Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Aquascape Pada Toko Aquatrend Malang Jawa Timur

Fathoni, Achmad (2015) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Aquascape Pada Toko Aquatrend Malang Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis dan memiliki tanah yang subur, sejak tahun 1950-an di Indonesia menjual tanaman air untuk akuarium tawar. Namun para hobiis di Indonesia saat itu selalu kecewa karena tanaman-tanaman tersebut tidak dapat hidup lama dalam akuarium. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern, terdapat dua hal yang semakin disadari manfaatnya bagi kualitas hidup sehat saat ini yaitu keindahan dan kesehatan. Berbagai aspek kehidupan dikembangkan dengan berorientasi pada dua hal ini. Kesehatan dan keindahan memiliki kaitan yang erat. Keindahan mampu menghadirkan perasaan senang, tenang, dan harmonis pada perasaan seseorang. Perasaan yang dihadirkan oleh keindahan sangat menunjang kesehatan baik pikiran maupun fisik seseorang secara signifikan karena mampu menekan stres yang menjadi faktor utama menurunnya kondisi fisik. Namun dengan semakin berkembangnya aquascape ini menyebabkan banyak orang yang membuat usaha aquascape, seperti yang di Kota Malang sudah terdapat 8 toko. Oleh karena itu perlu adanya strategi pemasaran yang dilakukan oleh para pengusaha salah satunya yaitu dengan melakukan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian produk aquascape yang dilakukan di Toko Aquatrend Malang Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor-faktor yang terdiri dari faktor kebudayaan, sosial, dan pribadi terhadap keputusan untuk membeli produk aquascape. Serta mengetahui diantara faktor kebudayaan, sosial, dan pribadi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk aquascape. Objek penelitian ini yaitu konsumen diantaranya penghobi yang membeli produk aquascape di Toko Aquatrend Malang. Penentuan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan rumus linier time function yang akhirnya didapatkan jumlah sampel sebanyak 78 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menentukan responden yang dipilih yaitu konsumen yang penghobi aquascape. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data derkriptif kuantitatif. Lokasi penelitian ini terletak di Toko Aquatrend Jalan Tumenggung Suryo No. 143 Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malang Provinsi Jawa Timur. Toko Aquatrend berdiri sejak tahun 2003 yang berawal dari musim ikan louhan pada waktu itu, toko Aquatrend bergerak di bidang perikanan hias, terutama dalam ikan hias air tawar dengan segala macam peralatan pendukungnya. Toko Aquatrend sekarang juga bergerak dibidang aquascape yaitu pembuatan tanaman bawah air atau panorama alam yang berada dalam air tawar. Lokasi toko Aquatrend juga sangat strategis karena berada di samping jalan raya besar, sehingga mudah untuk dicari oleh konsumen. Untuk karaktristik responden berdasarkan usia yaitu banyak responden yang masih berusia 20-30 tahun, oleh karena itu konsumen aquascape ini juga banyak dari kalangan mahasiswa namun juga ada yang lain seperti karyawan dan wiraswasta . vi Bedasarkan hasil analisis dengan statistika diperoleh hasil dari model regresi sebagai berikut : Y = 5,782 + 0,115 x1 + 0,085 x2 + 0,344 x3 + e Hasil dari analisis regresi linier berganda didapatkan nilai konstanta a sebesar 5,782 yang dapat diartikan jika tidak ada variabel X1, X2, dan X3 maka tingkat keputusan pembelian produk aquascape di Toko Aquatrend sebesar 5,782 satuan. Koefisien regresi faktor kebudayaan konsumen (X1) sebesar 0,115 artinya setiap perubahan satu-satuan faktor kebudayaan akan meningkatkan keputusan pembelian (Y) sebesar 0,115 satuan. Koefisien regresi faktor sosial (X2) sebesar 0,085 artinya setiap perubahan satu-satuan faktor sosial akan meningkatkan keputusan pembelian (Y) sebesar 0,085 satuan. Koefisien regresi faktor pribadi (X3) sebesar 0,344 artinya setiap perubahan satu-satuan faktor pribadi akan meningkatkan keputusan pembelian (Y) sebesar 0,344 satuan. Pada penelitian ini data yang dihasilkan menunjukkan bahwa nilai R2 sebesar 0,266 atau 26,6% variasi keputusan pembelian produk aquascape ditentukan oleh kebudayaan (X1), Sosial (X2), dan pribadi (X3). Sedangkan sebesar 73,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diikutkan dalam model regresi ini, namun berpengaruh pada perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian produk aquascape. Faktor-faktor yang lain yaitu psikologi, lingkungan maupun dari bauran pemasaran 4P (Place,Price,Promotion,Product). Dari hasil analisis diperoleh F hitung sebesar 10,305 dengan nilai regression 3 dan residual 74. Dengan nilai probability = 0.05 Kemudian dilihat pada F tabel diperoleh nilai F tabel sebesar 2,73. Dari hasil tersebut diperoleh Nilai F hit > F tabel (10,305 > 2,73) berarti berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel terikat (keputusan pembelian). Artinya hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, dengan kata lain variabel bebas yang terdiri dari variabel kebudayaan (X1), Sosial (X2), dan pribadi (X3) secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian produk aqauascape yang dilakukan konsumen. Hasil analisis uji t didapatkan hasil pada koefisien regresi faktor kebudayaan konsumen (X1) sebesar 0,115 artinya setiap perubahan satu-satuan akan meningkatkan keputusan pembelian (Y) sebesar 0,115 satuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kebudayaan memiliki nilai t hitung = 1,107 < t tabel = 1,66571, hal ini menunjukkan bahwa variabel kebudayaan tidak berpengaruh nyata secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan selang kepercayaan 95%. Koefisien regresi faktor sosial (X2) sebesar 0,085 artinya setiap perubahan satu-satuan akan meningkatkan keputusan pembelian (Y) sebesar 0,085 satuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel pendapatan memiliki nilai t hitung = 0,732 < t tabel = 1,66571, hal ini menunjukkan bahwa variabel sosial tidak berpengaruh nyata secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan selang kepercayaan 95% sebab indikator yang digunakan pada penelitian yaitu kelompok referensi, keluarga, dan peran status. Koefisien regresi faktor pribadi (X3) sebesar 0,344 artinya setiap perubahan satu-satuan akan meningkatkan keputusan pembelian (Y) sebesar 0,344 satuan. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel pendapatan memiliki nilai t hitung = 3,934 > t tabel = 1,66571, hal ini menunjukkan bahwa variabel pribadi berpengaruh nyata secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan selang kepercayaan 95%, sebab indikator yang digunakan yaitu gaya hidup, motivasi dan kebutuhan serta pengetahuan konsumen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dari ketiga faktor yang digunakan pada penelitian ini hanya faktor pribadi yang mempunyai pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian produk aquascape di Toko Aquatrend.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/742/051600435
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 03 Feb 2016 10:10
Last Modified: 20 Oct 2021 15:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134629
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item