Perbedaan Sifat Fisik Tablet Ekstrak Teh Alga Coklat Sargassum cristaefolium Tanpa Penyalut dan Tersalut Maltodekstrin:Gum Arab dengan Metode Spray Drying.

syafiuddin (2017) Perbedaan Sifat Fisik Tablet Ekstrak Teh Alga Coklat Sargassum cristaefolium Tanpa Penyalut dan Tersalut Maltodekstrin:Gum Arab dengan Metode Spray Drying. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sargassum cristaefolium banyak tersebar luas di perairan Indonesia. Sargassum adalah salah satu organisme laut yang didalamnya kaya akan produk zat bioktif yang alami, Sargassum cristaefolium juga mengandung metabolit sekunder dari golongan senyawa fenol diantaranya adalah flavonoid, saponin, alkaloid, tannin dan terpenoid antosianin. Sargassum cristaefolium banyak mengandung khasiat karena mampu menghasilkan senyawa-senyawa bioaktif yang dapat digunakan sebagai antioksidan, antivirus, antibakteri, penghambat aktifitas enzim bahkan bioaktif yang dihasilkan juga dapat digunakan sebagai antitumor. Untuk memaksimalkan dan memanfaatkan senyawa-senyawa yang terkandung dalam Sargassum cristaefolium bagi kesehatan, maka dilakukan pengolahan bahan menjadi ekstrak dengan cara penyalutan dengan maltodekstrin:gum arab dengan metode spray drying supaya senyawa-senyawa yang ada didalam Sargassum cristaefolium dapat terlindungi, dan dilakukan diservikasi produk dalam bentuk tablet. Bentuk tablet dibandingkan bentuk cair diketahui mampu menjamin kestabilan zat aktif yang terkandung didalamnya, mudah dibuat, praktis, mudah dikemas, mudah digunakan, homogen serta reprodusibel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh hasil sifat fisik granul dan sifat fisik tablet sesuai dengan persyaratan Farmakope Indonesia terhadap perlakuan ekstrak teh alga coklat Sargassum cristaefolium tanpa penyalut dan tersalut maltodekstrin:gum arab dengan metode spray drying, Penelitian dimulai pada bulan April sampai Agustus 2016 yang bertempat di Laboratorium Budidaya Air Tawar Sumber Pasir FPIK UB, Laboratorium Keamanan Hasil Perikanan dan Laboratorium Perekayasaan Hasil Perikanan FPIK, Universitas Brawijaya, Malang. Laboratorium Formulasi Teknologi Sediaan Padat Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Laboratorium Formulasi Sediaan Farmasi Dan Laboratorium Kimia Terpadu II Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Malang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen. Didalam penelitian ini yang menjadi variabel terikat yaitu ekstrak teh alga coklat Sargassum cristaefolium tanpa penyalut dan ekstrak teh alga coklat Sargassum cristaefolium tersalut maltodekstrin:gum arab. Sedangkan yang menjadi variabel bebas adalah uji sifat fisik granul yang meliputi: waktu alir dan sudut diam granul. Serta sifat fisik tablet yang meliputi: keseragaman bobot tablet, dimensi tablet, waktu hancur tablet, kekerasan tablet dan kerapuhan tablet. Sedangkan perlakuan sampel yang baik dari hasil uji sifat fisik granul dan sifat fisik tablet sesuai dengan persyaratan Farmakope Indonesia adalah pada sampel ekstrak teh alga coklat Sargassum cristaefolium tanpa penyalut, yakni bobot granul(4,505g), distribusi ukuran partikel granul (100,14), sudut diam granul (29,74o), waktu alir granul (8,66s), keseragaman bobot tablet (599,149mg), dimensi tablet (3,98:13), kekerasan tablet (6,89), waktu hancur tablet (60,42s), dan kerapuhan tablet (1,5%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/32/051700607
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Jan 2017 13:15
Last Modified: 20 Oct 2021 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135888
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of ARTIKEL.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of PRAKTEK_KERJA_MAGANG.pdf]
Preview
Text
PRAKTEK_KERJA_MAGANG.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item