Perencanaan pengembangan usaha rumah makan dan pemancingan di “TIRTA MAS” kediri Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Arifin, Zainal (2016) Perencanaan pengembangan usaha rumah makan dan pemancingan di “TIRTA MAS” kediri Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dewasa ini usaha dibidang perikanan mulai ada kenaikan mulai dari usaha pengolahan ikan, penangkapan ikan, maupun usaha di bidang kuliner , karena masyarakat semakin tau nilai gizi dari ikan segar maupun ikan olahan, untuk mendorong pelaku usaha di bidang perikanan diperlukan manajemen agar pelaku usaha dalam hal bidang perikanan bisa menjalankan usaha mereka dengan lancar dan baik.Pengelolaan sumberdaya perikanan yang baik perlu dilakukan untuk menciptakan kondisi perikanan yang berkelanjutan. Usaha rumah makan dan pemancingan ini merupakan konsep yang memadukan antara usaha rumah makan, dengan menyajikan masakan terutama ikan dan pemancingan ini di konsep sebagai pemancingan lomba, usaha ini merupakan konsep yang baru dibidang perikanan dan yang pertama di kediri, usaha ini berharap dapat bersaing dengan rumah makan atau restoran tradisional maupun modern yang semakin banyak bermunculan. Keinginan untuk mengembangkan usahanya ini menuntut pemilik Rumah makan dan pemancingan, memikirkan bagaimana strategi pengembangan usahayang tepat untuk diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Menganalisa aspek teknis bisnis Rumah makan dan pemancingan, 2) menganalisis aspek pemasaran, 3) menganalisis aspek finansiil 4) menganalisis aspek manajemen, dalam penelitian ini berjumlah responden berjumlah 20 orang, yang terdiri dari enam orang dari pihak internal dan empat belas orang dari pihak eksternal. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi usaha rumah pemancingan “TIRTA MAS” Kemudian merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha berdasarkan kondisi internal dan eksternal yang analisis dengan matriks SWOT. dan aspek finansial usaha dengan menggunakan jangka pendek dan jangka panjang.Faktor internal dan faktor eksternal Usaha Rumah Makan dan Pemancingan “TIRTA MAS” Faktor Kekuatan, secara aspek manajemen Mempunyai SDM yang baik, secara aspek finansiil Usaha tersebut layak dijalankan, secara aspek teknis Lokasi usaha strategis,sarana dan prasarana usaha lengkap, produk dari usaha mempunyai ciri khas, secara aspek pemasaran pemilik mempunyai strategi sendiri dalam melakukan pemasaran Berdasarkan matriks IFAS diketahui bahwa kekuatan yang dapat dimanfaatkan oleh pengelola adalah adanya Pengetahuan dan pengalaman dalam usaha,Memiliki hubungan yang baik dengan konsumen,Kualitas usaha,Pengembangan usaha Pelayanan yang baik. Kelemahan bagi perusahaan Kurang promosi,Harga relatif mahal, Tidak pemancingan terlalu cepat, Tidak fokus pada satu usaha, sedangkan Berdasarkan matriks EFAS diketahui bahwa Peluang Lokasi strategis, Sudah berdiri lama, Sarana dan prasarana yang mendukung, Ancaman, Pesaing, Serangan hama dan penyakit yang mengganggu,Perubahan iklim dan cuaca, Pencurian ikan, Hasil penilaian faktor internal dan eksternal menggunakan matriks IFAS dan EFAS diperoleh total nilai IFAS sebesar 1,75 dan total nilai EFAS sebesar 1,65 Total nilai tersebut memposisikan perusahaan pada kuadran I. Pada hasil analisi aspek finansial yaitu jangka pendek diperoleh Total penerimaan usaha rumah makan dan pemancingan “TIRTA MAS” adalah sebesar Rp. 811.440.000 dan penerimaan bersih selama satu tahun adalah sebesar Rp. 214.485.733 sedangakan jangka panjang. Jumlah biaya yang dikeluarkan hingga 10 tahun ke depan untuk penambahan Re-investasi ialah sebesar Rp.116.571.300, hasil penjualan pada usaha rumah makan dan pemancingan “TIRTA MAS” tiap tahunnya selalu meningkat seiring dengan adanya inflasi tiap tahun, yaitu sebesar 6.25 % dengan tingkat suku bunga bank sebesar 12%n, ilai NPV yang diperoleh pada keadaan normal ialah sebesar Rp1,215,042,442, nilai Net B/C yang diperoleh pada Usaha rumah makan dan pemancingan “TIRTA MAS” dalam keadaan normal ialah sebesar 5,18. Hasil yang diperoleh tersebut lebih dari 1, Payback Period dan dihasilkan sebesar 1,36. Artinya, jangka waktu yang diperlukan agar modal yang diinvestasikan dapat kembali ialah selama 1,36 tahun. Dari penelitian tersebut saran yang dapat diberikan adalah untuk penelitian yang akan datang diharapkan peneliti selanjutnya untuk dapat memberikan kontribusi berupa solusi yang bermanfaat untuk kemajuan usaha bagi pihak pemilik usaha Rumah Makan dan Pemancingan “TIRTA MAS”, dalam pengembangan usaha pemerintah harus siap memberikan dukungan yaitu berupa ijin usaha dan bisa menarik investor agar penyerapan tenaga kerja merata di daerah tersebut, diharapkan masyarakat dapat ikut serta dalam menjaga keamanan disekitar lokasi usaha karena usaha ini juga mendorong masuknya tenaga kerja di rumah makan tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/109/051603733
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 18 Apr 2016 15:55
Last Modified: 19 Oct 2021 23:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134772
[thumbnail of isi_skripsi_lengkap.pdf]
Preview
Text
isi_skripsi_lengkap.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item