Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ikan Kaleng Di Giant Mall Olympic Garden (Mog) Kota Malang, Jawa Timur

Zamroni (2016) Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ikan Kaleng Di Giant Mall Olympic Garden (Mog) Kota Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bisnis ritel merupakan bentuk dari pasar modern yang saat ini menjadi gaya hidup masyarakat yang suka berbelanja di pasar modern. Pasar modern menyediakan berbagai barang kebutuhan pokok hingga barang tersier yang dilengkapi fasilitas pendukung dan layanan konsumen. Salah satu pasar modern yang ada di Kota Malang adalah Giant Mall Olympic Garden (MOG). Tentu banyak persaingan dalam bisnis pasar modern. Keberhasilan Giant MOG dalam bertahan dan berkembang tidak lepas dari strategi memasarkan produk termasuk produk ikan kaleng. Salah satunya adalah bauran pemasaran yang digunakan oleh perusahaan sebagai sarana penilaian untuk mengidentifikasi keputusan konsumen dalam membeli ikan kaleng. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, promotion, place, people, physical evidence, process dan honesty terhadap keputusan pembelian produk ikan kaleng di Giant Mall Olympic Garden (MOG) dan menganalisis variabel bauran pemasaran yang berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk ikan kaleng di Giant Mall Olympic Garden (MOG). Populasi pada penelitian ini adalah pengunjung Giant MOG dengan sampel sebanyak 75 responden. Sumber data yaitu primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data meliputi koesioner dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan variabel independen (product, price, promotion, place, people, physical evidence, process dan honesty) dan variabel dependen (keputusan pembelian). Hasil uji validitas didapatkan variabel product (X1), price (X2), promotion (X3), place (X4), people (X5), physical evidence (X6), process (X7), honesty (X8), dan keputusan pembelian (Y) menunjukkan bahwa nilai korelasi (r) hitung > r tabel (0,1914) sehingga tidak ada item instrumen yang harus dikeluarkan dari pengujian. Hasil uji validitas dan reliabilitas dari variabel product (X1), price (X2), promotion (X3), place (X4), people (X5), physical evidence (X6), process (X7), honesty (X8), dan keputusan pembelian (Y) menunjukkan nilai koefisien Cronbach’s Alpha lebih besar dari 0,6 dapat disimpulkan bahwa variabel X1, X2, X3, X4, X5, X6, X7, X8, dan Y dikatakan valid, dan reliabel. Hasil uji asumsi klasik diawali dengan uji normalitas, disimpulkan grafik normal P-P Plot menyebar di sekitar garis diagonal, grafik histogram berbentuk lonceng dan nilai Asymp.Sig sebesar 0,187 > 0,05, maka model regresi tidak terjadi normalitas. Uji autokorelasi didapatkan nilai Durbin-Watson dU< 1,941 < 4-dU, dengan demikian model regresi tidak terjadi autokorelasi. Hasil uji multikolinearitas diperoleh nilai VIF dari kedelapan model < 10 dan Tolerance > 0,1, sehingga dapat dikatakan model regresi bebas dari multikolinearitas, hasil uji heteroskedastisitas dapat dilihat dari scatterplot dan uji glejser. Dilihat pada scatterplot terlihat titik-titik menyebar secara acak tidak membentuk pola yang jelas serta tersebar baik di atas maupun dibawah angka 0 pada sumbu Y dan pada uji glejser didapatkan nilai signifikansi pada semua variabel > 0,05, berarti tidak terjadi heteroskedastisitas pada model regresi. Dapat disimpulkan model regresi bebas dari semua asumsi dan layak digunakan. Hasil analisis regresi linear berganda didapatkan persamaan Y = 1,059 + 0,177 X1 + 0,439 X2 + 0,041 X3 - 0,017 X4 + 0,070 X5 - 0,002 X6 - 0,054 X7 + 0,185 X8 + eu. Uji koefisien determinasi didapatkan nilai adjusted R2 sebesar 84,2%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel bebas (produk, harga, promosi, tempat, orang, bukti fisik, proses, dan kejujuran) dalam menjelaskan varian dari variabel terikat yaitu keputusan pembelian sebesar 84,2%. Hasil uji F, diperoleh nilai F hitung sebesar 50,324 pada derajat signifikansi kesalahan sebesar 1%, nilai F hitung (50,324) > F tabel (2,79) maka H0 ditolak, hal ini menunjukkan adanya pengaruh secara simultan variabel bebas (product, price, promotion, place, people, physical evidence, process dan honesty) terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t (parsial) diketahui bahwa variabel yang berpengaruh nyata dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk ikan kaleng di Giant MOG yaitu variabel product, price, people, dan honesty, sedangkan yang tidak berpengaruh signifikan yaitu variabel promotion, place, physical evidence, dan process. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian yaitu price (X2) dilihat dari nilai sig. 0,000 dan nilai Standardized Beta Coefficients sebesar 0.448. Saran yang dapat diberikan yakni bagi Pengusaha Giant MOG, berdasarkan hasil penelitian variabel yang berpengaruh secara nyata yaitu variabel harga, kejujuran, produk, dan orang. Variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian produk ikan kaleng adalah variabel harga. Sebaiknya pihak Giant MOG tetap mempertahankan serta miningkatkan atribut-atribut yang terdapat pada variabel honesty, product, people, dan terutama variabel price. Misalnya variabel price dengan pemberian kupon undian, variabel honesty dengan pembuatan kotak saran, variabel product dengan menambah varian merk dan tampilan bukti penghancuran terhadap barang-barang yang kadaluarsa, dan variabel orang dengan meningkatkan intraksi dengan konsumen. Peneliti, diharapkan meneliti lebih banyak lagi variabel di luar bauran pemasaran seperti faktor individu, faktor lingkungan, faktor psikologis, faktor budaya, dan sebagainya dan dengan atribut pernyataan yang beragam sehingga informasi yang didapat lebih banyak lagi tentang variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian di luar bauran pemasaran. Selanjutnya peneliti dapat menambahkan hasil market share sebagai acuan penelitian supaya dapat memberikan solusi konkrit terhadap perebutan pangsa pasar. Pemerintah Kota Malang, diharapkan tidak menaikkan tarif pajak, air, listrik, dan bahan bakar bermotor (BBM) agar harga produk ikan kaleng di Giant MOG tetap murah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/367/051606483
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 03 Aug 2016 11:21
Last Modified: 20 Oct 2021 12:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/135062
[thumbnail of Laporan_Skripsi_Zamroni.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi_Zamroni.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item