Kurniawan, GusmanKadar (2017) Analisis Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Produk Ikan Olahan Beku Yang Didistribusikan Oleh Pt. Garin Citra Mandiri, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Jumlah produksi ikan di indonesia terus meningkat. Menurut data yang dilaporkan oleh Badan pusat statistik jumlah produksi ikan Indonesia Pada tahun 2010 sebanyak 11.662.000 ton. Tiap tahunterjadi peningkatan yang signifikan sehingga mencapai angka 20.817.000 ton pada tahun 2014. Namun dengan jumlah produksi sebanyak itu, karakteristik ikan yang mudah busuk menjadi polemik tersendiri. Proses pembusukan pada ikan disebabkan oleh aktivitas enzim, mikroorganisme, dan oksidasi dalam tubuh ikan itu sendiri dengan perubahan seperti timbul bau busuk, daging menjadi kaku, sorot mata pudar, serta adanya lendir pada insang maupun tubuh bagian luar sehingga dibutuhkan kegiatan pengolahan dan diversifikasi (Saimima, 2015). Tidak sedikit dari para pengusaha melihat polemik ini sebagai peluang bisnis. Sebanyak 1.177 perusahaan berskala menengah-besar yang bergerak di bidang pengolahan ikan di seluruh indonesia yang terdaftar tahun 2016 di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan di bidang pengolahan dan diversifikasi ikan di indonesia cukup ketat. Beberapa perusahaan ternama yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan ikan diantaranya yaitu PT. Citra Dimensi Arthali, PT. Japfa Comfeed Tbk. dan PT. Mina Laut. Perusahaan yang bersaing akan berlomba-lomba untuk mendapatkan loyalitas dari para pelanggannya. Untuk mempertahankan performa penjualan, perusahaan tentu saja akan berusaha untuk mempertahankan jumlah pelanggan bahkan cenderung untuk meningkatkan jumlah pelanggan. Namun konsumen dan pelanggan mempunyai penilaian sendiri untuk tetap atau tidak menggunakan produk tertentu lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui a).Penilaian pelanggan terhadap produk ikan olahan beku yang didistribusikan PT. Garin Citra Mandiri. b). Faktor apa saja yang menentukan loyalitas pelanggan pada produk ikan olahan beku yang didistribusikan PT. Garin Citra Mandiri. c). Faktor yang paling mempengaruhi loyalitas pelanggan produk ikan olahan beku yang didistribusikan PT. Garin Citra Mandiri Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan dua jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif. Sumberdata yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Populasi yang didapat berjumlah 64 responden dan sampel dihitung menggunakan rumus dari slovin sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 54 dengan tingkat signifikansi 0,05 (5%). Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner penelitian, wawancara dan dokumentasi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah loyaltas pelanggan. sedangkan variabel bebas yang digunaka antara lain kepuasan pelanggan, merek, kebiasaan, kepercayaan, harga dan pesaing. Teknik analisis data menggunakan stastistik deskriptif dan statistik inferensial. Analisis data statistik deskriptif diguakan untuk mendeskripsikan identitas dan jawaban responden, sedangkan analisis data statistik inferensial digunakan untuk melakukan uji instrumen, uji asimsi klasik, uji statistik, analisis regresi linier dan perhitungan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil uji instrumen, didapat hasil uji validitas bahwanilai r hitung masing-masing indikator variabel bebas dan terikat lebih besar dari r tabel dan seluruh indikator pada setiap variabel dinyatakan valid. Hasil ujireliabilitas meninjukkan bahwa Cronbach alpha pada semua variabel lebih besar dari syarat minimal yaitu sebesar0,6 sehingga dapat dikatakan bahwa semua variabel telah reliabel. Berdasarkan hasil uji asumsi klasik, data pada penelitian dapat dikatakan data terdistribusi normal, tidak terdapat multikolinearitas, tidak terjadi gejala heteroskedastisitas, dan tidak terjadi autokorelasi. Model persamaan regresi yang didapat dari hasil analisis regresi berganda yaitu loyalitas pelanggan = 0,399 + 0,228 kepuasan pelanggan + 0,309 merek + 0,056 kebiasaan + 0,194 kepercayaan + 0,255 harga - 0,068 pesaing + e. Uji statistik yang dilakukan meliputi uji R2 dengan hasil 76,4% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh semua variabel bebas pada penelitian ini, sedangkan sisanya sebesar 23,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil uji f menunjukkan bahwa nilai f hitung > f tabel, artinya secara bersama-sama semua variabel bebas memberikan pengaruh nyata dan model yang digunakan pada analisis regresi ini merupakan model yang baik serta dapat digunakan untuk meramalkan fenomena yang terjadi pada penelitian ini. dari hasil uji t dihasilkan bahwa variabel kepuasan, merek, kepercayaan dan harga berpengaruh nyata secara sendiri-sendiri (parsial) terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan variabel kebiasaan dan pesaing tidak berpengaruh nyata. Hasil perhitungan sumbangan efektif menunjukkan bahwa merek merupakan faktor yang paling berpengaruh dengan nilai sumbangan efektif paling besar yaitu sebesar 30,1% Saran untuk Bagi insan akademisi, diharapkan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai loyalitas pelanggan pada produk perikanan lain. Untuk perusahaan, peneliti menyarankan untuk terus mempertahankan performa merek dan nama baik yang telah terbentuk bagi PT. Garin Citra Mandiri, juga untuk terus memperharikan tingkat kepuasan konsumen. Untuk masyarakat yang ingin terjun ke dunia bisnis terutama pengolahan dan pemasaran ikan olahan beku, diharapkan untuk mampu membangun nama baik terlebih dahulu dengan memperhatikan berbagai macam aspek seperti kualitas, mutu, harga, kemasan dan pelayanan agar mampu untuk bersaing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2017/13/051700545 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Jan 2017 09:29 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135741 |
Preview |
Text
SKRIPSI_GUSMAN_KADAR_KURNIAWAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Preview |
Text
Artikel_Gusman_Kadar_Kurniawan.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |