Strategi Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Untuk Ukm (Usaha Kecil Dan Menengah) Menggunakan Aida Model: Studi Kasus Pada Ukm Poklahsar Berkah Lumintu Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang,

Gabbyella, MonicaCitra (2016) Strategi Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Untuk Ukm (Usaha Kecil Dan Menengah) Menggunakan Aida Model: Studi Kasus Pada Ukm Poklahsar Berkah Lumintu Desa Gondosuli, Kecamatan Gondang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, saat ini penggunaan internet sudah tidak asing lagi untuk memasarkan suatu produk. Suatu usaha yang dialkukan untuk melakukan pemasaran produk atas jasa dengan menggunakan media internet dapat juga disebut e-marketing. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui profil UKM POKLAHSAR Berkah Lumintu, menganalisis strategi penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran pada UKM menggunakan AIDA Model, menganalisis dampak dan manfaat penggunaan media sosial dengan AIDA Model terhadap volume transaksi dan jangkauan pasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, pertama tama menganalisis penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran dengan menggunakan AIDA Model. Setelah mengetahui strategi yang dilaksanakan berdasarkan AIDA Model, maka di analisis kembali dengan menggunakan Metode SWOT. Untuk mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal UKM, maka peneliti menggunakan metode IFE dan EFE guna melengkapi metode SWOT sebelumnya. Setelah itu menggunakan analisis BCG untuk mengetahui pangsa pasar pada masing masing produk yang dihasilkan UKM. Metode analisis yang terakhir, yaitu menggunakan metode histhorical method untuk mengetahui peningkatan volume penjualan sebelum menggunakan media sosial sebagai sarana pemasaran dan sesudah menggunakan sarana pemasaran guna mengambil keputusan untuk meningkatkan penggunaan media sosial atau tidak. Produk yang dihasilkan pada UKM POKLAHSAR Berkah Lumintu terdiri dari 5 jenis, yaitu Abon Ikan Lele “Pak Gondo”, Abon Ikan Patin “Pak Gondo”, Abon Ikan Tuna “Nelayan”, Rambak Kulit Ikan Lele “Pak Gondo”, dan Krupuk Tulang Ikan Lele “Pak Gondo” Pada analisis menggunakan AIDA Model, pada komponen Attention (Perhatian), bahwa pihak produsen telah melakukan beberapa aktivitas yaitu seperti menggunakan media sosial Instagram. Tetapi, disayangkan karena UKM tidak menggunakan jasa endorsement terhadap tokoh terkemuka yang banyak dikenal pada media sosial Instagram, sehingga penggunaannya masih kurang bisa dimaksimalkan dalam menciptakan citra produk. Pada komponen Interest (Ketertarikan), UKM telah memberikan informasi tentang produk yang ditawarkan dan juga gambar produk dari beberapa sisi. Pada komponen Desire (Keinginan), UKM melakukan aktivitas seperti memberikan potongan harga sebesar 10% jika konsumen membeli produk dengan jumlah minimal 10 pack. Pada komponen Action (Tindakan), UKM berusaha meyakinkan produk yang dihasilkan UKM merupakan produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Strategi yang dapat diambil pada tabel tersebut dari pengolahan data dengan metode SWOT. Pada strategi SO UKM diharapkan meningkatkan kemampuan produksi pada UKM POKLAHSAR Berkah Lumintu agar dapat lebih memenuhi jumlah permintaan yang datang pada UKM. Memperbanyak jenis media sosial yang digunakan sebagai sarana pemasaran.Meningkatkan variasi produk olahan yang dihasilkan. Pada strategi WO UKM diharapkan menambah modal agar dapat meningkatkan jumlah produksinya sehingga dapat v memperluas pasar lagi. Meningkatkan promosi pada berbagai jenis media sosial terhadap produk yang ditawarkan. Pada strategi ST UKM diharapkan memperbanyak variasi produk hasil olahan yang dihasilkan UKM. Mempromosikan produk pada wilayah wilayah yang memiliki harga dan minat yang tinggi terhadap produk yang ditawarkan, seperti Cina dan Thailand. Pada strategi WT UKM diharapkan mencari relasi yang berani menanamkan modal guna meningkatkan produksi. Mencari kota maupun daerah yang memiliki pasar potensial terhadap produk. Berdasarkan IFE Matriks, terlihat bahwa kemampuan memenuhi sarana dan prasarana merupakan hal penting yang diperhatikan dalam aktifitas produksi UKM, ini terlihat dari bobot sarana dan prasarana produksi yang mendukung yaitu 0,45. Sedangkan secara umum posisi UKM POKLAHSAR Berkah Lumintu relatif cukup baik dalam menghadapi lingkungan eksternalnya dengan total nilai 2,35. Berdasarkan EFE Matriks,terlihat bahwa kemampuan mudahnya memperoleh bahan baku dan juga tersedianya berbagai jenis media sosial yang dapat digunakan sebagai pengembangan UKM merupakan sesuatu yang harus diperhatikan, ini terlihat dari bobot bahan baku produksi dan penggunaan media sosial sebagai pengembangan usaha yang tinggi, yaitu 0,60. Sedangkan secara umum posisi UKM POKLAHSAR Berkah Lumintu relatif cukup baik dalam menghadapi lingkungan eksternalnya dengan total nilai 2,80 Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode BCG (Boston Consulting Group), produk yang harus ditingkatkan produksinya dan mempertahankan posisinya yaitu produk Abon Ikan Lele Pak Gondo dan Abon Ikan Tuna “Nelayan”. Sedangkan produk yang diperlukan untuk evaluasi, yaitu produk Abon Ikan Patin “Pak Gondo”, Rambak Kulit Ikan Lele “Pak Gondo”, dan Krupuk Tulang Ikan Lele “Pak Gondo”. Berdasarkan hasil analisis menggunakan histhorical method, produk UKM POKLAHSAR Berkah Lumintu yang mengalami kenaikan paling tinggi yaitu produk Abon Ikan Lele “Pak Gondo” sebesar 75,73%. Pada urutan kedua yaitu Abon Ikan Tuna “Nelayan” sebesar 74,62%. Pada urutan ketiga yaitu Abon Ikan Patin “Pak Gondo” sebesar 40,99%. Pada urutan ke empat yaitu Rambak Kulit Ikan Lele “Pak Gondo” sebesar 40,70%. Dan posisi terakhir yaitu Krupuk Tulang Ikan “Pak Gondo” sebesar 27,92%. Saran dalam penelitian ini diharapkan adanya penelitian serupa, tetapi yang berorientasi pada sudut pandang konsumen, sehingga peneliti dapat melihat kondisi penggunaan media sosial berdasarkan dari dua sisi, yaitu produsen dan konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/175/051604746
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 23 Jun 2016 14:11
Last Modified: 20 Oct 2021 00:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134845
[thumbnail of SKRIPSI_ALL.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_ALL.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item