Analisis pemasaran kambing potong di Kota Batu

DiniKristriningsih (2006) Analisis pemasaran kambing potong di Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 3 April 2006 hingga 3 Mei 2006 yang bertempat di kota Batu meliputi 3 kecamatan yaitu kecamatan Batu pada desa Oro-oro Ombo dan Desel, kecamatan Junrejo pada desa Gangsiran, Beji, Tlekung, Dadap rejo, Sumber sekar dan Jeding serta kecamatan Bumiaji pada desa Pekopek. Latar belakang pemilihan lokasi yaitu karena daerah tersebut memiliki potensi sebagai daerah pengembangan peternakan kambing potong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lembaga-lembaga pemasaran yang berperan, biaya pemasaran, marketing margin, pendapatan serta efisiensi pemasaran kambing potong di kota Batu. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai sumber informasi dan bahan pertimbangan bagi peternak dalam setiap pengambilan keputusan yang berkaitan dengan usaha penggemukan kambing potong, serta sebagai pustaka ilmu dan referensi bagi penelitian lebih lanjut tentang analisis pemasaran kambing potong. Materi atau obyek yang digunakan adalah usaha peternakan kambing potong di kota Batu serta lembaga - lembaga pemasaran yang terkait, sebagai respondennya adalah produsen (peternak kambing potong) sebanyak 36 orang, pedagang perantara sebanyak 9 orang, penjual daging sebanyak 3 orang, konsumen perantara yaitu penjual sate dan gule sebanyak 3 orang serta konsumen rumah tangga sebanyak 3 orang. Metode yang digunakan adalah survey dan wawancara sedangkan metode sampling yang digunakan yaitu cluster sampling . Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pemasaran ternak kambing potong di kota Batu memiliki 2 jalur pemasaran, yaitu : Jalur I Peternak Penjual daging Konsumen Jalur II Peternak Blantik Penjual daging Konsumen Margin pemasaran pada jalur 1 dari peternak ke konsumen sebesar Rp. 381.300 terdiri atas margin dari peternak ke penjual daging sebesar Rp 289.300 dan penjual daging ke konsumen Rp. 92.000. Margin pemasaran pada jalur 2 sebesar Rp. 381.300 terdiri atas margin pemasaran dari peternak ke blantik sebesar Rp. 261.400, blantik ke penjual daging Rp. 51.250 dan penjual daging ke konsumen Rp. 68.650. Biaya pemasaran yang dikeluarkan blantik sebesar Rp. 6600 per ekor, sedangkan pada penjual daging Rp. 27.000 yaitu biaya pemasaran dan ongkos jagal. Fungsi pemasaran yang dijalankan oleh peternak kambing potong antara lain fungsi pertukaran yaitu pembelian dan penjualan, fungsi fisik yaitu pemeliharaan ternak, serta fungsi fasilitas yaitu fungsi pembiayaan. Fungsi pemasaran yang dijalankan oleh blantik antara lain fungsi pertukaran yaitu penjualan dan pembelian, fungsi fisik yaitu pengangkutan dan penyimpanan serta fungsi penyediaan fasilitas yaitu penanggungan resiko selama ternak masih ditampung dan belum dijual. Besarnya pendapatan yang diterima peternak sebesar Rp.249.150 per ekor ternak, pendapatan blantik sebesar Rp. 44.650 per ekor dan pendapatan penjual daging sebesar Rp.41.650 per ekor. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendapatan sampel peternak kambing potong di kota Batu cukup besar karena mampu membuat suatu usaha peternakan bertahan, dapat memberikan hasil tambahan bagi peternak serta dapat membiayai hidup peternak. Peternak diharapkan mampu mempertahankan sistem pemasaran yang ada karena mampu mempertahankan serta mengembangkan kelangsungan hidup usaha peternakan serta lembaga-lembaga yang terlibat. Peternak kambing potong diharapkan dapat meningkatkan jumlah populasi ternak kambing agar usaha dapat lebih berkembang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2006/148/050602100
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2008 16:00
Last Modified: 20 Oct 2021 04:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135992
[thumbnail of 050602100.pdf]
Preview
Text
050602100.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item