Strategi Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Koi (Cyprinus Carpio) Pada UD. “Mata Ikan” Di Desa Bacem Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur

Kham, MMaulanaTsabitKham, (2015) Strategi Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Koi (Cyprinus Carpio) Pada UD. “Mata Ikan” Di Desa Bacem Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Provinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang saat ini masih menjadi trend dikalangan masyarakat, khususnya pecinta ikan hias. Ikan koi memiliki permintaan yang relatif stabil bahkan mengalami kenaikan dan ditunjang dengan harga yang relatif mahal serta cukup menjajikan keuntungan dibandingkan dengan ikan hias yang lain. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2015 di Desa Bacem Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar Jawa Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah 1).Menganalisis aspek teknis, aspek manajemen, aspek pemasaran, dan aspek finansiil operasional pembesaran ikan koi.2).Menyusun perencanaan strategi kelayakan usaha pembesaran ikan koi berdasarkanaspek manajemen, aspek pemasaran, dan aspek finansiil.3).Menyusun strategi pengembangan usaha pembesaran ikan koi dengan analisis SWOT dan analisis jangka panjang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sedangkan jenis penelitian mengunakan metode Studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kuesioner. Jenis dan sumber data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Metode analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Untuk analisis kualitatif yaitu meliputi : 1).Aspek teknis pada pembesaran ikan koi mulai dari persiapan sampai pemanenan. 2).Aspek pemasaran (permintaan dan penawaran, saluran pemasaran, margin pemasaran dan penetapan harga pada ikan koi). 3).Aspek manajemen. 4).Analisis SWOT perencanaan pengembangan usaha pembesaran ikan koi kedepannya. Sedangkan untuk analisis deskriptif kuantitatif dengan menganalisa aspek Finansiilyang meliputi dua analisis jangka pendek dan analisis jangka panjang. Aspek teknis pada usaha pembesaran ikan koi meliputi meliputi persiapan kolam (tempat/lokasi, peralatan, pembajakan tanah, pemupukkan, pengisian air), pengapuran, penebaran benih dan penyeleksian ikan, pemberian pakan, pemeliaharan ikan dari penyakit dan hama, dan pemanenan. Analisis finansiil pada usaha pembesaran ikan koi meliputi analisis jangka pendek dan jangka panjang. Analisis jangka pendek selama setahun memperoleh penerimaan sebesar Rp.105.600.000,-, nilai RC ratio sebesar 2,86 yang artinya lebih dari 1 usaha ini menguntungkan,keuntungan sebesar Rp.68.625.917,-, rentabilitas/presentase keuntungan sebesar 186%, BEP sales mix great A sebanyak 298 ekor dengan harga Rp.15.000 dan penerimaan sebesar Rp.4.407.507,-, BEP sales mix great B sebanyak 519 ekor dengan harga 10.000 dan penerimaan sebesar Rp.5.193.342,-, BEP sales mix great C sebanyak 690 unit dengan harga Rp 7.000 dan penerimaan sebesarRp.4.831.175,-. Aspek pemasaran pada usaha pembesaran ikan koi meliputi permintaanikan hias untuk ikan koi semakin meningkat dilihat dari penawaran yang dilakukan oleh UD. “Mata Ikan” selalu kurang untuk memenuhi permintaan yang tinggi,penetapan harga pada ikan koi sesuai dengan great atau kualitas yang sudah di tetapkan untuk great A harga Rp.15.000, great B harga Rp.10.000, dan great C harga Rp.7.000 saluran pemasaran usaha pembesaran ikan koi pada UD. “Mata Ikan” melalui perantara yang sudah menjadi pelanggan tetap dan margin yang diperoleh oleh UD. “Mata Ikan” setiap great berbeda-beda untuk great A selisih sebesar Rp.2.000, great B selisih sebesar Rp.1.000, dan untuk great C selisih sebesar Rp.500. Aspek manajemen pada usaha pembesaran ikan koi meliputi perencanaan sebelum melakukan kegiatan usaha pembesaran ikan koi masih bersifat sederhana, sistem pengorganisasian belum diterapkan masih dilakukan sendiri, pelaksanaan yang belum berjalan secara maksimal sedangkan pengawasan yang dilakukan hanya pengawasan pada saat dilakukan teknis pembesaran ikan koi dan perawatan ikan koi, tidak pada pengawasan keuangan dengan manajemen keuangan yang kurang baik. Analisis SWOT meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Diagram analisis SWOT pada usaha pembesaran ikan koi arah pengembangan usaha dengan mendukung kebijakan strategi diversifikasi dengan memanfaatkan peluang dan mengoptimalkan kekuatan dari segi internal. Strategi pengembangan pada usaha pembesaran ikan koi yaitu memanfaatkan peluang pasar yang masih terbuka; mempertahankan kualitas ikan koi; memanfaatkan sarana dan prasarana yang mendukung usaha budidaya dalam pengembangan usaha; mengikuti penyuluhan yang diadakan oleh instansi DKP. Perencanaan pada finansiil pada usaha pembesaran ikan koi pada UD. “Mata Ikan” dengan analisis finansiil jangka panjang selama sepuluh tahun (2016-2025)pada usaha pembesaran ikan koi milik Pak Syuhada’ melakukan penambahan investasi sebesar Rp.77279.520,-, dengan net present value sebesar Rp.1.440.513.115,-, net benefit cost ratio sebesar 23,06, internal rate of return sebesar261%, payback period/waktu pengembalian modal sekitar 0,39 tahun. Saran yang diberikan peneliti untuk perencanaan pengembangan usaha pembesaran ikan koi yaitu berdasarkan hasil analisis SWOT perlu diterapkan strategi diversifikasi memanfaatkan lokasi usaha yang strategis, menjaga hubungan baik dengan konsumen, mempertahankan kualitas ikan koi, mengikuti aktif penyuluhan yang diadakan oleh instansi DKP agar usaha pembesaran ikan koi pada UD. “Mata Ikan” dapat terus berkembang. Didapat kelemahan yaitu kurangnya tenaga kerja dan manajemen pembukuan keuangan yang kurang baik sehingga perlu menambah tenaga kerja agar lebih optimal dalam usaha dan memperbaiki manajemen pembukuan supaya lebih tertata dengan benar demi kemajuan usaha pembesaran koi. Berdasarkan perhitungan aspek finansiil didapat tingkat mortalitas mencapai 25% maka diharapkan kepada pemilik usaha untuk penambahan kapasitas produksi terhadap ikan koi untuk dapat memenuhi permintaan konsumen pecinta ikan koi. Disarankan untuk para peneliti dilakukan penelitian lebih lanjut di lokasi lain untuk mendapatkan perbandingan dan gambaran yang lengkap tentang perencanaan pengembangan usaha pembesaran ikan koi baik dari pemasukan dan pengeluaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/745/051600438
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 03 Feb 2016 10:52
Last Modified: 20 Oct 2021 15:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134632
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item