Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Nelayan Terhadap Pelayanan Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Kabupaten Lamongan Jawa Timur

Widyaningtyas, Laxsmi (2017) Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Nelayan Terhadap Pelayanan Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu bentuk pelayanan yang mempunyai peranan penting dalam dunia perikanan yaitu tersedianya pelayanan jasa di pelabuhan perikanan. Pemberian pelayanan akan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nelayan. Kepuasan nelayan penting dalam menunjang kinerja dan pengembangan suatu pelabuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut pelayanan apa saja yang sudah memenuhi kepuasan nelayan, mengetahui atribut pelayanan yang perlu mendapatkan prioritas perbaikan atau peningkatan menurut nelayan PPN Brondong, dan menilai tingkat kepuasan nelayan terhadap pelayanan PPN Brondong secara keseluruhan. Penelitian dilakukan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong di Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2017 selama 10 hari. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi dan wawancara kepada 42 responden. Analisis data menggunakan Importance and Performance Analysis (IPA) dan Customer Statisfaction Index (CSI) menggunakan 15 atribut penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPN Brondong telah menerapkan standar pelayanan berdasarkan ISO 9001:2008. Berdasarkan analisis IPA dari ketiga jenis pelayanan dalam penelitian ini menunjukkan atribut yang dianggap penting dan kinerjanya berlebihan yaitu: kebersihan dan kerapihan berpakaian petugas, ketersediaan produk, kecepatan dan ketanggapan petugas, kejelasan dan kepastian petugas serta keterampilan dan kejujuran petugas. Atribut yang dianggap sangat penting oleh nelayan namun kinerja PPN Brondong belum optimal yaitu: keamanan dan kenyamanan lingkungan serta tanggung jawab petugas. Sedangkan atribut pelayanan yang dianggap nelayan kurang penting dan kinerja pihak pelabuhan biasa saja yaitu: keramahan dan kesopanan petugas, kesesuaian biaya pelayanan, kemudahan prosedur pelayanan serta kondisi fasilitas di PPN Brondong. Perolehan nilai CSI pada pelayanan SPB dan Rekomendasi BBM sebesar 0,82 dan 0,84, nilai tersebut menunjukkan bahwa nelayan telah sangat puas dengan pelayanan yang diberikan pihak PPN Brondong sehingga perlu dipertahankan. Sedangkan pada pelayanan tambat labuh nilai CSI sebesar 0,79, nilai ini menunjukkan bahwa nelayan hanya puas saja dengan pelayanan jasa tambat labuh yang dirasakan sehingga PPN Brondong perlu melakukan peningkatan pelayanan tambat labuh agar nelayan menjadi sangat puas terhadap pelayanan yang dirasakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/256/051704477
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 20 Jun 2017 09:10
Last Modified: 20 Jun 2017 09:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135870
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item