AguslinceHasibuan, Mely (2017) Pengaruh Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ikan Kaleng Sarden Merek Abc Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Periklanan merupakan fenomena yang terjadi dalam bisnis modern. Biasanya perusahaan menggunakan agen iklan untuk lebih bersaing dalam memasarkan produk-produknya kepada konsumen agar lebih dikenal. Karena, tidak ada perusahaan yang maju dan memenangkan kompetisi bisnis tanpa mengandalkan iklan.Pada dasarnya pada sebuah iklan, baik yang di publikasikan melalui penyiaran maupun media cetak memiliki struktur yang sama, hanya bentuknya berbeda karena perbedaan karakteristik medianya. Membuat media pemasaran bagi sebuah produk berupa iklan tertentu bukanlah hal yang mudah dilakukan. Karena disarankan buatlah iklan yang semenarik mungkin dan sesuai dengan target pasar yang dituju. Sehingga dalam pembuatan iklan biasanya menggunakan model AIDA yaitu attention, interest, desire , action . Sarden merek ABC merupakan produk yang dihasilkan oleh PT. Heinz ABC Indonesia dengan konsep positioning sebagai makanan olahan kaleng yang praktis dimasak oleh konsumen. Konsep Positioning adalah suatu tindakan atau langkah–langkah dari produsen untuk mendesain citra perusahaan dan penawaran nilai dimana konsumen dalam suatu tertentu mengerti dan menghargai apa yang dilakukan oleh suatu perusahaan, dibandingkan dengan pesaing lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Variabel periklanan konsep AIDA terhadap keputusan pembelian konsumen ikan kaleng sarden merek Abc di Kota Malang dan (2) variabel konsep AIDA yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian konsumen ikan kaleng sarden merek Abc di Kota Malang. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang berkunjung di supermarket Hypermart Malang Townsquare Malang. Pemilihan responden sebagi objek penelitian terkait pada masyarakat konsumen ikan kaleng sarden merek ABC dan karena menggunakan teknik accidental sampling, maka penelitian ini mendapatkan 100 orang responden. Metode pengumpulan data dengan cara penelitian lapang (field research) dengan membagikan kuesioner serta wawancara dan riset perpustakaan data. Teknik pengolahan data yang digunakan ialah pengolahan dengan menggunakan SPSS Versi 16 (uji validitas dan uji reliabilitas) dan menggunakan skala likert pada kuesioner. Untuk menguji asumsi-asumsi regresi maka dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji multikolenearitas, uji normalitas, dan uji heterosdekastisitas. Setelah itu dilakukan Uji Validitas dan Reliabilitas. Setelah itu lalu melakukan regresi linear berganda yaitu dengan melihat koefisien determinasi, uji secara simultan (Uji F) dan uji secara parsial (Uji t) Serta melihat variabel dominan(sumbangan efektif). Hasil dari penelitian yang didapatkan bahwa periklanan ikan kaleng sarden merek ABC yang didasarkan pada konsep AIDA yang terdiri dari variabel Attention, Interest, Desire, Action berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dimana, FHitung > FTabel yaitu 28.314 > 2.47 dengan tingkat signifikan 0.000 maka dapat disimpulkan H1 diterima yang artinya ada pengaruh secara signifikan variabel iklan attention,Interest,desire,action secara bersama-sama terhadap pengambilan keputusan pembelian konsumen ikan kaleng sarden merek ABC di Kota Malang. Untuk variabel desire yang memiliki thitung 3,033 > ttabel 1.985 dengan tingkat signifikan 0.003 < 0.05 dan variabel action yang memiliki thitung 3.824 > t tabel 1.985 dengan tingkat signifikan 0.000 < 0.05 maka dapat dikatakan bahwa variabel desire dan action berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dan berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan pembelian konsumen ikan kaleng sarden merek Abc di kota Malang. Kemudian dibanding Variabel action dalam periklanan yang berdasarkan konsep AIDA dengan thitung 3.824 > ttabel 1.985 dan nilai probabilitas 0.000< 0.05 memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian konsumen ikan kaleng sarden merek ABC di Kota Malang. Saran yang diberikan pada penelitian ini meliputi Perusahaan disarankan untuk meningkatkan k ualitas iklannya agar dapat membuat konsumen lebih tertarik lagi menyaksikan iklannya. Dalam penelitian ini variabel yang terbukti dapat mempengaruhi keputusan pembelian pada produk Ikan Kaleng Sarden merek Abc adalah variabel Action (X4). Diharapkan PT. Heinz ABC Indonesia terutama produk kaleng Sarden Abc dapat memberikan periklanan dan promosi serta menjaga loyalitas pelanggan yang bagus agar konsumen cenderung akan membeli. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk peneliti selanjutnya atau bisa dianalisis tidak hanya menggunakan regresi linear berganda, peneliti ini membuka peluang untuk meneliti variabel attention dan interest yang menjadikan variabel tersebut tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen ikan kaleng sarden merek ABC dengan tingkat probabilitas yang kecil.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2017/201/051703722 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugiantoro |
Date Deposited: | 23 May 2017 09:42 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 22:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135821 |
Preview |
Text
051703722_SEKIPSI_(MEELY_A).pdf Download (6MB) | Preview |
Preview |
Text
051703722_ARTIKEL_(MELY_A).pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |