Suparnadi, MayaRosalia (2016) Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wisata Delta Fishing, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Potensi perikanan dapat dijadikan suatu peluang bisnis salah satunya yaitu tempat wisata pemancingan. Tempat wisata menjadi tujuan seseorang untuk menikmati waktu luangnya bersama keluarga. Saat ini telah terdapat berbagai tempat wisata yang bermunculan. Persaingan yang ketat antar pengusaha untuk menarik konsumen menjadi tinggi. Agar bisnis yang dijalankan tidak kalah saing dengan usaha yang lain maka pengusaha perlu memantau kepuasan konsumen terhadap usaha yang dijalankannya. Kualitas layanan yang baik juga dapat menjadi faktor penentu kepuasan konsumen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat variabel-variabel kualitas pelayanan yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Wisata Delta Fishing serta mengetahui variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen. Populasi penelitian yaitu pengunjung Wisata Delta Fishing dengan penghitunggan jumlah sampel menggunakan linier time fuction sehingga didapatkan jumlah responden sebesar 40 responden. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data meliputi wawancara, kuisioner, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan variabel bebas yaitu (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) sedangkan variabel terikatnya (kepuasan konsumen). Hasil uji validitas dan uji realibilitas menunjukkan bahwa seluruh pertanyaan pada kuisioner valid dan reliabel. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi bebas dari semua asumsi dan layak untuk digunakan. Hasil analisis regresi linier berganda didapatkan persamaan Y = 6,352 + 0,054 X1 + 0,163 X2 + 0,456 X3 – 0,039 X4 – 0,056 X5 + e. Dimana X1 (bukti fisik), X2 (keandalan), X3 (daya tanggap), X4 (jaminan) dan X5 (empati). Uji koefisien determinasi didapatkan nilai adjusted R2 sebesar 46,7%. Hasil uji F menunjukkan adanya pengaruh secara bersama-sama atau simultan variabel bebas (bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) terhadap variabel terikat (kepuasan konsumen). Hasil uji t (parsial) diketahui bahwa variabel kualitas layanan yang berpengaruh nyata dan signifikan terhadap kepuasan konsumen ialah daya tanggap sedangkan yang berpengaruh tidak signifikan yaitu variabel bukti fisik, keandalan, jaminan dan empati. Variabel kualitas layanan yang dominasi mempengaruhi kepuasan konsumen ialah variabel daya tanggap (X3) yaitu nilai thitung sebesar 3,710. Kesimpulan dan Saran bagi pengelola Wisata Delta Fishing yaitu kualitas layanan yang terdapat di Wisata Delta Fishing berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, untuk itu empati karyawan yang berlebihan kepada konsumen perlu dikurangi dan daya tanggap berupa kesigapan karyawan saat konsumen membutuhkan bantuan perlu ditingkatkan sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPR/2016/1006/051700225 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 25 Jan 2017 10:58 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 22:46 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134734 |
Preview |
Text
Artikel-Maya_Rosalia_Suparnadi-125080400111074-Agrobisnis_Perikanan.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Skripsi-Maya_Rosalia_Suparnadi-125080400111074-Agrobisnis_Perikanan.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
PKM-Maya_Rosalia_Suparnadi-125080400111074.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |