Analisis Kerentanan Pesisir Untuk Menunjang Restorasi Di Wilayah Pesisirkecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi

Yulfierisa, Restu (2016) Analisis Kerentanan Pesisir Untuk Menunjang Restorasi Di Wilayah Pesisirkecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Wilayah pesisir termasuk wilayah yang sangat dinamis mengalami perubahan dengan berbagai macam pengaruh dari proses fisik diantaranya adalah land subsidence, erosi-sedimentasi, gelombang dan pasang surut. Pantai Selatan Pulau Jawa termasuk wilayah dengan gelombang yang cukup tinggi dengan topografi daerah pantai yang berteluk-teluk dengan kontur bertebing dan terjal serta berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pesisir Banyuwangi Selatan merupakan salah satu wilayah dengan gelombang yang tinggi dan rentan mengalami perubahan fisik pantai karena pengaruh dari faktor dari laut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kerentanan pesisir di wilayah pesisir Kecamatan Pesanggaran dan menyusun strategi untuk mengatasi daerah dengan tingkat kerentanan tertinggi di kawasan pesisir Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Untuk mengetahui tingkat kerentanan di wilayah pesisir Kecamatan Pesanggaran menggunakan metode IKP (Indeks Kerentanan Pesisir) dengan variabel fisik diantaranya adalah gelombang signifikan, tunggang pasut, elevasi, geomorfologi, dan perubahan garis pantai. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kerentanan pesisir di Kecamatan Pesanggaran dalam kategori kerentanan “Rendah” karena nilai IKP dari seluruh desa pesisir Kecamatan Pesanggaran kurang dari > 20,5 dan daerah yang memiliki nilai kerentanan tinggi di wilayah pesisir Kecamatan Pesanggaran adalah Desa Sumberagung dengan nilai IKP sebesar 10,9. Untuk strategi kerentanan pesisir yang sesuai untuk daerah yang memiliki nilai kerentanan yang tinggi dapat dilakukan secara reaktif yaitu dengan cara Perlindungan terhadap infrastruktur di wilayah pesisir dan pembangunan pelindung pantai (Groin) untuk tipe pantai landai dan berpasir seperti di Desa Sumberagung, melakukan kegiatan konservasi seperti melakukan restorasi terhadap ekosistem terumbu karang, mangrove, padang lamun, dan vegetasi lainnya, serta penyadaran masyarakat untuk meningkatkan upaya perlindungan terhadap ekosistem pesisir dan laut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/929/051612364
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 02 Dec 2016 10:45
Last Modified: 29 Nov 2021 02:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135650
[thumbnail of Laporan_PKM_Restu_Yulfierisa_125080600111050.pdf]
Preview
Text
Laporan_PKM_Restu_Yulfierisa_125080600111050.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of ARTIKEL_SKRIPSI_RESTU.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL_SKRIPSI_RESTU.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI_RESTU.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI_RESTU.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item