Implementasi Linked List Pada Interaksi Antar Marker Augmented Reality Untuk Operand Dan Operator Aritmetika

Wijaya, Hermawan (2018) Implementasi Linked List Pada Interaksi Antar Marker Augmented Reality Untuk Operand Dan Operator Aritmetika. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Augmented Reality (AR) merujuk kepada suatu persepsi langsung terhadap lingkungan sekitar yang sudah ditambahkan dengan komponen virtual komputer. Pada umumnya tidak terdapat mekanisme bawaan untuk menyimpan urutan pada framework AR, yang pada konteks ini adalah Vuforia SDK. Linked List merupakan salah satu metode dalam Algoritma dan Struktur Data yang digunakan untuk mengorganisasi struktur data dalam sebuah sistem. Urutan operand dan operator sangat diperhatikan dalam operasi aritmetika agar dapat melakukan kalkulasi aritmetika dengan benar, terutama untuk operasi yang tidak bersifat komutatif maupun asosiatif. Penelitian ini dilakukan untuk menerapkan penggunaan Linked List ke dalam AR sebagai sebuah metode untuk menyimpan urutan sementara marker yang berhasil dibaca perangkat untuk kemudian diolah lagi berdasarkan urutannya sebagai operasi aritmetika sederhana menggunakan bantuan engine Unity 3D. Dari penelitian ini juga dilakukan pengujian whitebox dengan nilai hasil Cyclomatic Complexity adalah 9, yang menyatakan sistem sudah memenuhi kebutuhan sesuai rancangan dengan kompleksitas yang rendah, serta pengujian usability dengan nilai hasil SUS rata-rata adalah 55 yang berarti sistem belum layak untuk digunakan pada pengguna awam.

English Abstract

Augmented Reality (AR) refers to a direct perception of the surrounding environment that has been added to the virtual component of the computer. There is generally no default mechanism for storing sequences in the AR framework, which in this context is Vuforia SDK. Linked List is one of the methods in Algorithm and Data Structure used to organize data structures in a system. The operand and operator sequences are highly considered in arithmetic operations in order to perform arithmetic calculations correctly, especially for noncommutative or non-associative operations. This research was conducted to apply the use of Linked List into AR as a method to store the temporary sequence of marker that successfully read by the device then processed again in sequence as simple arithmetic operation using Unity 3D engine aid. From this research also conducted whitebox testing with value of result of cyclomatic complexity is 9, which states that the system meets the needs according to the design with low complexity, and usability testing with average SUS yield value is 55 which means the system is not yet feasible for use on the novice user.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/42/051800823
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Linked List, Struktur Data. Augmented Reality, Linked List, Data Structure.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.8 Augmented and virtual reality
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Feb 2019 02:18
Last Modified: 16 Oct 2021 02:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/13486
[thumbnail of Hermawan Wijaya.pdf]
Preview
Text
Hermawan Wijaya.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item