Pengaruh Waktu Perebusan Terhadap Kadar Albumin, Protein dan Rendemen Ikan Gabus(Ophiocephalus striatus)

Lestari, PuputPuji (2015) Pengaruh Waktu Perebusan Terhadap Kadar Albumin, Protein dan Rendemen Ikan Gabus(Ophiocephalus striatus). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Albumin adalah protein utama dalam plasma manusia dan membentuk sekitar 60% protein plasma total. Sekitar 40% albumin terdapat dalam plasma, dan 60% sisanya tedapat diruang ekstrasel (Murray et al., 2009). Ditambahkan oleh Sumarno (2012), albumin merupakan protein terbanyak dalam plasma darah mencapai kadar 60%. Manfaatnya untuk membantu jaringan sel baru. Dalam ilmu kedokteran, albumin ini digunakan untuk mempercepat pemulihan jaringan sel tubuh yang terbelah/rusak. Albumin juga berperan mengikat obat-obatan serta logam berat yang tidak mudah larut dalam darah. Menurut Suprayitno (2003), ikan gabus sangat kaya akan albumin. Albumin diperlukan tubuh manusia setiap hari, ikan gabus memiliki protein yang sangat tinggi, ikan ini dapat digunakan sebagai sumber albumin bagi penderita hipoalbumin (rendah albumin) dan luka, baik luka pasca operasi maupun luka bakar. Albumin dari ikan gabus banyak diminati oleh masyarakat sebagai sumber alternatif pengganti Human Serum Albumin (HSA) yang harganya sangat mahal.Ikan gabus (Ophiocephalus striatus) merupakan salah satu jenis ikan buas yang hidup di air tawar maupun air payau. Merupakan ikan pancingan yang banyak ditemui di sungai, rawa, danau dan saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah (Sulthoniyah et al., 2013). Salah satu cara untuk mendapatkan albumin yaitu dengan cara ekstraksi menggunakan metode perebusan dengan waterbath. Lama pengukusan berpenaruh nyata terhadap rendemen dan kadar albumin filtrat ikan gabus (Sugiono, 2002). Namun selama ini belum ada yang melakukan penelitian tentang pengaruh lama perebusan terhadap kadar albumin, protein dan rendemen. Penelitian terdahulu yang pernah dilakukan oleh Rahmani(2015), menggunakan waktu perebusan selama 20 dan 30 menit. Sedangkan penelitian yang dilakukan oleh Adnyana at al., (2012), menggunakan waktu selama 50 menit. Sehingga penerapan waktu yang tepat sangat diperlukan dalam proses untuk menghasilkan ekstrak albumin yang berkualitas baik. Berdasarkan uraian diatas, maka dilakukan penelitian tentang ekstraksi ikan gabus menggunakan metode perebusan dengan waktu yang berbeda untuk mendapatkan ekstrak albumin yang baik. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei – Agustus 2015 di Laboratorium Nutrisi dan Biokimia, Perkayasaan Hasil Perikanan FPIK Universitas Brawijaya, dan Laboratorium pengujian terpadu Rumah Sakit Saiful Anwar Malang. Pada bulan Mei hingga Agustus. Rancangan percobaan yang digunakan untuk penelitian utama ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) 4 perlakuan dengan 6 kali ulangan. Analisa Kimia yang digunakan meliputi pengujian kadar albumin, kadar protein, rendemen serta pengujian profil asam amino untuk perlakuan terbaik. Berdasarkan penelitian, perlakuan terbaik adalah perlakuan A dengan waktu perebusan selama 5 menit, dengan kadar albumin 9,87%, kadar protein 22,53%, dan rendemen 75,65%, kadar air 53,72% dan terdapat 15 asam amino.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/710/051600403
Subjects: 300 Social sciences > 333 Economics of land and energy > 333.9 Other natural resources > 333.91 Water and lands adjoining bodies of water
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 03 Feb 2016 14:38
Last Modified: 20 Oct 2021 14:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134593
[thumbnail of lembar_pengesahan_laporan_skripsi.pdf]
Preview
Text
lembar_pengesahan_laporan_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._ISI_LAPORAN.pdf]
Preview
Text
3._ISI_LAPORAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 2._KATA_PENGANTAR,_DAFTAR_ISI,_GAMBAR_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
2._KATA_PENGANTAR,_DAFTAR_ISI,_GAMBAR_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER_DEPAN.pdf]
Preview
Text
1._COVER_DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item