Sofyan, Mochamad (2017) Skenario Perencanaan Bisnis Pengembangan Pembenihan Ikan Nila Nirwana (Oreochromis niloticus) di Balai Pengembangan Budidaya Ika Nila dan Mas (BPBINM) Wanayasa Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ikan nila nirwana (Oreochromis niloticus) merupakan jenis nila hitam salah satu komoditas primadona disub sektor perikanan air tawar, yang di harapkan dapat meningkatkan devisa daerah. Permintaan pasar di luar negeri yang cenderung meningkat serta sumberdaya yang cukup tersedia di Indonesia memberikan peluang sangat besar untuk dapat di kembangkan budidayanya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2015 di Balai Pengembangan Budidaya Ikan Nila dan Mas (BPBINM) Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Mengetahui aspek teknis, aspek pemasaran, aspek manajemen, dan aspek finansiil operasional pada pembenihan nila nirwana 2). Mengetahui strategi pengembangan usaha dengan analisis SWOT pada pembenihan nila nirwana 3). Menyusun skenario perencanaan strategis kelayakan finansiil pengembangan pembenihan ikan nila nirwana Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Jenis dan sumber data meliputi data primer dan data sekunder. Metode analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengidentifikasi aspek teknis, aspek pemasaran, dan aspek manajemen usaha pembenihan ikan nila nirwana serta analisis SWOT untuk strategi pengembangan usaha, sedangkan analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengidentifikasi aspek finansiil yang meliputi aspek finansiil operasional dan jangka panjang. Aspek teknis pada pembenihan ikan nila nirwana meliputi persiapan sarana dan prasarana, persiapan induk, persiapan kolam, pemijahan, pendederan, pemanenan dan pengemasan. Aspek pemasaran pada pembenihan nila nirwana meliputi permintaan dan penawaran, penetapan harga dan transaksi, saluran pemasaran dan margin pemasaran. Permintaan terhadap ikan nila semakin meningkat ditambah tidak tercapainya target produksi nila nasional tahun 2013 menjadi tambahan bagi peluang pasar. Ikan nila nirwana yang dihasilkan berukuran 2-3 cm dengan harga 300 rupiah/ekor. Saluran pemasarannya melalui pembudidaya, pengepul dan tengkulak yang kemudian masuk ke pasar di berbagai kota dengan ukuran konsumsi. Margin pemasaran dari balai benih ke konsumen adalah 18.700 rupiah. Aspek finansiil pada pembenihan nila nirwana meliputi analisis jangka pendek selama satu tahun dan kelayakan finansiil jangka panjang selama 10 tahun kedepan (2016-2025) dalam keadaan faktual. Penerimaan yang diterima dalam setahun sebesar Rp 1.056.000.000,-, nilai Revenue Cost Ratio lebih dari 1 yaitu sebesar 1,796 artinya usaha ini menguntungkan, keuntungan sebesar Rp 467.908.750,-, rentabilitas sebesar 79,56%, BEP sales benih nila nirwana vi sebanyak 191.533.714 dan BEP unit sebanyak 638.446 ekor. Untuk kelayakan finansial jangka panjang yaitu penambahan re investasi sebesar Rp. 513.977.300,- kemudian nilai NPV sebesar Rp 1.895.284.013,- besaran IRR 62%, Net B/C 3,45 dan PP 1,84 tahun. Aspek manajemen pada pembenihan nila nirwana di BPBINM Wanayasa meliputi perencanaan yang menginginkan ikan nila yang unggul dengan kriteria cepat tumbuh dan tahan penyakit dengan cara melakukan program pemuliaan melalui langkah penangkaran selektif (selective breeding). Pengawasan dilakukan dengan melakukan rapat internal setiap bulannya untuk mengevaluasi hasil kerja. Pergerakan dilakukan dengan menjalin pendekatan kekeluargaan antar individu. Pengorganisasian di BPBINM ini sudah terstruktur dengan baik. Strategi pengembangan dengan analisis SWOT mengidentifikasi faktor internal dan eksternal. Diagram analisis SWOT pada kegiatan pembenihan nila nirwana din BPBINM Wanayasa berada pada kuadran satu yang berarti perlu memanfaatkan peluang dan potensi semaksimal mungkin (agressive). Strategi pengembangan pada pembenihan nila nirwana yaitu dengan menambah jumlah karyawan, menaikan harga dan melakukan rekayasa genetis pada mulut ikan nila nirwana. Skenario pengembangan finansiil jangka panjang dengan strategi pada pembenihan nila nirwana selama 10 tahun (2016-2025) didapatkan nilai NPV sebesar Rp 3.894.136.717,- IRR 47%, Net-B/C 4,01 dan PP 3,85 tahun. Saran yang diberikan peneliti untuk perencanaan bisnis pengembangan pembenihan nila nirwana yaitu mempertimbangkan untuk melakukan skenario bisnis yang disarankan. Melihat hasil perbandingan benefit dari keduanya, finansial dari skenario terlihat lebih positif signifikan selama 10 tahun kedepan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2017/64/051700684 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 27 Jan 2017 15:02 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 03:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135924 |
Preview |
Text
ARTIKEL.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
laporan_skripsi.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |