Analisis Pengaruh Strategi Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Di Toko Oleh-Oleh Khas Sidoarjo “Toko Mitra” Sidoarjo Jawa Timur

RarasKarinaDaniswara (2016) Analisis Pengaruh Strategi Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Di Toko Oleh-Oleh Khas Sidoarjo “Toko Mitra” Sidoarjo Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan sektor perikanan tambak khususnya ikan bandeng di Kabupaten Sidoarjo memegang peranan yang strategis dalam rangka memperluas lapangan kerja dan kesempatan kerja, meningkatkan pendapatan petambak, mendorong pertumbuhan agroindustri serta menghasilkan devisa negara mengingat potensi produksi nasional dalam produksi bandeng yang meningkat jumlahnya hingga tahun 2008 (DKP RI, 2008). Dengan volume bahan baku ikan bandeng di Sidoarjo yang tetap terjaga, dapat dijadikan sebagai potensi bagi para pelaku usaha pengolahan ikan bandeng untuk terus mengembangkan usahanya. Usaha pengolahan ikan bandeng yang ada di Sidoarjo ini merupakan salah satu kegiatan diversifikasi produk, yaitu upaya penanganan yang bisa dilakukan untuk memungkinkan dalam penanganan melimpahnya hasil panen ikan bandeng dan udang dengan membuat dalam bentuk lain. Di Sidoarjo, khususnya Jalan Majapahit adalah jalan yang menjadi salah satu tempat paling favorit untuk berbelanja oleh-oleh khas Sidoarjo. Di Jalan Majapahit ini terdapat berjajar toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Sidoarjo menyediakan berbagai macam jenis olahan berbahan dasar bandeng dan udang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel experiential marketing terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan secara simultan dan parsial, mengetahui pengaruh variabel kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada pelanggan oleh-oleh khas Sidoarjo Toko Mitra dan mengetahui pengaruh tidak langsung variabel experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan. Metode penelitian adalah penelitian analisis deskriptif yaitu melihat hasil dari jawaban responden dan analisis kuantitatif menggunakan analisis jalur (path analysis). Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui kuesioner yang pengukurannnya menggunakan skala likert dan diolah secara statistik dengan menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Experiential marketing (X) yang terdiri dari sense, feel, think, act dan relate secara bersama-sama atau simultan dapat memberikan pengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Toko Mitra Sidoarjo. Nilai dari pengaruh bersama-sama ini adalah positif maka hubungan antara experiential marketing dengan kepuasan dan loyalitas pelanggan adalah berbanding lurus. Jika experiential marketing mengalami peningkatan maka kepuasan dan loyalitas pelanggan akan mengalami peningkatan. Secara parsial, variabel yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan adalah hanya variabel think, sedangkan keempat variabel lainnya yaitu sense, feel, act dan relate berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Pada variabel feel mempunyai pengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan. Variabel sense, act, dan relate memiliki nilai β yang positif dan memiliki nilai signifikan lebih besar α = 0,05 yang artinya walaupun ketiga variabel tersebut ditingkatkan sebesar satu satuan maka kepuasan pelanggan tidak akan meningkat. Secara parsial, pada substruktur 2 yang menganilisis variabel experiential marketing dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan, diperoleh variabel yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan adalah variabel sense, act, dan kepuasan pelanggan, karena seorang pelanggan tidak akan sampai pada tahap loyalitas jika sebelumnya pelanggan tersebut tidak merasakan kepuasan dari produk tersebut. Variabel sense, feel dan think berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan karena memiliki nilai β yang negatif sehingga dapat dikatakan bahwa hubungan sense, feel dan think adalah berbanding terbalik. Variabel experiential marketing yang dapat mempengaruhi secara signifikan atau secara nyata terhadap loyalitas pelanggan dengan variabel kepuasan pelanggan sebagai variabel perantara yaitu variabel think. Variabel sense, feel, act dan relate berpengaruh tidak signifikan atau tidak nyata terhadap loyalitas pelanggan dengan variabel kepuasan pelanggan sebagai variabel perantara. Walaupun dalam teori, kepuasan pelanggan dapat berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Pihak perusahaan yaitu Toko Mitra hendaknya mampu menerapkan strategi pemasaran ini yaitu experiential marketing, karena strategi pemasaran ini dapat mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan. Pada Toko Mitra strategi ini belum dipertimbangkan secara matang karena masih terlihat sebagian besar variabel dari experiential marketing disini belum mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan secara langsung. Dilihat dari variabel yang dominan dari variabel yang diteliti terhadap kepuasan pelanggan adalah variabel think. Hal ini berarti variabel think merupakan variabel yang mendominasi kepuasan pelanggan untuk memilih Toko Mitra. Sehingga Toko Mitra perlu untuk lebih gencar dalam berinovasi akan produk oleh-oleh yang dijual dan menjamin kehiginie pada produk. Variabel dominan yang mempengaruhi loyalitas pelanggan adalah kepuasan pelanggan, disini terbukti bahwa kepuasan yang tinggi akan menciptakan loyalitas pelanggan yang tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/583/051608136
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 13 Sep 2016 14:13
Last Modified: 20 Oct 2021 12:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135309
[thumbnail of Artikel_Skripsi_Raras_125080400111052.pdf]
Preview
Text
Artikel_Skripsi_Raras_125080400111052.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Laporan_Skripsi_Raras_125080400111052.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi_Raras_125080400111052.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item