Pengaruh Pemanfaatan Limbah Molase Dengan Konsentrasi Berbeda Terhadap Kelimpahan Tetraselmis Chuii

AnikYuliati (2016) Pengaruh Pemanfaatan Limbah Molase Dengan Konsentrasi Berbeda Terhadap Kelimpahan Tetraselmis Chuii. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem perikanan di indonesia semakin lama semakin berkembang perlu didukung dengan adanya penyediaan pakan alami bagi ikan guna mencukupi kebutuhan budidaya perikanan. Salah satu jenis pakan alami yang yang berpotensi untuk dikembangkan adalah Tetraselmis chuii . Pupuk digunakan untuk menumbuhan fitoplankton, salah satunya adalah pupuk organik cair limbah molase. Dimana pupuk organik ini dapat digunakan sebagai alternatif pengganti pupuk anorganik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa adanya pengaruh pemanfaatan limbah molase dengan konsentrasi berbeda terhadap kelimpahan Tetraselmis chuii dan mendapat konsentrasi maksimal dari penggunaan pupuk organik limbah molase untuk menumbuhkan Tetraselmis chuii . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2016 di Laboratorium Reproduksi Ikan dan Laboratorium Bioteknologi Perikanan, FPIK Universitas Brawijaya, Malang, Uji kandungan dari limbah molase dilakukan di Laboratorium Kimia FMIPA, Universitas Brawijaya, Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Metode eksperimen ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Tersarang dengan 5 perlakuan dan 3 kali ulangan. Perlakuan dari penelitian ini adalah pemberian konsentrasi yang berbeda pada tiap perlakuan berdasarkan kandungan nitrat yang dibutuhkan oleh Tetraselmis chuii yaitu sebesar A (0,5 mg/l), B (1,0 mg/l), C (1,5 mg/l) dan D (2,0 mg/l).Pengambilan data yang dilakukan adalah data primer dan data sekunder. Adapun data primer meliputi kelimpahan Tetraselmis chuii , serta pengukuran kualitas air, sedangkan data sekunder terdiri dari informasi-informasi mengenai literatur yang diperoleh dari jurnal, situs internet, buku serta laporan penelitian lainnya. Hasil penelitian diperoleh rata-rata kelimpahan tertinggi didapat pada perlakuan C (1,5 mg/l) yaitu 136,9x10 3 sel/ml dan rata-rata kelimpahan terendah pada perlakuan kontrol (0 mg/l) yaitu 73,2x10 3 sel/ml.Kisaran parameter kualitas air pada media pertumbuhan Tetraselmis chuii Yaitu suhu 25,2-27,7 o C, pH 7,56-8,79, salinitas 32-42,3 ppt, DO 4,1-6,3 mg/l, nitrat 0,9385-3,587 mg/l, dan fosfat 0,004-0,46 mg/l. Kisaran kualitas air tersebut masih tergolong baik dan masih layak digunakan untuk pertumbuhan Tetraselmis chuii . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengukuran kualitas air selama penelitian masih dalam batas toleransi pertumbuhan Tetraselmis chuii. Selain itu, hasil uji ANOVA menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik cair limbah molase memberikan pengaruh berbeda sangat nyata terhadap kelimpahan Tetraselmis chuii .Adapun saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian adalah pupuk organik cair limbah molaselayak digunakan sebagai alternatif pengganti pupuk anorganik yang murah, ramah lingkungan dan memiliki kandungan unsur hara yang tinggi. Serta perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait kandungan uji proksimat terhadap Tetraselmis chuii yag dikultur dengan menggunakan limbah molase ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/409/051607010
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 02 Aug 2016 09:17
Last Modified: 20 Oct 2021 12:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135109
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item