Analisis Penerapan Aplikasi Berbasis Mobile Pada Nom-Nom Cafe Malang Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)

Raharjo, Nanda Dwi (2018) Analisis Penerapan Aplikasi Berbasis Mobile Pada Nom-Nom Cafe Malang Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penjualan merupakan suatu komponen yang cukup penting dalam proses bisnis. Dengan menentukan strategi dalam penjualan dan promosi terhadap barang yang di jual, hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap profit yang didapatkan oleh perusahaan. Nom-Nom cafe adalah salah satu café yang bergerak dibidang penjualan makanan dan minuman yang berdiri sejak tahun 2016 yang lalu yang ada di kota Malang. Ada cukup banyak hal yang mungkin dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan penjualan dari Nom-Nom, diantaranya adalah dengan menggunakan aplikasi mobile berbasis android yang diharapkan dapat meningkatkan jumlah penjualan produk dari Nom-Nom café. Pada penelitian ini, dilakukan pengujian dengan metode analisis regresi linear berganda untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat berperilaku pengguna dalam bertransaksi pada aplikasi Nom-Nom cafe. Dibutuhkan suatu metode untuk melihat penerimaan aplikasi ini. TAM merupakan suatu model yang digunakan untuk melakukan analisis dan memahami faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan terhadap suatu tekhnologi komputer. Kemudian untuk melakukan melihat apakah aplikasi dapat meningkatkan penjualan atau tidak, dapat dilakukan analisis hasil penjualan dari sebelum dan sesudah aplikasi diterapkan. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan dari hasil pengujian dan hanya satu hipotesis yang ditolak, serta hasil analisis penjualan yang menunnjukkan bahwa aplikasi Nom-Nom meningkatkan penjualan produk Nom-Nom café.

English Abstract

Sales is an important component of business processes. By determining the strategy in the sale and promotion of goods sold, this will certainly impact on profits earned by the company. Nom-Nom cafe is one of the cafes engaged in the sale of food and beverages that stood since the year 2016 ago in the city of Malang. There are enough things that might be done to increase sales from Nom- Nom, by using android-based mobile applications that are expected to increase the number of product sales from Nom-Nom café. In this research, tested by multiple linear regression analysis method to determine the factors that influence the intention to user behavior in the transaction of Nom-Nom cafe Application. It needs a method to see the acceptance of this app. TAM is a model used to analyze and understand the factors that affect the acceptance of a computer technology. Then to see if the application can increase sales or not, it can be done by analyze the sales results from before and after the application is applied. The results of this research show that only one rejected hypothesis from the test results and the results of sales analysis shows that the Nom-Nom application increase the sales of Nom-Nom café product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/145/051801132
Uncontrolled Keywords: aplikasi mobile, regresi linier berganda, TAM, Nom-Nom café, peningkatan penjualan mobile application, multiple linear regression, TAM, Nom-Nom café, increase sales
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs > 005.36 Programs for personal computers > 005.368 Programs for spesific operating systems and for specific user interfaces > 005.368 2 Programs for specific operating systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Mar 2019 01:52
Last Modified: 16 Oct 2021 03:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13565
[thumbnail of Nanda Dwi Raharjo.pdf]
Preview
Text
Nanda Dwi Raharjo.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item