Amin, AhmadAl (2016) Analisis Daya Muat Terhadap Kemampuan Stabilitas Kapal Purse Seine 30 Gt Di Pelabuhan Perikanan Pantai (Ppp) Muncar Banyuwangi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kapal ikan merupakan salah satu faktor penting dalam pemanfaatan sumberdaya ikan di laut. Selain sebagai armada penangkapan, kapal ikan juga berfungsi sebagai pengangkut hasil tangkapan yang didapat untuk didaratkan. Sehingga daya muat dan tata letak muatan diatas kapal perlu diperhatikan pada sebuah kapal perikanan. Kabupaten Banyuwangi, khususnya kecamatan Muncar memiliki desain dan karakteristik kapal ikan yang berbeda dengan wilayah lainnya di Indonesia dalam hal desain tata letak muatan kapal. Salah satu kapal ikan yang beroperasi di perairan Muncar adalah kapal purse seine. Kapal jenis ini memiliki ciri khas yaitu tata letak muatan yang secara umum ditempatkan diatas lantai dek kapal. Dibawah lantai dek kapal biasanya digunakan sebagai tempat penyimpanan ikan hasil tangkapan. Desain tata letak kapal yang menempatkan muatan diatas dek ini mengakibatkan posisi titik G (gravity) semakin tinggi. Taylor (1977) dalam Novita, dkk (2014) menyebutkan bahwa keberadaan titik G terhadap titik Metacentre (M) menentukan kondisi stabilitas suatu kapal. Apabila posisi titik G berada di bawah titik M, maka kapal berada dalam kondisi stable equilibrium. Posisi titik G berada diatas titik M, akan mengakibatkan kapal dalam kondisi unstable equilibrium. Oleh karena itu, semakin tinggi posisi titik G dari titik K (Keel, lunas kapal) atau semakin dekat posisi titik G ke titik M, maka kapal dalam kondisi menuju unstable equilibrium. Dalam penelitian ini beberapa aspek yang diteliti yaitu mengenai tinggi lambung timbul (freeboard) serta perbandingan Dead Weight Tonnage (berat total muatan) dan Light Weight Tonnage (berat kapal kosong) terhadap displasemen kapal. Dengan mengetahui nilai atau besaran dari beberapa aspek diatas maka dapat diketahui daya muat kapal dan gambaran stabilitas kapal. Desain tata letak muatan kapal juga diujicobakan untuk mendapatkan kualitas stabilitas kapal yang paling optimum. Analisis stabilitas kapal dilakukan dengan bantuan aplikasi maxsurf, sehingga sebelum analisis dilakukan perlu dibuat sebuah model kapal sesuai dengan data-data yang didapat dari lapangan. Pembuatan model kapal ini menggunakan metode re-drawing yaitu membuat model kapal didalam aplikasi sesuai dengan bentuk asli kapal di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya muat kapal (nilai DWT kapal) adalah sebesar 17.72 ton. Dengan nilai DWT tersebut didapatkan tinggi lambung timbul kapal sebesar 0.542 m. Dengan hasil analisis stabilitas kapal yang telah memenuhi kriteria standar yang ditetapkan oleh IMO (International Maritime Organisation). Namun hasil uji coba analisis stabilitas kapal dengan berbagai macam perpindahan muatan kapal menunjukkan nilai stabilitas yang lebih baik. Sehingga disarankan agar tata letak yang telah teruji tersebut dapat diaplikasikan pada keadaan kapal sebenarnya di lapangan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2016/851/051611842 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 18 Nov 2016 15:37 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 12:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135565 |
Preview |
Text
Artikel_Skripsi_Ahmad_Al_Amin_125080200111009.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Laporan_Skripsi_Ahmad_Al_Amin_125080200111009.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |