Uji Aktivitas Senyawa Aktif Sargassum cristaefolium Sebagai Antioksidan Pada Minyak Ikan Lemuru (Sardinella longiceos)

Daniswara, Fonda (2015) Uji Aktivitas Senyawa Aktif Sargassum cristaefolium Sebagai Antioksidan Pada Minyak Ikan Lemuru (Sardinella longiceos). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumput laut adalah bentuk poliseluler dari ganggang (alga) yang hidup di laut dan tergolong dalam divisi Thallophyta. Tanaman ini tidak mempunyai akar, batang dan daun seperti lazimnya tanaman tingkat tinggi. Struktur tanaman secara keseluruhan merupakan batang yang dikenal dengan thallus. Sargassum cristaefoilum merupakan salah satu golongan alga coklat Phaeophyceae. Sargassum cristaefolium merupakan alga multiseluler yang memiliki senyawa-senyawa hasil metabolisme sekunder berupa alkaloid dan flavonoid. Senyawa-senyawa tersebut kemungkinan merupakan senyawa bioaktif yang dapat digunakan dalam dunia pengobatan, misalnya sebagai antioksidan. antioksidan merupakan salah satu bahan aditif yang dapat melindungi bahan pangan dari kerusakan oksidasi penyebab ketengikan pada minyak ikan. Sehingga dilakukan penelitian tentang Sargassum cristaefoilum sebagai antioksidan terhadap minyak ikan lemuru. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsentrasi ekstrak Sargassum cristaefolium terbaik untuk menghambat keruskan minyak ikan lemuru serta mendapatkan senyawa-senyawa bioaktif yang terkandung dalam Sargassum cristaefolium. Penelitian ini dilaksanakan di, Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya Malang, Laboratorium Sentral Ilmu Hayati, Universitas Brawijaya Malang, Laboratorium Farmakologi Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya serta Laboratorium Kimia Organik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya Malang pada September- Desember 2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas pada penelitian ini ialah konsentrasi (0 ppm, 100 ppm, 200 ppm, dan 300 ppm) dan masa simpan (H1, H5, dan H10). Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini ialah Bilangan peroksida dan Bilangan iod parameter uji yang dilakukan antara lain dpph, bilangan iod, bilangan peroksida, UV-Vis, LCMS. Berdasarkan hasil ekstrak senyawa aktif Sargassum cristaefolium diperoleh aktivitas radikal bebas dengan rat-rata nilai IC50 sebesar 108,828 ± 21,11 ppm. Penambahan seyawa aktif dari Sargassum cristaefolium dapat mencegah terjadinya kerusakan pada peroses netralisasi minyak ikan lemuru dengan perlakuan terbaik atau konsentrasi optimum yaitu pada kosentrasi sebesar 300 ppm pada uji bilangan peroksida sebesar 3.57 mg/kg, sedangkan pada uji bilangan iod terbaik pada konsentrasi 300 ppm sebesar 10,82 g/100g. Hasil analisis dengan metode LC-MS, diduga pada puncak ke 4 terdapat senyawa Glycyrrhetinic golongan terpenoid. Disarankan pada penelitian selanjutnya agar dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai senyawa aktif yang terkandung pada Sargassum cristaefolium dengan pengaplikasian yang berbeda namun tetap menggunakan isolasi dari Sargassum cristaefolium.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/777/051600470
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 03 Feb 2016 14:18
Last Modified: 20 Oct 2021 15:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134667
[thumbnail of SKRIPSI_CD.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_CD.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item