Strategi Peningkatan Daya Saing Pemasaran Produk Surimi Di Ud.Anela, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur.

NinaLestriyanti (2016) Strategi Peningkatan Daya Saing Pemasaran Produk Surimi Di Ud.Anela, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan merupakan salah satu wilayah yang kaya akan potensi perikanan dan kelautannya. Usaha penangkapan ikan laut di Kabupaten Lamongan terpusat di perairan laut Jawa pada wilayah Kecamatan Brondong dan Kecamatan Paciran dan memiliki lima Tempat Pendaratan Ikan (TPI), yaitu mulai dari arah timur ke barat (Weru, Kranji, Brondong, Labuhan, dan Lohgung). Dilihat dari produksinya paling tinggi adalah Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong yang mencapai kurang lebih 100 ton perhari, dibandingkan dengan keempat pangkalan pendaratan ikan yang lain yaitu Weru, Kranji, Labuhan dan Lohgung yang hanya mencapai 10 ton per hari. Kegiatan perikanan yang besar di Lamongan, menjadikan Lamongan sebagai kawasan minapolitan atau kota perikanan. Yang menjadi penggerak utama ekonomi dikawasan minapolitan adalah sentra produksi dan perdagangan perikanan tangkap, perikanan budidaya, pengolahan ikan atau kombinasi kedua hal tersebut. Salah satu industri pengolahan ikan di Kecamatan Brondong adalah Industri surimi di UD.Anela. Industri surimi ini merupakan industri pengolahan ikan yang memiliki peluang besar untuk dibangun dan dikembangkan karena terletak dekat dengan bahan baku, sehingga dapat dikatakan menguntungkan dan kebutuhan konsumen akan surimi juga tinggi. Namun meskipun demikian, pemasaran surimi di UD.Anela masih beorientasi pada skala nasional. Selain itu dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi akan memicu persaingan dalam perekonomian, perusahaan dituntut untuk dapat menyusun dan menerapkan suatu strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi pasar dan mampu memanfaatkan kesempatan yang ada. Maka untuk tetap dapat bersaing, perusahaan perlu mengetahui kemampuan daya saing perusahaan, kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki perusahaan agar dapat strategi yang baik, efektif dan efisien untuk perusahaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil dari UD.Anela, , menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan daya saing surimi di UD.Anela, menganalisis faktor internal dan eksternal pemasaran surimi di UD.Anela, Perumusan strategi pemasaran surimi di UD. Anela, menentukan prioritas strategi peningkatan daya saing pemasaran produk surimi. Jenis penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini sumber data didapatkan dari data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan kuisioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisa data yang digunakan adalah teori Porter’s Diamond Model untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan daya saing pemasaran produk surimi, analisis faktor internal dan eksternal, perumusan strategi dengan menggunakan matriks IE dan matriks SWOT dan penentuan prioritas strategi dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process. UD.Anela merupakan perusahaan pengolahan hasil perikanan dengan produk surimi. Perusahaan ini berdiri pada tanggal 15 Juli 2006. Struktur organisasi di UD.Anela masih sederhana yaitu terdapat satu direktur yang membawahi semua kepala bagian. Dari hasil analisis daya saing di UD.Anela, diperoleh faktor yang memiliki pengaruh paling tinggi terhadap daya saing di UD.Anela saat ini adalah kondisi permintaan yang bernilai 4,08 dan variabel dari dimensi kondisi permintaan yang paling berpengaruh terhadap daya saing UD.Anela adalah cakupan pasar yang bernilai 4,62. Sedangkan yang memiliki pengaruh paling rendah adalah industri terkait dan pendukung yang bernilai 3,12 dan variabel dari dimensi industri terkait dan pendukung adalah perguruan tinggi dan lembaga penelitian yang bernilai 2,75. Perumusan strategi dilakukan dengan dua cara yaitu dengan matriks Internal-Eksternal (IE) untuk mengetahui posisi dan tujuan perusahaan dan yang kedua adalah dengan menggunakan matriks SWOT untuk menyusun alternatif strategi berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan. Pada analisis didapatkan nilai 2,97 dan pada analisis faktor eksternal didapatkan nilai 3,02 sehingga pada matriks IE posisi perusahaan berada pada sel II yaitu Growth strategy sehingga tiga tujuan perusahaan yaitu : 1)memperluas jaringan persediaan bahan baku dan pemasaran produk. 2)meningkatkan jumlah output dan standar produk. 3)membentuk SDM yang berkualitas dan kompeten sesuai dengan kemajuan teknologi. Kemudian matriks SWOT menghasilkan enam alternatif strategi yaitu: 1)meningkatkan kuantitas dan kualitas persediaan produk. 2) mengembangkan dan memperluas pasar baru dengan meningkatkan promosi dan inovasi produk. 3)melakukan perbaikan dan pembaharuan teknologi yang ada. 4)melakukan proses produksi sesuai yang tercantum dalam PERMEN No.1 tahun 2007 tentang persyaratan jaminan mutu. 5)membangun kerjasama dengan pemasok untuk tersedianya stok ikan dengan kualitas yang baik dan harga yang sesuai. 6)mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki seefisien dan seefektif mungkin. Dari hasil penentuan prioritas strategi didapatkan hasil bahwa pada kriteria faktor, faktor yang diprioritaskan adalah kondisi faktor dengan nilai 0,467. Pada kriteria tujuan, tujuan yang diprioritaskan adalah membentuk SDM yang berkualitas dan kompeten sesuai dengan kemajuan teknologi dengan nilai 0,389 dan pada kriteria strategi, alternatif strategi yang diprioritaskan adalah mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki seefektif dan seefisien mungkin dengan nilai 0,316. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan daya saing pemasaran produk surimi maka perusahaan harus dapat memanfaatkan kondisi faktor yang ada semaksimal mungkin dan berupaya menggapai tujuan utama perusahaan saat ini yaitu membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten sesuai dengan kemajuan teknologi dengan strategi mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki seefektif dan seefisien mungkin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/614/051608167
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 24 Aug 2016 08:56
Last Modified: 20 Oct 2021 13:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135353
[thumbnail of SKRIPSI_NINA_PDF.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_NINA_PDF.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item