Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berkunjung ke Kolam Pancing dan Warung Lesehan “CSDW”, Desa Kalipecabean, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

Makhfiroh, DwinYolandari (2016) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berkunjung ke Kolam Pancing dan Warung Lesehan “CSDW”, Desa Kalipecabean, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Usaha kolam pemancingan saat ini mengalami persaingan yang cukup ketat, hal tersebut disebabkan karena banyaknya usaha kolam pemancingan yang baru. Agar tidak kalah saing, atau setidaknya bisa bertahan dalam situasi seperti saat ini, pengelola pemancingan harus mengetahui keinginan konsumen. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, saat ini banyak kolam pemancingan yang melakukan diferensiasi misalnya disertai dengan rumah makan, begitu juga sebaliknya. Pengelola usaha harus merancang suatu strategi agar dapat menarik pengunjung, misalnya melakukan strategi pemasaran yang tepat serta mempertimbangkan pentingnya mengetahui perilaku konsumen guna mengetahui sifat dan keinginan konsumen terhadap kualitas jasanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengunjung, hubungan antara faktor-faktor minat berkunjung ke Kolam Pancing dan Warung Lesehan “CSDW” serta mengetahui faktor yang berpengaruh dominan terhadap minat berkunjung. Populasi pada penelitian ini yaitu pengunjung Kolam Pancing dan Warung Lesehan “CSDW” dengan sampel sebanyak 60 pengunjung. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data meliputi wawancara, kuesioner, observasi, dan dokumentasi, kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan variabel bebas (faktor individu, faktor lingkungan, faktor psikologis, dan bauran pemasaran) dan variabel terikat (minat berkunjung). Hasil uji validitas menunjukkan bahwa seluruh pertanyaan pada kuesioner valid dan hasil uji reliabilitas menunjukkan bahwa variabel dalam kuesioner reliabel. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi bebas dari semua asumsi dan layak digunakan. Hasil analisis regresi linear berganda didapatkan persamaan Y= 2,968 – 0,067X1 + 0,136 X2 + 0,211 X3 + 0,102 X4 + e. Uji koefisien determinasi didapatkan nilai adjusted R2 sebesar 56,5%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan variabel bebas (faktor individu, faktor lingkungan, faktor psikologis dan bauran pemasaran) dalam menjelaskan varians dari variabel terikat yaitu minat berkunjung sebesar 56,5%. Hasil uji F menunjukkan adanya pengaruh secara simultan variabel bebas (faktor individu, faktor lingkungan, faktor psikologis, dan bauran pemasaran) terhadap minat berkunjung. Hasil uji t (parsial) diketahui bahwa faktor yang berpengaruh nyata dan signifikan terhadap minat berkunjung ke Kolam Pancing dan Warung Lesehan “CSDW” yaitu faktor lingkungan, faktor psikologis, dan bauran pemasaran, sedangkan yang berpengaruh tidak nyata yaitu faktor individu. Faktor yang berpengaruh dominan terhadap minat berkunjung yaitu bauran pemasaran. Saran bagi pengelola Kolam Pancing dan Warung Lesehan “CSDW”, perlu mempertahankan serta meningkatkan komponen-komponen yang terhadapat pada faktor lingkungan, psikologi dan terutama bauran pemasaran. Misalnya pada bauran pemasaran dengan memperbaiki dan menambah fasilitas yang ada, mengutamakan kebersihan di sekitar dan menambah papan petunjuk lokasi. Bagi peliti, dapat dijadikan sebagai referensi untuk penelitian lanjutan misalnya dengan membahas faktor-faktor yang belum diteliti pada penelitian ini antara lain faktor budaya, sosial, biaya perjalanan, lama perjalanan, dll atau mengambil vi tema faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pengunjung sedangkan bagi pemerintah Kabupaten Sidoarjo diharapkan memberi dukungan untuk lebih mengembangkan potensi-potensi perikanan di wilayah Sidoarjo khususnya pada usaha pemancingan agar minat berkunjung semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/210/051605378
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 18 Jul 2016 13:50
Last Modified: 20 Oct 2021 00:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134885
[thumbnail of SKRIPSI-DWIN_YOLANDARI-125080400111028-AGROBISNIS_PERIKANAN-FPIK-UB.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI-DWIN_YOLANDARI-125080400111028-AGROBISNIS_PERIKANAN-FPIK-UB.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item