Sistem Pakar Deteksi Dini Penyakit Stroke Menggunakan Metode Naïve Bayes – Certainty Factor

Hutama, Renaldy Senna (2018) Sistem Pakar Deteksi Dini Penyakit Stroke Menggunakan Metode Naïve Bayes – Certainty Factor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Stroke menjadi salah satu penyakit yang memiliki angka kematian yang tanggi di Indonesia dan jugs di dunia. Penyakit ini bisa menjadi berbahaya jika tidak cepat ditangani karena gangguan dari darah yang memasok ke otak secara tiba-tiba dan jika tidak ditangani dengan cepat dapat menyebabkan cacat permanen ataupun kematian. Di Indonesia penyakit stroke dalam beberapa tahun terakhir mengalarni peningkatan, akan tetapi pemerintah masih belum memiliki solusi dalam menyelesaikan permasalahan penyakit tersebut. Padahal proses penanganan penyakit stroke butuh waktu yang cukup dalam pendeteksiannya, apabila tidak ditangani dengan cepat bisa mengakibatkan cacat atau bahkan kematian. Dengan adanya permasalahan tersebut maka dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mempercepat dan mempermudah dalam mendeteksi resiko untuk mengurangi angka seseorang terserang penyakit stroke. Metode yang digunakan dalam proses pendeteksian adalah Naive Bayes-Certainty Factor. Metode Naive Bayes digunakan untuk mencari peluang kemunculan dari tingkat resiko penyakit stroke. Untuk metode certainty factor digunakan untuk mencari nilai keyakinanya. Sistem ini dibangun dengan berbasis android dengan Bahasa pemrograman Java. Untuk pengujian yang dilakukan yakni dengan melakukan perbandingan hasil deteksi dari pakar dengan hasil deteksi yang dilakukan oleh sistem dimana dari 25 data uji yang dilakukan didapatkan hash akurasi sebesar 84%.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/52/051800912
Uncontrolled Keywords: penyakit stroke; sistem pakar; deteksi; naive bayes; certainty factor
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 616 Diseases > 616.8 Diseases of nervous system and mental disorders > 616.81 Cerebrovascular diseases
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Feb 2019 01:46
Last Modified: 16 Oct 2021 02:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13491
[thumbnail of Renaldy Senna Hutama.pdf]
Preview
Text
Renaldy Senna Hutama.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item