IzhardiLambetta (2016) Faktor-Faktor Bauran Pemasaran Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Ikan Segar Di Giant Mall Olympic Garden (Mog) Kota Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bisnis ritel merupakan bentuk dari pasar modern yang saat ini menjadi gaya hidup masyarakat yang suka berbelanja di pasar modern. Pasar modern menyediakan berbagai barang kebutuhan pokok hingga barang tersier yang dilengkapi fasilitas pendukung dan layanan konsumen. Salah satu pasar modern yang ada di Kota Malang adalah Giant Mall Olympic Garden (MOG). Tentu banyak persaingan dalam bisnis pasar modern. Keberhasilan Giant MOG dalam bertahan dan berkembang tidak lepas dari strategi memasarkan produk termasuk produk ikan segar. Salah satunya adalah bauran pemasaran yang digunakan oleh perusahaan sebagai sarana penilaian untuk mengidentifikasi keputusan konsumen dalam membeli ikan segar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran karakteristik pembeli ikan segar di Giant MOG Kota Malang, menganlisis pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, promosi) terhadap keputusan pembelian ikan segar secara simultan di Giant MOG Kota Malang, menganalisis pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, promosi) terhadap keputusan pembelian ikan segar secara parisial di Giant MOG Kota Malang, menganalisis faktor dominan dari yang berpengaruh terhadap bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, promosi) terhadap keputusan pembelian ikan segar secara parsial di Giant MOG Kota Malang. Populasi pada penelitian ini adalah pengunjung Giant MOG dengan sampel sebanyak 120 responden. Sumber data yaitu primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data meliputi koesioner dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis regresi logistik dengan variabel independen (product, price, promotion, place) dan variabel dependen (keputusan pembelian). Hasil uji validitas dan reliabilitas dari variabel product (X1), price (X2), promotion (X3), place (X4) dan keputusan pembelian (Y) menunjukkan nilai koefisien Cronbach’s Alpha lebih besar dari 0,5 dapat disimpulkan bahwa variabel X1, X2, X3, X4, dan Y dikatakan valid, dan reliabel. Hasil regresi logistik, disimpulkan bahwa variabel produk (X1) sebesar -0,126 (B), sig 0,440, harga 1,221, sig 0,00, promosi 0,126, sig 0, 535, tempat -0,710, sig 0,002. Maka dibuat persamaan regresi logistik yaitu In ( ?1−?) = -0.153 + -0.126 X1 + 1.221 X2 + 0.126 X3 + -0.719 X4 + e. Uji variable dominan dapat dilihat pada uji sumbangan efektif dan variable in the equation dan didapat variable yang dominan adalah variable harga. Nilai sumbangan efektif sebesar 0,058% dan dengan nilai Exp (B) sebesar 3,390 pada taraf kepercayaan 99%. Hasil uji simultan dapat dilihat pada nilai -2 Log Likelihood awal adalah 159.768 dan nilai -2 Log Likelihood akhir mengalami penurunan sebesar 138.884 Penurunan nilao -2 Log Likelihood menunjukan model regresi yang baik. Dengan demikian, variabel produk, harga, promosi, dan tempat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian ikan segar. Uji Omnibus Tets menunjukan nilai Wald variable produk sebesar 0,097 pada taraf kepercayaan 56%, variable harga sebesar 13,772 pada taraf kepercayaan 99%, variable promosi sebesar 0,384 pada taraf kepercayaan 47%, variable tempat sebesar 9,631 pada taraf kepercayaan 99%. Dengan demikian, variable yang berpengaruh secara signifikan adalah variable harga dan tempat. Saran yang dapat diberikan yakni Untuk karakteristik responden dalam membeli ikan segar di Giant MOG menggunakan karakteristik demografi yaitu jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan dan pendapatan. Dan diharapkan untuk peneliti selanjutnya bisa menggunakan karakteristik yang lain seperti pengelaman dan pengetahuan sesuai dengan judul yang diambil. Untuk faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli ikan segar di Giant MOG menggunakan 4 variabel bauran pemasaran untuk memnentukan faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen. Diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel lain seperti faktor budaya, faktor individu, dan psikologis untuk menentukan pengaruh keputusan konsumen dalam memebli ikan segar. Pemerintah Kota Malang, diharapkan dapat memberikan dukungan untuk masyarakat dalam pengembangan potensi-potensi perikanan di Wilayah Kota Malang, khususnya untuk memberikan pengetahuan akan manfaat mengkonsumsi ikan agar kebutuhan gizi masyarakat khususnya daerah Malang dapat terpenuhi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2016/493/051608046 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugiantoro |
Date Deposited: | 20 Oct 2016 13:41 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 10:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135204 |
Preview |
Text
ARTIKEL.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
SKRIPSI.pdf Download (4MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |