Analisa Teknik Rantai Markov Dalam Peramalan Pangsa Pasar Pakan Lele Di Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi

EdoRizkiOktafian (2016) Analisa Teknik Rantai Markov Dalam Peramalan Pangsa Pasar Pakan Lele Di Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Melihat jumlah produksi ikan lele yang setiap tahun semakin meningkat maka penggunaan sarana produksi seperti pakan lele juga terus mengalami peningkatan. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan pakan banyak pula merek pakan yang dipasarkan oleh perusahaan pakan menyebabkan konsumen semakin teliti dalam menyeleksi pakan mana yang akan mereka gunakan untuk input produksinya. Kualitas produk merupakan faktor yang mempengaruhi konsumen untuk memilih atau tidak suatu merek pakan. Selain dari segi kualitas produk, adanya perbedaan akan fasilitas atau servis yang ditawarkan dari tiap-tiap perusahaan pakan juga merupakan faktor utama yang mempengaruhi konsumen untuk memilih suatu merek pakan atau pindah ke merek pakan yang lain. Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis proyeksi pangsa pasar pakan lele di Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2016 di Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi. Populasi pada penelitian ini adalah teknisi atau pemilik usaha pembesaran ikan lele di Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi, dengan penentuan sample diambil 20% dari total populasi sehingga didapatkan sebanyak 21 responden. Sumber data yaitu data primer dan sekunder dan alat pengumpulan data yang berupa kuisioner kemudian dianalisa data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, metode analisis data menggunakan teknik Rantai Markov. Hasil analisis didapatkan hasil yaitu ada 4 merek yang beredar di Kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi, merek yang digunakan adalah merek pakan dengan urutan dari yang terbanyak ke yang tersedikit yaitu CM, LG, MT dan CR. Sedangkan alasan memilih merek pakan karena kualitas bagus sebanyak 12 responden, 2 responden dengan alasan boleh membayar mundur, 3 responden dengan alasan harga murah, dan 4 responden dengan alasan lain-lain. Pangsa pasar pakan lele yang diperoleh dari hasil analisis bahwa pada waktu mendatang merek pakan lele CM tetap menjadi market leader sebesar 66%, disusul oleh merek pakan LG sebesar 41%, kemudian merek MT sebesar 10% dan yang terakhir merek CR sebesar 2%. Saran bagi pembudidaya ikan lele, dalam upaya peningkatan kualitas dan kuantitas ikan lele memilih menggunakan merek pakan tertentu harus sesuai kebutuhan masing-masing. Bagi peneliti diharapkan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai FCR masing-masing pakan ikan lele, tentang SR, dan tentang perbedaan pakan terhadap tingkat produktivitas. Bagi peneliti pemasaran diharapkan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai strategi pemasaran, struktur pasar karena untuk mendeteksi persaingan di pasaran. Bagi pemerintah, diharapkan memperbaiki atau membuat kebijakan mengenai standart pakan lele yang baik guna pengembangan budidaya ikan lele. Bagi Produsen yang pangsa pasarnya tetap menjadi market leader sebesar 66% harus menjaga konsumen dan mempertahankan kelebihan yaitu bisa membayar mundur atau bisa membayar hutang terlebih dahulu. Bagi produsen yang pangsa pasarnya naik sedikit seperti naik 1 sampai 2% yang dinilai harga relatif mahal sebaiknya tidak hanya menurunkan harganya tetapi juga menambah atau memperbaiki servis yang dimiliki. Bagi produsen yang pangsa pasarnya turun dan sampai turun menjadi 0% harus melirik strategi dari pesaingnya tetapi tidak harus seluruhnya melirik apa yang dilakukan pesaing, tetap fokus pada konsumen pembudidaya yang mengutamakan apa yang menjadi kelebihan pakannya dibandingkan merek lain. Bisa juga menciptakan varietas pakan baru untuk meningkatkan pangsa pasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/469/051608022
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 05 Oct 2016 10:38
Last Modified: 20 Oct 2021 13:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135176
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of ARTIKEL_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item