Pengaruh Intensitas Cahaya Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan, Kandungan Agar Dan Kekuatan Gel Gracilaria Verrucosa

MalikaShuffa, Azzalia (2017) Pengaruh Intensitas Cahaya Yang Berbeda Terhadap Pertumbuhan, Kandungan Agar Dan Kekuatan Gel Gracilaria Verrucosa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumput laut Gracilaria verrucosa merupakan salah satu komoditas perikanan yang diandalkan dalam program revitalisasi perikanan. Rumput laut banyak digunakan sebagai bahan dasar penghasil agar, alginate dan karaginan rumput laut sangat laku di pasaran baik dalam negeri maupun ekspor. Kurangnya pasokan alga laut dari Indonesia disebabkan oleh rendahnya hasil panen alga laut. Penurunan hasil panen ini diduga karena rendahnya laju pertumbuhan. Pertumbuhan alga laut dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal yaitu jarak tanam, berat bibit awal, pemilihan bibit, perawatan tanaman. Pertumbuhan rumput laut dan distribusinya dipengaruhi oleh cahaya. Cahaya ini diperlukan untuk proses fotosintesis. Cahaya mempunyai peranan yang sangat penting terhadap proses fotosintesis yang mempengaruhi intensitas dan panjang gelombang. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas cahaya yang berbeda terhadap pertumbuhan, kandungan agar dan kekuatan gel pada rumput laut G. verrucosa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2017 - Februari 2017 bertempat di Laboratorium Reproduksi Ikan, Laboratorium Pengolahan Hasil Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan Laboratorium Pengujian Mutu dan Keamanan Pangan Fakultas Teknolohgi Pertanian Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur pada bulan Januari – Februari 2017. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) (4 perlakuan serta masing-masing perlakuan 3 kali ulangan). Intensitas cahaya yang digunakan yakni 1200 lux, 1800 lux, 2400 lux dan 3000 lux. Parameter utama adalah laju pertumbuhan G. verrucosa, kandungan agar dan kekuatan gel serta parameter penunjang berupa kualitas air. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pertumbuhan perlakuan A sebesar 99,818 gram, perlakuan B sebesar 106,570 gram, perlakuan C sebesar 111,542 gram dan perlakuan D sebesar 119,061 gram. Nilai rata-rata kandungan agar pada perlakuan A sebesar 8,4%; perlakuan B sebesar 7,9%; perlakuan C sebesar 10,5% dan perlakuan D sebesar 8,5%. Pada uji kekuatan gel awal diperoleh hasil sebesar 1,9 N dan pada uji akhir perlakuan A mendapatkan hasil sebesar 0,4 N; perlakuan B sebesar 0,5 N; perlakuan C sebesar 0,2 N dan perlakuan D sebesar 0,3 N. intensitas cahaya yang terbaik yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan G. verrucosa yakni pada perlakuan D dengan intensitas cahaya 3000 lux, namun tidak berpengaruh terhadap kandungan agar dan nilai kekuatan gel yang tidak berbanding lurus dengan nilai pertumbuhan yang didapat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/191/051703463
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 26 Apr 2017 09:36
Last Modified: 19 Oct 2021 22:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135809
[thumbnail of LAPORAN_PKM.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_PKM.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of ARTIKEL_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item