2005 menunjukkan kenaikan volume susu segar. Rata-rata penjualan susu segar per tahun yang dijual kepada Nestle adalah 16.081 ton, rata-rata pendapatan per tahun sebesar Rp. 20.967.683.889,-, sedangkan rata-rata penjualan susu segar per tahun Greenfields dalam kurun waktu dua tahun sebesar 14.419 ton. Jadi kinerja penjualan susu segar pada KUD "Sumber Makmur" efektif dan efisien, sedangkan strategi penjualan pada KUD "Sumber Makmur" adalah dengan meminimkan biaya penjualan dan membuat kontrak perjanjian penjualan susu segar dengan Greenfields agar kontinu. Saran untuk KUD "Sumber Makmur" sebaiknya menjalankan kontrak jual beli susu dengan Greenfields dan pembeli potensial lainnya untuk menjamin perlindungan kepentingan diantara keduabelah pihak serta sanksi yang jelas diharapkan pembayaran setoran susu tidak teratur dari Greenfields tidak akan terjadi lagi sehingga penjualan susu segar ke Greenfields kontinu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2006/195/050603186
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2008 09:42
Last Modified: 05 Dec 2008 09:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/136032
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item