Analisis Kelayakan Usaha Ekspor Ikan Hias Air Tawar Di Cv. Indopisces Exotica, Kabupaten Tangerang, Banten

AntonSusilo (2016) Analisis Kelayakan Usaha Ekspor Ikan Hias Air Tawar Di Cv. Indopisces Exotica, Kabupaten Tangerang, Banten. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagai salah satu komoditas perikanan, ikan hias air tawar memiliki perbedaan dengan ikan hias air laut dimana ikan hias air tawar dapat dibudidaya sedangkan ikan hias air laut masih memanfaatkan hasil dari tangkapan nelayan. Ikan hias air tawar memiliki keindahan yang tidak kalah dengan ikan hias air laut. Permintaan ikan hias air tawar ke pasar dunia masih belum dapat dipenuhi sepenuhnya sehingga peluang usaha ikan hias air tawar sangat berpotensi khususnya untuk memenuhi kebutuhan pasar dunia. CV. Indopisces Exotica merupakan perusahaan yang bergerak dibidang perikanan khususnya ekspor ikan hias air tawar. Perusahaan in memanfaatkan peluang kebutuhan pasar dunia terhadap ikan hias air tawar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis 1) Teknis pengelolaan dan pemeliharaan ikan hias air tawar di CV. Indopisces Exotica, Kabupaten Tangerang banten ; 2) Kelayakan usaha ekspor ikan hias air tawar di CV. Indopisces Exotica, Kabupaten Tangerang, Banten dari aspek pasar dan manajemen. ; 3) Kelayakan finansial usaha ekspor ikan hias air tawar di CV. Indopisces Exotica, Kabupaten Tangerang, Banten. ; 4) Faktor pendukung dan penghambat usaha ekspor ikan hias air tawar di CV. Indopisces Exotica, Kabupaten Tangerang, Banten. Penelitian ini dilaksanakan di CV. Indopisces Exotica, Kabupaten Tangerang, Banten pada bulan Oktober 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metede penentuan sampel dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuisioner, observasi dan dokumentasi. Jenis dan sumber data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif seperti, kelayakan finansial jangka pendek mulai dari biaya-biaya, penerimaan hingga BEP, dan finansial jangka panjang mulai dari NPV, IRR, Net B/C dan PP. Teknis pengeolaan dan pemeliharaan ikan hias meiputi peralatan pemeliharaan dan pengelolaan ikan hias, fasilitas pendukung usaha serta alur kegiatan produksi mulai dari datangnya ikan dari supplier, proses aklimatisasi, proses perawatan, proses persiapan packing hingga pengiriman ikan. Pada aspek pasar, pemilik usaha sudah memiliki pelanggan tetap dari berbagai negara di dunia. Proses pemasaran ikan hias air tawar dilakukan secara langsung ke konsumen akhir. Promosi yang dilakukan pada usaha ini adalah pasif dan aktif dengan melakukan penawaran langsung melalui email hingga mengikuti pameran ikan hias di luar negeri. Aspek manajemen pada usaha ini sudah cukup baik dimana organisasi dalam perusahaan sudah terstruktur dan pembagian tugas di perusahaan sudah sesuai dengan posisi karyawan dalam perusahaan. Manajemen dalam menjalankan usaha ini juga cukup baik dimana seluruh karyawan dan pemilik usaha mencari informasi pembudidaya yang mampu menyuplai ikan hias ke perusahaan. Analisis fiinansial jangka pendek menunjukkan bahwa usaha ekspor ikan hias air tawar menguntungkan, ditunjukkan dengan hasil penerimaan sebesar Rp 1.623.109.200,-, RC Ratio sebesar 1,41, keuntungan sebesar Rp 471.028.400,-, rentabilitas sebesar 41%, dan BEP unit dan sales ikan cardinal tetra adalah 139.214 dan Rp 178.193.793,-, BEP unit dan sales ikan black tetra adalah 169.502 ekor dan Rp 346.130.264,-, serta BEP unit dan sales ikan neon tetra adalah 183.203 dan Rp 212.515.971,- Analisis finansial jangka panjang menunjukkan bahwa usaha ini layak untuk dijalankan, pada usaha ini dilakukan analisis untuk mengetahui kelayakan 10 tahun kedepan mulai dari tahun 2016 sampai 2025, meliputi Re-investasi sebesar Rp 635.435.000,-, dengan NPV sebesar Rp 1.226.108.573,-, IRR sebesar 26%, Net B/C sebesar 1,60 dan PP selama 4,31 tahun. Saran dari peneliti untuk pemilik usaha adalah perlu dilakukan pemeliharaan dan perbaikan peralatan penunjang usaha agar hasil produksi dapat meningkat dan dapat memenuhi permintaan konsumen. Perlu dilakukan promosi yag lebih giat agar ketertarikan calon konsumen semakin tinggi. Perlu adanya motivasi kepada karyawan agar kinerjanya semakin baik. Perlu dilakukan penelitian lanjutan terkait dengan analisi kelayakan usaha di CV. Indopisces Exotica, Kabupaten Tangerang, Banten.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/752/051608305
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 28 Sep 2016 15:04
Last Modified: 27 Mar 2024 03:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135505
[thumbnail of ANTON SUSILO.pdf] Text
ANTON SUSILO.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item