Pengembangan Usaha Warung Makan (WM) “Pak Sabar” di Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo Jawa Timur

Putra, SyaifaDenyKarunia (2016) Pengembangan Usaha Warung Makan (WM) “Pak Sabar” di Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia termasuk dalam negara kepulauan terbesar di dunia yang kaya akan sumberdaya alam terutama untuk sektor perikanan dan kelautan. Keanekaragaman ikan darat dan laut di Indonesia dapat dijadikan peluang untuk pengembangan dan peningkatan pertumbuhan perekonomian dalam negeri. Produk perikanan mempunyai karakteristik yang mudah sekali rusak sehingga membutuhkan manajemen yang baik dalam pengadaan dan pengolahan ikan secara tepat. Perencanaan pengembangan usaha diperlukan untuk menganlisis apakah usaha yang dijalankan nantinya memberikan keuntungan yang berkelanjutan atau mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Menganalisis aspek non finansiil yang terdiri dari aspek teknis, manajemen, pemasaran, hukum, lingkungan, sosial dan aspek kelayakan finansiil jangka pendek yaitu permodalan, penerimaan, RC Ratio, keuntungan, rentabilitas dan BEP, 2). menganalisis faktor eksternal dan faktor internal serta strategi pengembangan usaha dengan analisis SWOT.3 Menganalisis perencanaan pengembangan jangka panjang meliputi NPV, IRR, Net/BC, payback period dan sensitivitas. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2015 Di Kelurahan Sidomukti, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan metode pengambilan sampel menggunakan metode survey , untuk teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh (semua populasi dijadikan sampel) hal ini dikarenakan jumlah populasi kurang dari 30 orang. Jenis sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka. Analisa data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Sumber daya yang mendukung kegiatan usaha perikanan di Kelurahan Sidomukti meliputi sumber daya alam, yaitu lingkungan yang bersih dan terjaga, ketersedian air yang melimpah, dan memiliki lahan yang subur. Sumber daya manusia, yaitu masyarakat di Kelurahan Sidomukti memiliki pengalaman yang baik dalam menjalankan usaha perikanan. Sumber daya buatan, yaitu tersedianya sarana dan prasarana yang baik seperti transportasi yang memadai , jalan raya yang bagus. Aspek teknis pada usaha WM. Pak Sabar meliputi air yang digunakan untuk mencuci peraltan dan bahan untuk memasak, bahan baku yang terdiri dari Ikan Kakap, Ikan Dorang, Ikan Kerapu, Ikan Gurami, Ikan Lele, Udang, Cumi-cumi, Ayam Kampung, Ayam Potong dan Tempe Penyet, dan peralalatan untuk memasak olahan ikan. Aspek pemasaran pada usaha WM. Pak Sabar ini meliputi permintaan dan penawaran akan produk perikanan oleh masayarakat sekitar. Saluran pemasaran yang terdiri dari nelayan, produsen (WM. Pak Sabar), konsumen. Bauran pemasaran yang terdiri dari Produk, Harga, Promosi, Tempat, dan Prilaku Konsumen. Aspek manajemen pada usaha WM. Pak Sabar ini dilakukan secara sederhana, aspek manajemen usaha ini yang meliputi perencanaan yang vii dilakukan secara sederhana. Pengorganisasian pada usaha ini hanya pembagian tugas secara langsung oleh pemilik kepada pekerjanya. Pergerakan pada usaha ini pemilik memberikan pengarahan terhadap pekerja pada saat melaksanakan pekerjaanya dengan memberikan pengarahan secara jelas dan perkataan yang tidak menyakitkan hati pekerjanya. Pengawasan pada usaha ini dilakukan oleh pemilik sendiri, yaitu melakukan pengawasan secara langsung terhadap pekerja agar dapat mengetahui bagaimana kualitas pekerjanya serta sebagai bahan evaluasi untuk usahanya. Aspek finansial pada usaha ini meliputi finansial jangka pendek dan jangka panjang. Pada usaha ini diperoleh hasil dari analisis finansial jangka pendek selama satu tahun dan finansial jangka panjang selama sepuluh tahun pada usaha usaha WM. Pak Sabar adalah sebagai berikut keuntungan sebesar Rp. 375.138.918,75 yang telah dikurangi zakat, R/C 1,22, Rentabilitas 22%, BEP sales dan BEP unit yang telah terlampir. Untuk analisis finansial jangka panjang diperoleh NPV sebesar Rp. 171.362.230, Net B/C 2,86, IRR 38% dan PP 2,7 tahun. Analisis SWOT pada usaha WM. Pak Sabar ini meliputi faktor strategi internal dan eksternal. Dalam analisis diagram SWOT di dapatkan usaha ini terletak pada kuadran 1 yaitu strategi agresif. Untuk strategi pengembangan yang dilakukan adalah menggunakan strategi SO (stenghts opportunity), yaitu meningkatkan metode pelayanan KKHR, menjaga cita rasa masakan, dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/113/051603737
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 19 Apr 2016 09:48
Last Modified: 19 Oct 2021 23:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134777
[thumbnail of Laporan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item