Penerapan Autonomous Vehicle Behavior Pada Permainan Simulasi Ujian Berkendara 3D Menggunakan Metode Steering Behavior

Yusuf, Rosikhan Maulana (2018) Penerapan Autonomous Vehicle Behavior Pada Permainan Simulasi Ujian Berkendara 3D Menggunakan Metode Steering Behavior. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Simulasi berkendara merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk berkendara. Rancang bangun simulasi berkendara 3D yang telah dibuat dapat memberikan kontrol dan visual yang mendukung untuk pembelajaran berkendara. Tetapi dalam dunia nyata pengendara tidak hanya berhadapan dengan rambu-rambu lalulintas. Pemain juga memerlukan pembelajaran berkendara layaknya dunia nyata dengan tambahan mobil lain yang bergerak seperti di dunia nyata. Sehingga diperlukan agen otomatis yang bertindak sebagai mobil. Solusi untuk agen otomatis ini adalah dengan menggunakan Autonomous Vehicle yang menggunakan metode Steering Behavior sebagai dasar. Pada tahap perancangan, kebutuhan dalam pembuatan Steering Behavior disusun dalam perancangan Car Controller, perancangan Steering Behavior dan perancangan Waypoint. Kemudian program diimplementasikan menggunakan Unity3D dengan bahasa pemrograman C#. Pada saat pengujian White Box, dapat disimpulkan bahwa unit modul program sudah memenuhi kebutuhan fungsional. Pada pengujian akurasi dan presisi, dapat disimpulkan bahwa akurasi dan presisi offset adalah 97.9% dan 0.166427546 meter, akurasi dan preisisi magnitude error adalah 68.3% dan 1.605146908 m/s. Pada pengujian performa, dapat disimpulkan bahwa performa terbaik yang dapat diberikan Autonomous Vehicle adalah dengan menjalankan agen secara bersamaan dengan jumlah kurang dari 180 agen.

English Abstract

Driving simulation is one means to improve one's ability to drive. The design of 3D driving simulations that have been created can provide control and visual support for driving learning. However, in the real-world riders are not just dealing with traffic signs. Players also require real-world driving learning in addition to other cars that move like in the real world. So it takes an automatic agent that acts as a car. The solution for this automated agent is to use Autonomous Vehicle which uses the Steering Behavior method as the base. At design stage, the requirement in making Steering Behavior is arranged in Car Controller design, Steering Behavior design and Waypoint design. Then the program is implemented using Unity3D with C# programming language. At the time of testing White Box, it can be concluded that the unit module program already meets the functional needs. In the test of accuracy and precision, it can be concluded that offset accuracy is 97.9% and offset precision is 0.166427546 meter. The magnitude error accuracy is 68.3% and magnitude error precision is 1.605146908 m/s. In performance testing, it can be concluded that the best performance of Autonomous Vehicle can handle is when executing agents simultinously with no more than 180 agents.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/261/051801951
Uncontrolled Keywords: autonomous vehicle, steering behavior, simulasi, waypoints, car controller autonomous vehicle, steering behavior, simulation, waypoints, car controller
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.011 3 Transpotation (computer modeling and simulation)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Mar 2019 02:53
Last Modified: 16 Oct 2021 04:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13592
[thumbnail of Rosikhan Maulana Yusuf.pdf]
Preview
Text
Rosikhan Maulana Yusuf.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item