Pengaruh Faktor Psikologi Terhadap Perilaku Konsumen Ikan Segar Pada Siswa Sma Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo Propinsi Jawa Timur

Widhibinangkit, Rahmat (2016) Pengaruh Faktor Psikologi Terhadap Perilaku Konsumen Ikan Segar Pada Siswa Sma Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo Propinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Potensi perikanan di Indonesia sangat besar akan tetapi jika masyarakatnya kurang gemar mengkonsumsi ikan terutama bagi remaja atau siswa SMA maka potensi perikanan yang dimiliki oleh Indonesia akan kurang maksimal dan itu akan membuat tidak produktif produk perikanan yang kaya akan manfaatnya. Masa remaja merupakan periode penting dalam rentang kehidupan manusia, karena masa remaja adalah suatu periode peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Pada masa ini remaja merasakan adanya perubahan yang terjadi pada dirinya seperti perubahan fisik yang hampir menyerupai orang dewasa atau yang biasa disebut dengan masa puber, perubahan sikap, perasaan atau emosi yang sering tanpa disadari oleh remaja itu sendiri seperti rasa malu, gembira, iri hati, sedih, takut, cemas, cemburu, kasih sayang dan rasa ingin tahu. Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan gizinya dan sangat dibutuhkan oleh manusia terutama pada siswa SMA karena banyak mengandung protein hewani yang berfungsi menambah daya ingat manusia. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui tentang pengaruh faktor psikologis terhadap perilaku konsumen ikan segar pada siswa SMA Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Mengingat bahwa SMA Negeri 1 Kraksaan lokasinya terletak pada daerah pesisir pantai utara Jawa dan juga daerah Kabupaten Probolinggo dalam bidang sektor perikanan mempunyai potensi sumberdaya perikanannya yang cukup besar. Tujuan dari penelitian ini untuk Mengetahui pengaruh faktor psikologis (motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap) secara simultan dan parsial terhadap minat siswa SMA Negeri 1 Kraksaan Kabupaten Probolinggo dalam mengkonsumsi ikan, serta mengetahui pengaruh uang saku siswa terhadap tingkat konsumsi ikan. Penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi peneliti dan SMA Negeri 1 Kraksaan sebagai bahan informasi tentang perilaku konsumen, bagi pemerintah penelitian ini bisa membantu pemerintah dalam memajukan masyarakat untuk lebih sering mengkonsumsi ikan sebagai sumber protein alternatif, serta bagi pengusaha sebagai informasi pengusaha untuk keperluan dalam memasarkan produk ikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk menjawab tujuan pertama dan pendekatan kualitatif untuk menjawab tujuan ketiga. Teknik Sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 87 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, serta kueisioner yang diberikan kepada siswa SMA Negeri 1 Kraksaan. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert dengan variabel yang diukur dijabarkan menjadi indikator variabel, dan indikator tersebut dijadikan untuk menyusun item-item yang berupa pertanyaan. Jawaban setiap instrumen mempunyai nilai dari sangat positif hingga sangat negatif dengan skor 1-5. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa pengaruh faktor psikologi (motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap) dapat mempengaruhi keputusan mengkonsumsi ikan segar secara simultan dan secara parsial faktor psikologis (motivasi, persepsi, pembelajaran dan sikap) juga berpengaruh secara nyata terhadap keputusan mengkonsumsi ikan. Semua faktor psikologi mempengaruhi secara signifikan terhadap keputusan mengkonsumsi ikan segar terhadap perilaku konsumen pada siswa SMA Negeri 1 Krakasaan tetapi faktor yang sangat dominan memperngaruhi keputusan mengkonsumsi ikan adalah faktor motivasi dan faktor persepsi yang meliputi gaya hidup dan kebutuhan, serta pengetahuan konsumen, sehingga meningkatkan keputusan konsumen dalam mengkonsumsi ikan. Tingkat konsumsi ikan pada siswa SMA Negeri 1 Kraksaan sudah mulai banyak karena mereka sudah mengerti akan manfaat dan kebutuhan ikan bagi tubuh, jumlah banyaknya uang saku tidak mempengaruhi keputusan konsumen terhadap mengkonsumsi ikan, ini dibuktikan bahwa semua siswa meski memiliki jumlah uang saku yang berbeda mereka sama-sama setuju tentang kebutuhan mengkonsumsi ikan. Saran dari penelitian ini adalah bagi instansi SMA Negeri 1 Kraksaan diharapkan memperhatikan kebutuhan siswanya terhadap mengkonsumsi ikan yang banyak mempunyai manfaat bagi tubuh, bagi pemerintah diharapkan lebih memperhatikan pengusaha-pengusaha ikan konsumsi karena konsumen produk ikan konsumsi semakin meningkat setiap tahunnya sehingga usaha ini layak dikembangkan, serta bagi pengusaha diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk perikanan di sekolah-sekolah agar para anak-anak remaja dapat lebih banyak mengkonsumsi ikan mengingat bahwa manfaat dari kandungan gizinya yang sangat tinggi bagi tubuh terutama bagi para siswa dan membuat ikan menjadi makanan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/89/051603713
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 02 May 2016 15:39
Last Modified: 20 Oct 2021 14:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135607
[thumbnail of laporan.pdf]
Preview
Text
laporan.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item