Perencanaan Pengembangan Usaha Tahu Isi Ikan Laut di Desa Tanggung, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang

DwiCahyanto, Angga (2016) Perencanaan Pengembangan Usaha Tahu Isi Ikan Laut di Desa Tanggung, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tahu isi merupakan jenis olahan makanan yang saat ini masih menjadi trend dikalangan masyarakat, khususnya untuk penikmat camilan. Tahu isi ikan laut memiliki permintaan yang relatif stabil bahkan mengalami kenaikan dan ditunjang dengan harga yang relatif mahal serta cukup menjajikan keuntungan dibandingkan dengan produk olahan yang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Menganalisis kondisi faktual usaha meliputi aspek teknis, aspek pemasaran, aspek finansiil dan aspek manajemen pada usaha tahu isi ikan laut. 2). Mengetahui strategi pengembangan usaha tahu isi ikan laut dengan analisis SWOT. 3). Menyusun perencanaan pengembangan usaha tahu isi ikan laut dengan analisis jangka panjang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sedangkan jenis penelitian mengunakan metode Studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Jenis data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Metode analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Untuk analisis kualitatif yaitu meliputi : 1).Aspek teknis pada usaha tahu isi ikan laut 2).Aspek pemasaran (produk, harga, lokasi, promosi dan saluran pemasaran). 3).Aspek manajemen. 4).Analisis SWOT perencanaan pengembangan usaha tahu isi ikan laut kedepannya. Sedangkan untuk analisis deskriptif kuantitatif dengan menganalisa aspek Finansiil yang meliputi dua analisis jangka pendek dan analisis jangka panjang. Aspek teknis pada usaha tahu isi ikan laut meliputi meliputi persiapan alat dan bahan, proses produksi (persiapan bahan baku, pencucian, pemotongan daging, pencampuran bumbu dan tepung, penggilingan, pengisian pada tahu, pengukusan, penirisan dan pemotongan tahu) dan pengemasan. Aspek teknis yang dilakukan sudah baik, menjaga kualitas produk dengan memperhatikan kebersihannya. Aspek pemasaran pada usaha tahu isi ikan laut meliputi produk, harga, lokasi, promosi dan saluran pemasaran. Permintaan produk tahu isi yang semakin meningkat dari pelanggan dan konsumen baru. Saluran pemasaran yaitu langsung dijual kepada pelanggan-pelanggan serta melalui pedagang perantara. Harga yang ditetapkan oleh bapak Heri yaitu Rp.14.000,- per bungkus. Aspek pemasaran pada usaha ini sudah baik, tapi perlu meningkatkan penampilan produk dengan menambah label, komposisi, BPOM dan sertifikat halal. Aspek manajemen pada usaha tahu isi meliputi perencanaan sebelum melakukan kegiatan usaha tahu isi ikan laut masih bersifat sederhana, sistem pengorganisasian masih dilakukan sendiri oleh bapak Heri, penggerakkan tugas kerja yang sudah terlaksana tapi masih perlu ditingkatkan lagi, sedangkan pengawasan yang dilakukan hanya pengawasan pada saat dilakukan pada proses produksi dan pemasaran, tidak pada pengawasan keuangan dengan manajemen keuangan yang kurang baik. Aspek manajemen pada usaha ini cukup baik, perlu meningkatkannya agar bisa lebih baik lagi. Analisis finansiil pada usaha tahu isi ikan laut meliputi analisis jangka pendek dan jangka panjang. Analisis jangka pendek selama setahun memperoleh penerimaan sebesar Rp.168.000.000,-, nilai RC ratio sebesar 1,87 yang artinya lebih dari 1 usaha ini menguntungkan, BEP sales Rp.19.426.305,- dan BEP unit 1.569 bungkus, keuntungan sebesar Rp.56.66.500,-, rentabilitas/presentase keuntungan sebesar 87,22%,. Analisis jangka panjang selama aepuluh tahun (2017-2026) diperoleh NPV (net present value) sebesar Rp.144.227.935,-, Net B/C (net benefit cost ratio) sebesar 1,31, IRR (internal rate of return) sebesar 12%, dan PP (payback periode) 5,95 tahun. Analisis SWOT meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Diagram analisis SWOT pada usaha tahu isi ikan laut berada pada kuadran I (satu) yaitu mendukung perkembangan usaha dengan strategi agresif (growth oriented strategy) yang menggunakan strategi strength opportunities (SO) dengan mengoptimalkan kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada. Strategi pengembangan pada usaha tahu isi ikan laut yaitu Memanfaatkan perkembangan teknologi untuk peningkatan produksi; Menjaga kualitas dan ciri khas produk tahu isi ikan laut; Menjalin dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan, tenaga kerja dan penyedia bahan baku; Memperluas cakupan distribusi tahu isi ikan laut; Menyisihkan dan menginvestasikan sebagian keuntungan untuk perkembangan usaha. Aspek perencanaan pada finansiil pada usaha tahu isi ikan laut dengan analisis finansiil jangka panjang selama sepuluh tahun (2017-2026) pada usaha tahu isi ikan laut milik Bapak Heri melakukan penambahan investasi sebesar Rp. 478.243.000,-, modal lancar sebesar Rp.117.000.000, dan modal kerja yang direncanakan sebesar Rp.138.646.214,-, dengan net present value sebesar Rp. Rp.370.673.498,-, net benefit cost ratio sebesar 1,31, internal rate of return sebesar 20%, payback period/waktu pengembalian modal sekitar 4,22 tahun. Saran yang diberikan peneliti untuk perencanaan pengembangan usaha tahu isi ikan laut yaitu berdasarkan hasil penelitian yaitu: Meningkatkan volume produksi untuk memenuhi pesanan pelanggan sekaligus memasarkannya pada konsumen langsung. Meningkatkan kegiatan promosi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi seperti melalui internet, facebook dan media sosial yang lain untuk mendapatkan pelanggan dan konsumen baru. Segera menyelesaikan surat ijin produksi agar lebih mudah dalam memasarkannya karena merupakan jaminan keamanan produk tahu isi. Memperluas daerah pemasaran untuk mendapatkan konsumen baru agar tidak hanya bergantung pada pesanan pelanggan saja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2016/1013/051700343
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 10 Mar 2017 09:09
Last Modified: 19 Oct 2021 22:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134742
[thumbnail of Artikel_Skripsi_angga.pdf]
Preview
Text
Artikel_Skripsi_angga.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAPORAN_PKM_FIXX.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_PKM_FIXX.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Laporan_skripsi_Angga_fix.pdf]
Preview
Text
Laporan_skripsi_Angga_fix.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item