Identifikasi Stok Ikan Kembung Lelaki Rastrelliger Kanagurta (Cuvier :1816) Di Perairan Utara Dan Selatan Jawa Timur

Fayakun (2016) Identifikasi Stok Ikan Kembung Lelaki Rastrelliger Kanagurta (Cuvier :1816) Di Perairan Utara Dan Selatan Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perairan Jawa Timur terbagi dalam wilayah geografis yang berbeda, yaitu Perairan Utara dan Perairan Selatan. Perairan Utara berada pada Wilayah Pengelolaan Perikanan WPP-RI 712 dan Perairan Selatan berada WPP-RI 573. Pelabuhan Perikanan (PPN) Brondong termasuk dalam WPP-RI 712 dan Pelabuhan Perikanan (PPN) Prigi termasuk dalam WPP-RI 573 (Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, 2015). Kedua WPP tersebut kemungkinan terisolasi satu sama lain secara geografis. Perbedaan geografis dari kedua wilayah tersebut dimungkinkan terjadinya perbedaan karakteristik spesies ikan yang ada pada wilayah tersebut, adanya perbedaan karakteristik pada spesies ikan menunjukkan bahwa spesies tersebut berasal dari stok yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi allometris ikan kembung lelaki di Perairan Utara dan Selatan Jawa Timur, untuk mengetahui karakter morfometri dan karakter morfologi ikan kembung lelaki di dua perairan yang berbeda. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai Maret 2016, di Perairan Utara (PPN Brondong) dan Perairan Selatan (PPN Prigi) Jawa Timur. Metode yang digunakan yaitu identifikasi, adapun yang di identifikasi yaitu ikan kembung lelaki (R. kanagurta). Tujuan dari identifikasi ini yaitu untuk mendapatkan data morfometri dan morfologi ikan kembung lelaki (R. kanagurta). Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu Pengujian sampel,regresi (transformasi linear), PCA (reduction analysis) dan Hierarchical cluster analysis. Hasil dari penelitian ini yaitu, ikan kembung lelaki di Perairan Utara dan Selatan Jawa Timur secara statistik memiliki nilai b yang sama. Sedangkan hasil dari PCA, dari 18 variabel yang digunakan sebagai truss morfometri terdapat dua komponen yang memberikan beda sebesar 34.497% dan pada grafik PCA1 dan PCA2 sebagian besar komponennya berhimpit satu sama lain. Dan hasil analisis hierarchical cluster menunjukkan bahwa ikan kembung R. kanagurta c dan d memiliki persamaan, R. kanagurta a dan b memiliki persamaan ciri yang jauh dengan R. brachysoma dan R. faughni, hal ini menunjukkan ikan kembung lelaki yang ada di Prigi dan Lamongan memiliki ciri morfologi yang sama dan berasal dari satu stok. Dari hasil penelitian daidapatkan hasil bahwa ikan kembung lelaki di dua perairan berasal dari satu stok. Sebaiknya perikanan ikan kembung lelaki dikelola menjadi satu manajemen pengelolaan wilayah perikanan. Jika kelompok ikan kembung lelaki di Brondong mengalami tangkap lebih, stok di wilayah Prigi bisa memulihkan perikanan di wilayah Brondong, karena keduanya saling tercampur satu sama lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/379/051606495
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 03 Aug 2016 10:41
Last Modified: 20 Oct 2021 12:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135075
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI_FAYAKUN_125080200111005_PSP.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI_FAYAKUN_125080200111005_PSP.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item