Histologi Usus Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) Pada Budidaya Intensif Sistem Semiflok Dengan Kadar Nitrit Tinggi

Rachman, AliefHutama (2016) Histologi Usus Udang Vaname (Litopenaeus Vannamei) Pada Budidaya Intensif Sistem Semiflok Dengan Kadar Nitrit Tinggi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Udang vanamei merupakan salah satu jenis udang introduksi yang akhir - akhir ini banyak diminati karena udang vanamei memiliki banyak keunggulan seperti relatif tahan penyakit dan pertumbuhan cepat. Salah satu sistem budidaya udang vaname adalah sistem semiflok. Sistem budidaya semiflok merupakan penerapan sistem budidaya yang menggabungkan populasi plankton dan bioflok sehingga mikroba dapat membentuk keseimbangan kimia dan biologi di kolam. Nitrit merupakan salah satu parameter kualitas air yang dapat mengganggu pertumbuhan organisme hidup termasuk udang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh nitrit yang tinggi terhadap histologi usus udang vanamei. Kegiatan dilaksanakan pada bulan April - Juni 2016. Lokasi pengambilan sampel udang adalah tambak UD. Berkat Jaya yang terletak didesa Blimbingsari, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu suatu metode yang menggambarkan keadaan atau kejadian pada suatu daerah tertentu. Parameter utama dalam penelitian ini adalah gambaran keadaan histologi usus udang vaname yang dipelihara pada kadar nitrit tinggi pada sistem budidaya semiflok. Parameter penunjang yang diukur pada penelitian ini adalah kualitas air, meliputi: suhu, pH, salinitas, DO, amonia, nitrit dan nitrat. Analisa data dilakukan dengan cara mendeskripsikan gambaran histologi usus udang vaname (L. vannamei) yang dipelihara pada tambak dengan kadar nitrit tinggi melalui gambar beserta penjelasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa histologi usus pada udang vaname (L. vannamei) yang dibudidayakan menggunakan sistem semiflok dengan kadar nitrit tinggi tidak mengalami kerusakan dan normal. Nitrit akan berpengaruh dan menjadi toksik pada udang jika salinitas tidak pada kondisi optimum atau salinitas rendah serta faktor umur dari udang tersebut. Hasil pengamatan kualitas air menunjukkan nitrit tinggi pada petak 4 dengan rata-rata 9,89 ppm, petak 7 dengan rata-rata 6,04 ppm dan petak 9 dengan rata-rata 7,6 ppm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/876/051611867
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 17 Nov 2016 09:06
Last Modified: 22 Oct 2021 12:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135592
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of ARTIKEL_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of PRAKTEK_KERJA_MAGANG.pdf]
Preview
Text
PRAKTEK_KERJA_MAGANG.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item