Analisis Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Kopi Bubuk pada UKM Industri Kopi Bubuk di Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang

TriKurniawan, Sigit (2016) Analisis Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Kopi Bubuk pada UKM Industri Kopi Bubuk di Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi bubuk merupakan produk yang banyak diproduksi oleh warga sekitar Malang baik untuk usaha kalangan kecil maupun menengah. Hal ini disebabkan oleh dukungan bahan baku yang mudah didapatkan dari daerah Kabupaten Dampit ataupun Bangelan dengan banyaknya petani rakyat yang menanam kopi di kebun pribadinya. Salah satu UKM yang mengolah kopi bubuk yaitu UKM industri kopi bubuk di Sawojajar yang terletak di Jalan Danau Rawa Pening Blok H5 D7 Sawojajar, kota Malang. UKM tersebut memiliki banyak pesaing potensial baik dari sesama UKM yang baru muncul juga pesaing dari produk milik perusahaan besar yang lebih dulu terkenal. Dalam menjalankan usahanya, produk kopi bubuk yang diproduksi oleh UKM industri di Sawojajar banyak bersaing dengan produk-produk yang lebih dikenal dahulu oleh masyarakat serta produk pesaing yang dijual lebih murah. Maka dari itu perlu adanya perbaikan strategi penjualan melalui peningkatan brand image (citra merek) yang ada di kalangan masyarakat. Salah satu strategi yang digunakan dalam meningkatkan loyalitas pembelian produk yaitu dengan meningkatkan nilai brand image (citra merek) yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk. Dari ketiga nilai citra merek tersebut diharapkan dapat mengetahui pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen, selain itu juga dapat diketahui faktor mana yang paling berpengaruh terhadap peningkatan loyalitas konsumen. Maka dari itu dapat dijadikan evaluasi bagi UKM industri kopi bubuk di Sawojajar agar dapat menambah loyalitas konsumen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis Regresi Linear Berganda yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas dalam penelitian ini yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk, terhadap variabel terikatnya yaitu loyalitas konsumen. Hasil analisis regresi linear berganda menyatakan bahwa dari ketiga variabel bebas yang terdapat dalam penelitian ini yaitu berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen. Untuk variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen adalah variabel citra produk. Hal ini dapat dilihat dari model bahwa nilai standardized coefficients yang paling tinggi adalah variabel citra produk, karena didukung oleh faktor-faktor yang berpengaruh yaitu informasi produk, merek, harga yang terjangkau dan cita rasa. Dengan arti apabila indikator-indikator variabel citra produk semakin baik dan berkembang maka dapat meningkatkan loyalitas konsumen kopi bubuk yang diproduksi oleh UKM industri di Sawojajar. Dari hasil analisis yang diperoleh maka beberapa saran dapat dijadikan pertimbangan UKM industri kopi bubuk di Sawojajar untuk meningkatkan loyalitas konsumen yaitu diantaranya dengan perbaikan pada variabel citra pembuat dan citra produk. Dari variabel citra pembuat dapat ditingkatkan distribusi penjualan yang lebih luas dengan menitipkan barang dagangan ke toko yang jauh dari jangkauan mobil keliling dan pasar-pasar yang dimiliki sehingga pemasaran akan semakin luas. Sedangkan pada variabel citra produk yaitu dengan menambah kualitas dari segi citra produk misalnya melalui informasi produk yang ditingkatkan kembali melalui promosi seperti iklan pada media elektronik maupun dengan menggunakan sound pada mobil berkeliling agar merek produk tersebut mudah diingat masyarakat.

English Abstract

Coffee powder that is produced by people in Malang as for the small and medium enterprises. This is because the raw materials are supported by easily obtained from the district of Dampit or Bangelan with many smallholder farmers who grow coffee in his private garden. One of the SMEs that cultivate coffee powder is ground coffee industry SMEs in Sawojajar located at Jalan Rawa Pening Block H5 D7 Sawojajar, city of Malang. The SMEs have a lot of good potential competitors from other emerging SMEs are also competitors of products belonging to big companies that first famous. In conducting its business, the coffee powder products produced by SMEs in Sawojajar many industries compete with products that are known in advance by the public as well as competitors products are sold cheaper. Thus the need for improvement strategy through increased sales of brand image that exist in the community. One strategy used to increase loyalty purchasing the product to enhance the value of brand image that consists of corporate image, the user image, and the product image. Third of the value of the brand image is expected to determine the effect on consumer loyalty, but it also can be known which factors most influence on the increase in customer loyalty. Therefore it can be used as an evaluation for industrial SMEs Sawojajar coffee powder in order to increase consumer loyalty. Methods of data analysis used in this research is multiple linear regression analysis is used to determine how much influence the independent variable in this study consists of corporate image, user image, and product image, and the dependent variable is customer loyalty. The results of multiple linear regression analysis states that of the three independent variables included in this research are significant effect on consumer loyalty. For the most dominant variable effect on consumer loyalty is variable product image. It can be seen from the model that the value of the highest standardized coefficients are variable product image, because it is supported by factors that affect product information, brands, reasonable price and taste. Meaning if indicators of variable image and develop better products, it can increase consumer loyalty coffee powder manufactured by SME industry in Sawojajar. From the analysis results obtained then some suggestions can be considered SMEs in Sawojajar coffee powdered industry to increase consumer loyalty are among the improvements to the corporate image and product image variable. Of corporate image variable can be enhanced maker broader sales distribution to entrust the merchandise to the store away from the reach of the car around and markets owned so marketing will be more extensive. While in the product image variable is to increase the quality of the image in terms of products , for example through improved product information back through promotions such as advertising on electronic media or by using sound to the car around so that the product is easy to remember brand community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/575/051609302
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 11 Nov 2016 08:18
Last Modified: 20 Oct 2021 12:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135300
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Cover_Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_VI.pdf]
Preview
Text
BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Ringkasan,_Kata_Pengantar,_Daftar_Isi,_Daftar_Tabel,_Daftar_Gambar_dan_Daftar_Lampiran.pdf]
Preview
Text
Ringkasan,_Kata_Pengantar,_Daftar_Isi,_Daftar_Tabel,_Daftar_Gambar_dan_Daftar_Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item