Analisis Pemasaran Rumput Laut (Gracilaria verrucosa) di Desa Kupang, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo Dengan Pendekatan SCP (Structure-Conduct-Performance)

Pratama, AdityaGali (2015) Analisis Pemasaran Rumput Laut (Gracilaria verrucosa) di Desa Kupang, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo Dengan Pendekatan SCP (Structure-Conduct-Performance). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemasaran merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi suatu usaha khususnya para pelaku usaha rumput laut di Desa Kupang. Pemasaran yang baik akan mempengaruhi keberlanjutan sebuah usaha dan keuntungan usaha. Oleh karena itu diperlukan penelitian tentang pemasaran rumput laut di Desa Kupang, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo dengan pendekatan SCP (Structure-Conduct-Performance). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari dan menganalisis pemasaran rumput laut di Desa Kupang Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo dengan pendekatan Struktur pasar, perilaku pasar dan penampilan pasar. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data antara lain observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan jenis dan sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan antara lain analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Sampel yang digunakan ada dua kelompok sampel yakni kelompok pedagang perantara dan kelompok pembudidaya. Teknik pengambilan sampel pada kelompok pedagang perantara menggunakan teknik sampling jenuh sedangkan kelompok pembudidaya menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penlitian ini pada pendekatan struktur pasar diketahui lembaga pemasaran yang terlibat antara lain pembudidaya, pengepul, pedagang besar, pedagang luar desa dan pabrik dan didapatkan tiga saluran pemasaran. Berdasarkan jumlah penjual dan pembeli pada tingkat pasar pembudidaya struktur pasar yang terbentuk oligopsoni, pada pengepul terbentuk pasar duopsoni dan pada pedagang besar terbentuk pasar oligopoli. Selanjutanya didapatkan adanya hambatan masuk dan keluar pasar, diferensiasi produk yang rendah serta terjadi asimetri informasi pasar. Struktur pasar yang terbemtuk dari perhitungan pangsa pasar adalah pasar oligopoly/oligopsoni ketat, perhitungan CRm adalah monopoli/monopsony dan perhitungan IHH adalah pasar oligopoly/oligopsoni. Pada perilaku pasar didapatkan penetuan harga dengan metode cost oriented, cost market dan penentuan harga oleh pedagang. Selanjutnya para lembaga pemasaran tidak menggunkan promosi penjualan dan masih adanya praktek tidak jujur yang dilakukan beberapa lembaga pemasaran. Pada pendekatan penampilan pasar didapatkan marjin pemasaran, farmer share, dan perhitungan efisiensi pemasaran cenderung efisien. Sedangkan share biaya dan keuntungan pemasaran cenderung kurang efisien dikarenakan distribusinya tidak merata. vi Berdasarkan hasil penelitian tentang pemasaran rumput laut di Desa Kupang dengan pendekatan struktur, perilaku, dan penampilan pasar saran yang diberikan penulis antara lain pertama saran bagi lembaga pemasaran seperti pembudidaya, pengepul dan pedagan besar harus banyak melakukan upaya-upaya penggunaan teknologi pengeringan yang lebih modern dan melakukan promosi penjualaan supaya pemasaran lebih luas dan maksimal. Kedua bagi pemerintah hendaknya memberikan informasi pasar yang akurat melalui media maupun penyuluhan. Ketiga bagi mahasiswa hendaknya melakukan penelitian yang terkait pemasaran dengan pendekatan SCP agar banyak informasi ilmiah yang diterima bagi masyrakat maupun pemerintah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/702/051600395
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Indah Nurul Afifah
Date Deposited: 04 Feb 2016 09:17
Last Modified: 20 Oct 2021 14:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134586
[thumbnail of Laporan_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item