Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas, Brand Image, Kepuasan Konsumen, Dan Variasi Menu Terhadap Repurchase Intention Pada Warung Makan Ikan Bakar Mina Sari Kota Malang

MelindaSariKristanti, Desi (2017) Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas, Brand Image, Kepuasan Konsumen, Dan Variasi Menu Terhadap Repurchase Intention Pada Warung Makan Ikan Bakar Mina Sari Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Angka konsumsi ikan di Kabupaten Malang, Kota Malang dan Kota Batu cukup tinggi yaitu 64,112 kg/tahun. Begitupula dengan jumlah kebutuhan ikan yang juga tinggi mencapai 66.498 ton/tahun. Tingginya konsumsi dan kebutuhan ikan membuat warung makan seafood menjadi usaha yang menjanjikan. Saat ini jumlah restoran di kota Malang terus mengalami peningkatan. Agar dapat sukses dalam persaingan maka pengusaha harus berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Untuk mempertahankan pelanggan dan membuatnya kembali membeli produk dibutuhkan pengetahuan mengenai variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan pelanggan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh secara simultan antara variabel persepsi kualitas, brand image, kepuasan konsumen, dan variasi menu terhadap repurchase intention, pengaruh secara parsial antara persepsi kualitas terhadap repurchase intention, pengaruh secara parsial antara brand image terhadap repurchase intention, pengaruh secara parsial antara kepuasan konsumen terhadap repurchase intention, pengaruh secara parsial antara variasi menu terhadap repurchase intention dan menganalisis diantara variabel persepsi kualitas, brand image, kepuasan konsumen, dan variasi menu yang berpengaruh dominan terhadap repurchase intention. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang didapat berdasarkan kuesioner dan dokumentasi dengan konsumen di Mina Sari serta wawancara dengan pemilik Mina Sari. Data sekunder didapat dari BPS, buku, jurnal, dll. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan uji statistik. Karakteristik responden di Warung Makan Ikan Bakar Mina Sari didominasi oleh laki-laki, usia antara 15 – 29 tahun, tingkat pendidikan D3/S1, pekerjaan sebagai mahasiswa atau pelajar dengan tingkat pendapatan kurang dari Rp 2.000.000. Dari beberapa menu yang menjadi favorit konsumen, posisi tiga teratas ditempati oleh tuna bakar (18%), kakap bakar (18%) dan selar bakar (13%). Konsumen paling banyak mendapat informasi tentang Warung Makan Ikan Bakar Mina Sari yaitu dari teman. Sebagian besar konsumen menyatakan bahwa harga sudah sebanding dengan kualitas. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 0,243 + 0,286X1 + 0,131X2 + 0,234X3 + 0,031X4 + e. Masing-masing variabel dependen memiliki nilai koefisien positif sehingga berpengaruh positif terhadap repurchase intention. Nilai Adjusted R2 yaitu sebesar 0,278, persepsi kualitas (X1), brand image (X2), kepuasan konsumen (X3), dan variasi menu (X4) secara simultan berpengaruh pada variabel dependen (repurchase intention). Berdasarkan uji parsial dari keempat variabel dependen hanya variabel persepsi kualitas dan kepuasan konsumen yang berpengaruh secara signifikan terhadap repurchase intention sedangkan brand image dan variasi menu tidak berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention. Variabel yang memili pengaruh dominan terhadap niat beli ulang di Waung Makan Ikan Bakar Mina Sari adalah kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen dalam penelitian ini diukur dengan rasa suka, kesesuaian harapan, dan rasa kekecewaan. Saran bagi pemilik Warung Makan Ikan Bakar Mina Sari sebaiknya meningkatkan kualitas dan mengutamakan kepuasan konsumen dengan meletakkan seluruh ikan yang akan dipilih konsumen di dalam coolbox, untuk tetap menjaga kualitas ikan. Bagi pelaku usaha baru sebaiknya dapat membuat persepsi yang baik dibenak konsumen dan mengutamakan kepuasan konsumen, jangan hanya terpaku pada volume penjualan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya dengan variabel lain seperti harga dan lokasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/261/051704527
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 22 Jun 2017 09:38
Last Modified: 22 Jun 2017 09:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135876
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item