Uji Antibakteri dan Uji Toksisitas Ekstrak Kasar Teh Rumput Laut Coklat Sargassum cristaefolium dengan Pelarut Metanol

Pratama, KamaYudaFeby (2016) Uji Antibakteri dan Uji Toksisitas Ekstrak Kasar Teh Rumput Laut Coklat Sargassum cristaefolium dengan Pelarut Metanol. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teh merupakan minuman yang sudah dikenal luas di Indonesia dan di dunia, mengandung zat bioaktif yang memiliki banyak manfaat dan berguna bagi kesehatan seperti polifenol, flavonoid, tanin, vitamin C dan E, catechin, serta sejumlah mineral seperti Zn, Se, Mo, Ge, Mg. Salah satu sumber teh yang telah banyak dimanfaatkan masyarakat Cabiya, kabupaten Sumenep adalah alga coklat jenis Sargassum cristaefolium. Senyawa bioaktif yang dihasilkan telah banyak diketahui manfaatnya antara lain sebagai antioksidan, antibakteri, antitumor, antikanker dan menghambat aktivitas enzim. Pengukuran aktivitas antibakteri dapat dilakukan dengan metode kertas cakram. Bakteri indikator yang digunakan adalah Aeromonas salmonicida sebagai bakteri gram negatif dan Streptococcus pyogenes sebagai bakteri gram positif. Pengujian toksisitas terhadap Artemia salina Leach. dikenal dengan metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT). Metode ini merupakan salah satu metode yang paling banyak digunakan untuk pencarian senyawa bioaktif antibakteri, antioksidan, dan antikanker baru yang berasal dari tanaman. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September – Desember 2015 di Laboratorium Reproduksi Ikan, Laboratorium Penyakit dan Kesehatan Ikan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, serta Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya, Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan konsentrasi antibakteri terbaik dari ekstrak teh rumput laut coklat Sargassum cristaefolium terhadap bakteri Aeromonas salmonicida dan Streptococcus pyogenes. Serta untuk mendapatkan nilai LC50 ekstrak teh rumput laut coklat Sargassum cristaefolium terhadap hewan uji Artemia salina Leach. Metode dalam uji daya hambat / uji cakram adalah metode eksperimen. Metode eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan konsentrasi berbeda pada ekstrak kasar teh rumput laut coklat Sargassum cristaefolium terhadap pertumbuhan bakteri uji Aeromonas salmonicida dan Streptococcus pyogenes. Metode dalam uji toksisitas juga merupakan metode eksperimen, yaitu dilakukan dengan cara membuat beberapa konsentrasi dari suatu ekstrak kasar teh rumput laut Sargassum cristaefolium yang diujikan terhadap sejumlah larva udang Artemia salina Leach. berumur 48 jam kemudian dihitung jumlah Artemia salina Leach. yang mati untuk memperoleh nilai LC50. Hasil penelitian yaitu konsentrasi ekstrak kasar teh Sargassum cristaefolium dengan pelarut metanol yang paling efektif dalam menghambat pertumbuhan Streptococcus pyogenes adalah pada konsentrasi 30% yang menghasilkan rata-rata zona hambat sebesar 4,48 mm. Sedangkan untuk menghambat Aeromonas salmonicida adalah pada konsentrasi 30% juga, yang menghasilkan rata-rata zona hambat sebesar 3,866 mm. Hasil uji toksisitas nilai LC50 ekstrak kasar teh Sargassum cristaefolium dengan hewan uji Artemia salina Leach. didapatkan nilai LC50 sebesar 321,2485 ppm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/166/051604737
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 21 Jun 2016 13:47
Last Modified: 20 Oct 2021 00:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134835
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item