Analisis Strategi Pemasaran Ekspor Ikan Sidat Hidup (Anguilla Sp) Pada Pt. 7 Sirip Emas Di Desa Sumberpucung Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang

YudikaSinaga, Ridho (2017) Analisis Strategi Pemasaran Ekspor Ikan Sidat Hidup (Anguilla Sp) Pada Pt. 7 Sirip Emas Di Desa Sumberpucung Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di Indonesia terdapat 7 spesies ikan sidat dari 16 ikan sidat yang terdapat di dunia. Ikan sidat (Anguilla sp) merupakan salah satu jenis ikan yang laku di pasar internasional (Jepang, Hongkong, Belanda dan beberapa negara lain), dengan demikian ikan ini memiliki potensi sebagai komoditas ekspor. Pemasaran merupakan pola hubungan yang terjadi antara produsen dan konsumen. Ada dua faktor utama yang membuat pemasaran produk perikanan Indonesia masih lemah. Pertama, karena lemahnya market intelligence yang meliputi penguasaan informasi tentang pesaing, segmen pasar dan selera konsumen. Kedua, belum memadainya sarana dan prasarana sistem transportasi dan komunikasi untuk mendukung distribusi. Oleh karena itu, pemasaran perlu memperhatikan penentuan strategi pemasaran yang paling tepat untuk menghasilkan kepuasan konsumen. Strategi pemasaran di Indonesia dapat tercapai dan berkembang dengan baik dan mampu bersaing manakala ditunjang dengan penelitian analisis strategi pemasaran ekspor ikan sidat. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menganalisa faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran PT. 7 Sirip Emas; 2) menganalisa strategi pemasaran yang dijalankan oleh usaha di PT. 7 Sirip Emas; 3) menyusun alternatif strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember sampai Januari 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Pengambilan data menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Profil PT. 7 Sirip Emas berdiri pada awal 2014. Pemilik usaha membangun usaha dengan luas lahan 5 Ha, yang didalamnya terdapat 33 buah bak fiber bundar masing-masing 10 buah bak berukuran kecil dan 23 bak berukuran besar. Sampai saat ini usaha pada PT. 7 Sirip Emas semakin berkembang bukan hanya mengekspor ke Jepang tetapi hingga ke Singapore dan Korea. Analisa faktor internal dari pemasaran ikan sidat PT. 7 Sirip Emas yaitu 1) kekuatan, yang meliputi pelanggan tetap, harga jual tinggi, sarana dan prasarana pemasaran yang memadai dan lokasi usaha yang strategis; 2) kelemahan, yang meliputi wilayah pasar ekspor yang masih terbatas, jarak tempat pembesaran ke tempat packing dan tidak memiliki brand. Sedangkan faktor eksternal adalah 1) peluang, yang meliputi hubungan kerjasama antara pengusaha dan konsumen, permintaan ikan sidat yang terus meningkat dan adanya bantuan dan kerjasama dengan Dinas Perikanan Kota Malang dalam hal promosi; 2) ancaman, yang meliputi kurangnya informasi tentang ekspor ikan sidat dari pemerintah dan sulitnya mengurus dokumen ekspor dari pemerintah. Strategi pemasaran yang dijalankan oleh PT. 7 Sirip Emas mencakup : (1) Segmenting meliputi geografis (ikan sidat yang dipasarkan adalah jenis Anguilla sp dengan bobot 250 gram), demografis (konsumen ikan sidat tidak dibedakan berdasarkan jenis kelamin ataupun usia konsumen), psikografis (konsumen ikan sidat yang dituju adalah konsumen dengan ekonomi menengah ke atas). Targeting meliputi produk tunggal (ikan yang diekspor adalah ikan sidat hidup), produk sama untuk pasar berbeda dan pembeli tertentu (ikan yang diekspor adalah ikan sidat hidup untuk semua jenis pasar) serta positioning yang meliputi atribut, pengguna, pesaing dan aspek legalitas usaha. Strategi pemasaran yang dijalankan oleh PT. 7 Sirip Emas adalah strategi SO yang meliputi 1) menjaga hubungan dan komunikasi yang baik dengan pelanggan tetap, penyedia benih, dan pemerintah; 2) menambah jaringan/pelanggan tetap ikan sidat; 3) menginvestasikan sebagian keuntungan untuk tempat pembesaran ikan sidat yang lebih baik; 4) menyusun rencana bisnis yang lebih baik untuk masa yang akan datang; 5) menambah produksi ikan sidat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/185/051703457
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 26 Apr 2017 09:05
Last Modified: 19 Oct 2021 21:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135802
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI_RIDHO_YUDIKA_S_115080400111059_AP.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI_RIDHO_YUDIKA_S_115080400111059_AP.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of ARTIKEL_SKRIPSI_RIDHO_YUDIKA_S_1150804001111059_AP.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL_SKRIPSI_RIDHO_YUDIKA_S_1150804001111059_AP.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item