Strategi Pengembangan Kawasan Ekowisata Bahari Berbasis Restorasi Di Pulau Pramuka Taman Nasional Kepulauan Seribu

Merryanti, DindaPuspa (2016) Strategi Pengembangan Kawasan Ekowisata Bahari Berbasis Restorasi Di Pulau Pramuka Taman Nasional Kepulauan Seribu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia memiliki salah satu kawasan pelestarian alam yang terletak di utara Jakarta dan secara administratif berada di wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta yaitu Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu (Taman Nasional Kepulauan Seribu). Beberapa waktu terakhir sektor pariwisata berkembang dengan pesat seiring Adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memudahkan para wisatawan untuk menentukan destinasi wisatanya. Kondisi tersebut dapat dijadikan peluang bagi daerah yang memiliki potensi wisata. Salah satu pulau yang berpotensi dikembangkan pariwisatanya adalah Pulau Pramuka. Pulau Pramuka merupakan pusat pemerintahan dari Wilayah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka menarik wisatawan domestik dari kalangan menengah khususnya dari wilayah Jakarta karena letaknya yang berdekatan dengan daratan DKI Jakarta semakin menarik wisatawan dari wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk menghabiskan akhir minggunya di Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka yang berkedudukan sebagai pusat pemerintahan menjadi tambahan daya tarik bagi wisatawan karena dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang kebutuhan wisatawan. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif yang dilakukan dengan 2 tahap, yang pertama adalah tahap persiapan. Tahap persiapan dilakukan dengan cara observasi langsung di lapangan, observasi bertujuan mengidentifikasi permasalahan sebagai dasar kerangka penelitian, selanjutnya dilakukan studi literatur berupa pengumpulan data yang berhubungan dengan objek dan topik penelitian. Tahap kedua adalah tahap pengumpulan data yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer meliputi data kualitas air, biogeofisik dan wawancara sedangkan data sekunder meliputi studi literatur, data-data tersebut dianalisa untuk menghasilkan arahan pengelolaan wisata bahari berbasis restorasi pesisir. Hasil pengukuran kualitas perairan Pulau Pramuka Taman Nasional Kepulauan Seribu masih dalam kondisi normal dan daya dukung kawasan Pulau Pramuka sebanyak 578 orang/hari untuk kegiatan snorkeling dan 377 orang/hari untuk wisata pantai serta hasil Indeks Kesesuaian Wisata (IKW) tahun 2016 sebesar 73,68% (sesuai). Strategi Pengembangan Kawasan Pulau Pramuka, secara berturut-turut yaitu : (1) Menambah atraksi wisata dengan prinsip konservasi seperti halnya keterlibatan wisatawan dalam kegiatan transplantasi karang, penanaman mangrove dan lain sebagainya yang dapat diatur jadwal kegiatannya (2) Meningkatkan pemahaman dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan, pengawasan serta pemanfaatan sumberdaya terutama yang berkaitan dengan ekowisata (3) Memberikan aturan masuk dalam melakukan kegiatan ekowisata dalam kawasan Taman Nasional dengan memperhitungkan aspek daya dukung kawasan, dengan pemberlakuan batas dan jam aktivitas wisata serta menambah tarif masuk ke dalam lokasi dengan keanekearagaman hayati yang tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/917/051612102
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 25 Nov 2016 14:46
Last Modified: 21 Oct 2021 01:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135637
[thumbnail of LAPORAN_PKM_DINDA_PUSPA_M.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_PKM_DINDA_PUSPA_M.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of ARTIKEL_DINDA_PUSPA_M.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL_DINDA_PUSPA_M.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI_DINDA_PUSPA_M.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI_DINDA_PUSPA_M.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item