Pengembangan Desain Sport Fishing Vessel Untuk Pengguna Diffable (Different Ability)

AlfinRudiansyah (2016) Pengembangan Desain Sport Fishing Vessel Untuk Pengguna Diffable (Different Ability). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia adalah negara kepulauan dengan pesona wisata bahari yang sangat mempesona dan terkenal di seluruh dunia. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini departemen kelautan perikanan untuk meningkatkan pendapatan dari sektor ekowisata bahari ini, sehingga mengurangi beban upaya pendapatan dari sektor eksploitasi perikanan tangkap yang sudah mulai jenuh dan over fishing. Sebagai bagian wisata bahari terkenal di dunia, maka penting untuk memberikan pandangan positif wisatawan dari seluruh dunia bahwa sarana prasarana wisata bahari yang tersedia di Indonesia sangat ramah untuk semua orang, tidak hanya wisatawan yang normal namun yang memiliki keterbatasan fisik "diffable". Penelitian ini merupakan bagian dari usaha pengembangan penyediaan sarana kapal wisata/olahraga pancing atau Sport Fishing Boat yang ramah untuk diffable dan memungkinkan untuk menjadi penciri penting dari perhatian kita terhadap kaum diffable yang menikmati wisata bahari di negara kita. Konsep “Universal Design” saat ini mulai dikembangkan dan dijadikan acuan untuk mendisain bangunan, produk, peralatan transportasi dan sebagainya. Konsep ini mengacu bahwa disain harus bisa memenuhi kebutuhan tidak hanya untuk orang normal, namun juga para diffable (cacat). Penelitian ini mengembangkan konsep comfort boat design pada "Sport Fishing Boat" bagi para diffable, yang dimaksud diffable dalam penelitian ini adalah keterbatasan fisik yang mengharuskan nahkoda atau penumpang kapal pancing menggunakan kursi roda untuk bergeraknya. Perubahan mendasar desain kapal pancing yang ada tersebut terletak pada geladak kapalnya (layout dan facility design). Semua peralatan di atas geladak kapal, jembatan masuk dari darat masuk ke kapal, kemudi, ruang akomodasi, toilet, ruang dapur bisa di akses dengan baik dan comfort oleh diffable dengan mengendarai kursi roda. Layout untuk keluar masuk/kapal yakni tinggi geladak dan tinggi dermaga harus sama agar bukaan otomatis (automatic hull access) dapat diakses bagi penyandang difable dengan kemiringan yang telah ditentukan oleh peraturan pemerintah. Dari beberapa sumber dan literatur maka dapat disimpulkan adapun beberapa cara atau alat/ aksesoris yang digunakan untuk keluar masuk kapal bagi difable seperti crane yang di operasikan membutuhkan 1 orang normal yang mana dengan cara diangkat menggunakan alat ini, hull access yang mana dapat terbuka secara otomatis pada bagian lambung dan dapat dijadikan akses seperti jembatan, Ramp poonton yang memang alat ini diperuntukkan bagi kaum difable pada kapal yaitu seperti penghubung antara dermaga dan kapal (jembatan) yang dilengkapi oleh Rail pada salah satu sisinya. Tatanan ruang diatas geladak yakni mengikuti peraturan yang telah ada dari pemerintah dan mengikuti dimensi dari kursi roda itu sendiri. Untuk kapal yang didesain juga bagi penyandang difable maka akses operasi kursi roda dapat dioperasikan pada segala ruang dan akses jalan seperti pada ruangan (kamar mandi, dapur, ruang tidur), pada ruang kemudi serta khususnya pada jalan utama. Semua dimensi tatanan ruang, akses jalan didesain mengikuti peraturan pemerintah yang didalamnya terdapat persyaratan ukuran akses bagi penyandang difable. Untuk memenuhi keselamatan serta keamanan pada kapal maka salah satunya adalah memenuhi kelengkapan pada kapal seperti adanya Hand Rail untuk pegangan, peralatan navigasi, kelengkapan komunikasi, serta perlengkapan keselamatan seperti life jackets, life buoy, pemadam kebakaran yang mana semua peralatan keselamatan diletakkan pada tempat yang dapat dengan mudah dijangkau oleh mereka dan tidak terhalang oleh apapun. Serta peralatan penunjang mancing bagi diffable seperti pole holder, strike fighter, battery pack, strong arm, harness dan berbagai alat lainnya. Adapun alat agar kursi roda tidak goyah saat kapal beroperasi (terkena hempasan ombak) maka geladak dilengkapi dengan alat yang bernama leasing (biasanya digunakan untuk pengunci koper-koper pada kapal tanker) atau dapat pula menggunakan alat yang bernama restraint atau alat pengembali. Adapun maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah guna memberikan sebuah ide bagi kaum difabel yang mana mereka dapat melakukan kegiatan layaknya orang normal yang mana juga berksud tidak memandang sebelah mata pada mereka yang juga memiliki hak untuk melakukan kegiatan abnormal.Tujuan dari penelitian ini dalam mengembangkan desain kapal pancing ini , adalah Membuat desain model Sport fishing vessel bagi difabel (Different Ability), memberikan hak bagi penyandang cacat untuk melakukan kegiatan memancing, Mendesain tata ruang serta aksesibilitas bagi difabel agar dapat bergerak bebas di atas geladak, Memberikan kenyamanan serta keselamatan diatas kapal pada saat memancing. Hasil penelitian ini adalah berupa layout kapal yang didesain menggunakan CAD dan perhitungan stabilitas serta tahanan pada kapal tersebut untuk menunjang keamanan serta kelayakan kapal. Adapun jumlah layout gambar berjumlah 5 kapal monohull yang didesain sedemikian rupa yang juga dapat digunakan bagi kaum difable maupun kaum normal. Dengan mengubah dimensi serta me re-desain kapal pada umumnya yang biasanya hanya dapat digunakan bagi orang normal saja. Hasil 5 layout tersebut yakni berbeda – beda pada modifikasi tatanan ruang, peralatan serta jumlah kru , misalnya letak dari ruang kemudi yang berbeda seperti ada yng di haluan, tengah , samping maupun buritan. Ada pula kapal yang memiliki ruangan seperti kamar mandi, dapur dan kamar tidur, ada pula kapal yang hanya memiliki ruang kemudi saja. Dengan modifikasi tersebut tentunya berpengaruh pada jumlah kru yang dapat dibawa kapal karena bila terlalu banyak kursi roda juga keadaan tidak dapat kondusif serta akses yang sulit. Pada akhirnya, riset ini memberikan rujukan dasar/ pioneer bagi pengembangan sistem transportasi sport fishing yang cocok bagi semua pengguna termasuk para penyadang disabilitas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/615/051608168
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 24 Aug 2016 09:16
Last Modified: 20 Oct 2021 13:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135354
[thumbnail of ALFIN_RUDIANSYAH_125080200111006_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
ALFIN_RUDIANSYAH_125080200111006_SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item