Strategi Pengembangan Usaha Rumah Makan “Ikan Bakar Ceria 76” di Jalan Soekarno-Hatta No. 76 Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Jawa Timur,

Fauzan, MuhammadHadi (2016) Strategi Pengembangan Usaha Rumah Makan “Ikan Bakar Ceria 76” di Jalan Soekarno-Hatta No. 76 Kelurahan Mojolangu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang, Jawa Timur,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan gaya hidup masyarakat di kota Malang menyebabkan peningkatan permintaan terhadap makanan dan diiringi dengan perubahan orientasi terhadap makanan yang semula hanya bersifat sebagai pemuas kebutuhan konsumsi menjadi bersifat peningkatan harga diri (prestige). Rumah makan “Ikan Bakar Ceria 76” ,merupakan usaha kecil dan menengah yang bergerak dalam bidang usaha rumah makan dengan ciri khas menu utama yang diandalkan adalah ikan bakar. Dengan adanya usaha yang bergerak dalam bidang usaha rumah makan bahan baku utama ikan, maka diperlukan analisis tentang aspek-aspek yang mendukung usaha rumah makan ini diantaranya kelayakan usaha serta srategi pengembangan usaha pada usaha rumah makan “Ikan Bakar Ceria 76”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1. Aspek teknis, aspek pemasaran, aspek manajemen, pada usaha rumah makan “Ikan Bakar Ceria 76” 2. Menganalisis kelayakan finansiil, 3. Menganalisis faktor internal dan faktor eksternal serta menyusun strategi pengembangan usaha. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif, Sedangkan jenis penelitian yang digunakan menggunakan studi kasus. Objek dari penelitian ini adalah pemilik usaha rumah makan “Ikan Bakar Ceria 76” dan tenaga kerja di dalamnya. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, kuesioner, observasi langsung, dan dokumentasi. Analisis data yang digunkaan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Deskriptif kualitatif meliputi aspek teknis, aspek pemasaran, aspek manajemen, dan analisis SWOT. Deskriptif kuantitatif untuk aspek finansiil jangka pendek, jangka panjang dan analisis SWOT. Aspek teknis pada usaha rumah makan “Ikan Bakar Ceria 76” tebagi menjadi 4 kriteria yaitu sarana dan prasarana, peralatan yang digunakan, bahan baku yang diperoleh, proses produksi ikan bakar dan output produk. Aspek teknis dalam usaha rumah makan “Ikan Bakar Ceria 76” meliputi proses sebagai berikut: sarana yang terdiri dari bahan baku, air, peralatan produksi seperti mesin freezer dan blower. Prasarana meliputi bangunan usaha, kondisi jalan yang memadai, tersedianya sumber tenaga listrik dan sistem komunikasi. Aspek pemasaran usaha rumah makan “Ikan Bakar Ceria 76” meliputi produk yaitu masakan ikan bakar dengan bumbu khas Jawa, Jimbaran, Maros serta masakan olahan lain sebagai pelengkap. Penetapan harga yang dicantumkankan oleh pemilik usaha yaitu Bapak Arief ditentukan berdasarkan biaya yang dikeluarkan dalam memproduksi serta harga bahan baku ikan di pasar tiap harinya. Promosi dilakukan dengan cara menggunakan media sosial seperti akun facebook, spanduk dan dari informasi mulut ke mulut. Saluran pemasaran yang dilakukan secara langsung yaitu dijual langsung kepada konsumen. Aspek manajemen usaha rumah makan “Ikan Bakar Ceria 76” meliputi: perencanaan persiapan sarana dan prasarana, perencanaan penyediaan bahan baku dalam proses produksi, perencanaan terhadap peningkatan kualitas produk. Pengorganisasian dalam struktur tenaga kerja sudah terstruktur dengan baik sesuai tugas dan tanggung jawab tiap lini. Pergerakan yang dilakukan oleh pemilik usaha agar lebih termotivasi sehingga dapat bekerja dengan giat dan professional dalam setiap Job Description yang diberikan, selain itu dilakukan sistem pengawasan dalam kegiatan produksi dilakukan langsung oleh pemilik usaha agar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Aspek finansiil pada usaha rumah makan “Ikan Bakar Ceria 76” meliputi analisis jangka pendek dan jangka panjang. Analisis jangka pendek selama setahun rata-rata diperoleh penerimaan sebesar Rp.522.001.000, R/C Ratio sebesar 1,99. BEP sales Mix makanan Rp.173.936.464, sedangkan nilai BEP Sales Mix Minuman Rp. 124.683.168. Keuntungan sebesar Rp.197.529.600. Rentabilitas usaha sebesar 75,67%. Analisis jangka panjang selama sepuluh tahun (2016-2026) diperoleh Net Present Value (NPV) sebesar Rp.1.873.579.827, Net Benefit Cost Ratio (Net B/C) sebesar 16,29, Internal Rate of Return (IRR) sebesar 227% dan Payback Period (PP) / waktu pengembalian modal sekitar 0,45 Tahun. Dari perolehan nilai aspek jangka pendek dan jangka panjang dapat dikatakan usaha rumah makan ini dikatakan layak untuk dijalankan. Analisis identifikasi faktor internal meliputi kekuatan yaitu lokasi yang strategis, pekerja yang terampil, citarasa masakan yang khas, modal yang digunakan merupakan milik sendiri. Faktor kelemahan yaitu kurangnya lahan parkir, kurangnya tenaga kerja, kurangnya divesifikasi produk, tidak adanya pembukuan keuangan. Identifikasi faktor eksternal meliputi peluang yaitu SDA sekitar lokasi, perubahan pola gaya hidup, teknologi yang berkembang, perkembangan ekonomi daerah. Faktor ancaman yaitu kenaikan harga bahan baku, selera konsumen yang berubah, munculnya produk masakan baru yang sedang berkembang di masyarakat, hadirnya pesaing baru pada usaha sejenis. Berdasarkan hasil dari analisis SWOT terletak dikuadran satu (I) yaitu menggunakan strategi SO (strengths opportunities), Strategi pengembangan usaha rumah makan “Ikan Bakar Ceria 76” bisa dilakukan dengan cara mengoptimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada. Strategi pengembangan yang harus dilakukan meliputi menjaga hubungan baik dengan pemasok dan pelanggan, adapun cara yang dilakukan yaitu dengan menerapkan sistem 3S (Salam, Sapa dan Senyum) kepada pengunjung yang datang.menjaga kualitas SDM dan citarasa produk yang dihasilkan, adapun cara yang dilakukan yaitu dengan memberikan pelatihan khusus kepada koki dengan variasi menu tertentu. menjaga kualitas bahan baku yang dipergunakan dengan cara menjaga standar bahan baku yang digunakan pada setiap produksi, dan menambah tempat duduk untuk pengunjung serta fasilitas memberikan failitas penunjang pada rumah makan seperti koneksi internet gratis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/45/051700620
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Jan 2017 10:57
Last Modified: 20 Oct 2021 03:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135902
[thumbnail of artikel_Skripsi_New_Stempel.pdf]
Preview
Text
artikel_Skripsi_New_Stempel.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Laporan_Fix_Stempel_For_PDF.pdf]
Preview
Text
Laporan_Fix_Stempel_For_PDF.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item