Strategi Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Sidat (Studi Kasus Pt. Permana Sidat Indonesia Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan)

AgungPermadi (2016) Strategi Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Sidat (Studi Kasus Pt. Permana Sidat Indonesia Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Permana Sidat Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang berbasis pada pembesaran Ikan Sidat yang berada di Kecamatan Sugio, Kabupaten Lamongan. Usaha pembesaran Ikan Sidat juga berperan dalam system agribisnis untuk memenuhi permintaan pasar luar negeri serta untuk menghasilkan devisa Negara dengan mengekspor hasil pembesaran Ikan Sidat. Dalam usaha pembesaran Ikan Sidat diperlukan strategi pengembangan usaha yang baik agar perusahaan dapat bertahan dan mengembangkan usahanya lebih besar lagi. Penelitian ini bertujuan untuk :1) Menganalisis kelayakan bisnis dilihat dari aspek teknis, aspek pemasaran, aspek manajemen, aspek sosial ekonomi, aspek lingkungan, aspek hukum, aspek finansiil jangka pendek dan jangka panjang pada pembesaran ikan sidat di PT. Permana Sidat Indonesia. 2) Menganalisis strategi pengembangan dengan analisis SWOT pada usaha pembesaran ikan sidat di PT. Permana Sidat Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuesioner. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Deskriptif kualitatif meliputi aspek teknis, aspek pemasaran, aspek manajemen, aspek sosial ekonomi, aspek hukum dan aspek lingkungan. Deskriptif kuantitatif meliputi aspek finansiil dan analisis SWOT. Aspek teknis sarana yang digunakan meliputi kolam beton, kolam pembesaran, peralatan yang digunakan dalam kegiatan pembesaran ikan sidat seperti saringan, aerator, bak greeding, penggiling pakan dan lain-lain, lalu prasarana yang digunakan seperti prasarana jalan, sistem penyediaan listrik, sumber air dan gazebo yang semuanya memiliki standar kualitas dalam kegiatan budidaya ikan sidat. Kegiatan pembesaran yang dimulai dari persiapan kolam seperti pengeringan, perbaikan konstruksi kolam, pengapuran dan pemupukan, lalu penebaran benih ikan sidat, pemberian pakan ikan sidat dan pemanenan yang dilakukan dengan baik dan sesuai dengan prosedure dan terperinci. Aspek Pemasaran meliputi prospek usaha pembesaran ikan sidat yang sangat menguntungkan, yakni Rp. 130.000,-/kg , strategi pemasaran yang terdiri dari segmentasi pasar, target pasar dan posisi pasar ikan sidat, bauran pemasaran yang terdiri dari produk berupa ikan segar, harga yang ditawarkan sebesar Rp. 130.000/kg, lokasi yang digunakan memiliki lokasi yang strategis/ mudah dijangkau oleh konsumen, serta promosi namun belum secara maksimal. Saluran pemasaran yang digunakan secara tidak langsung karena melalui pedagang perantara terlebih dahulu. Aspek manajemen meliputi perencanaan bisnis di PT. Permana Sidat Indonesia Perencanaan yang dilakukan oleh PT. Permana Sidat Indonesia sudah berjalan dengan baik seperti dalam pelaksanaan kerjasama dengan pihak investor, target panen yang sesuai waktu, pengorganisasiannya terbilang cukup sederhana, melakukan pergerakan atau pengarahan dengan memberikan motivasi dan juga pertemuan rutin, setelah itu di evaluasi setiap perencanaan yang direncanakan. Aspek social ekonomi, dampak positif dalam sosial yang timbul dari usaha pembesaran ini seperti pendapatan masyarakat sekitar yang bertambah dan mengurangi tingkat penganguran. Sedangkan dalam bidang ekonomi dapat meningkatkan perekonomian masyarakat maupun pemilik usaha, juga dapat membantu memberikan kepada masyarakat dari zakat yang diambil dari penghasilan perusahaanya itu sebesar Rp 22,372,670.825. Aspek hukum, secara hukum PT. Permana Sidat Indonesia sudah memenuhi kriteria sebagai perusahaan dan menjalankan kewajibannya seperti membayar pajak. PT. Permana Sidat Indonesia sudah memiliki surat – surat seperti dokumen SIUP, surat tanda daftar perusahaan, akte pendirian perusahaan, namun PT. Permana Sidat Indonesia tidak bisa memperlihatkan dokumen tersebut dikarenakan kepentingan perusahaan itu sendiri. Aspek lingkungan, PT. Permana Sidat Indonesia dalam kegiatan pembesaran ikan sidat tidak menimbulkan limbah yang berarti seperti pencemaran air. Dari segi lingkungan sosial, tempa tlokasi budidaya yang sangat terbuka dan tidak ada pagar pengamanan, maka cenderung mengundang tindakan criminal akan kegiatan pencurian ikan. Aspek Finansiil jangka pendek dalam usaha pembesaran Ikan Sidat meliputi : Modal investasi yang digunakan sebesarRp. 187,032,000, biaya tetap yang digunakan sebesar Rp. 42,688,167 sedangkan biaya variabel yang digunakan sebesar Rp. 304,405,000 sehingga biaya produksi dari usaha pembesaran Ikan Sidat ini adalah sebesar Rp 347,093,167 per dua kali proses panen/satu tahun. Jumlah penerimaan dalam satu tahun sebesar Rp. 1,170,000,000,pendapatan kotor atau bruto ini diperoleh dari hasil 2 siklus panen sebesar 9000 kg yang nantinya dikalikan dengan harga pasar Ikan Sidat per kg yaituRp. 130.000, sedangkan dari hasil perhitungan R/C Ratio per 2 siklus panen atau selama 12 bulan yang diperoleh mencapai 3,37 yang berarti usaha tersebut termasuk menguntungkan. Sedangkan keuntungan yang diperoleh sebesar Rp 802,334,162.175 per tahun. BEP yang didapatkan sebesar 349 untuk BEP unit, dan Rp 57.686.712 untuk BEP sales, rentabilitas yang didapatkan sebesar 231%. Lalu pada analisis jangka panjang : Nilai NPV didapatkan sebesar Rp 3,268,926,711, Nilai Net B/C sebesar 18,48, IRR sebesar 440%, PP sebesar 0,23 tahun, dan pada uji sensitivias dengan percobaan biaya naik 228%, benefit turun 67,7%, dan biaya naik 10% dan benefit turun 64,70% merupakan kombinasi asumsi ketika tidak layak. Hasil Analisis SWOT yang didapatkan dari penelitian strategi pengembangan usaha pembesaran ikan sidat di PT. Permana Sidat Indonesia, Kec. Sugio, Kab. Lamongan adalah pada kuadran 1 yaitu strategi agresif yang mana kekuatan dan peluang lebih dominan didalam usahaini, dan situasiini sangat menguntungkan dalam menjalankan usaha pembesaran ikan sidat kedepannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/508/051608061
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 11 Oct 2016 09:55
Last Modified: 20 Oct 2021 11:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135225
[thumbnail of artikel_terbaru.pdf]
Preview
Text
artikel_terbaru.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of skripsi_full.pdf]
Preview
Text
skripsi_full.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item