Struktur Komunitas Makrozoobentos Pada Hutan Mangrove Di Desa Penunggul Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan

Mundiri, ErviAisyi (2015) Struktur Komunitas Makrozoobentos Pada Hutan Mangrove Di Desa Penunggul Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hutan mangrove berperan pada lingkungan pesisir yakni sebagai habitat bagi biota di sekitarnya salah satunya adalah makrozoobentos hewan yang melekat di dasar perairan, bebatuan serta menempel pada pohon, dan berperan untuk degradator bahan organik yang berada pada hutan mangrove. Sehingga keberadaan makrozoobentos di kawasan hutan mangrove dapat sebagai salah satu dasar untuk monitoring kawasan hutan mangrove di Desa Penunggul Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan yang merupakan hutan hasil rehabilitasi, maka dirasa perlu dilakukan penelitian struktur komunitas makrozoobentos dan hubunganya dengan kondisi mangrove. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2015 degan tujuan mengidentifikasi makrozoobentos, menghitung kelimpahan makrozoobentos dan mengetahui hubungan parameter lingkungan dengan kerapatan mangrove. Adapun hasil penelitian ditemukan 6 spesies makrozoobentos yaitu Uca sp, Polymesoda sp, Littoraria sp,Chicoreous sp, Cerithidea sp, Telescopium sp, adapun nilai kelimpahan pada stasiun 1 sebesar 1 Ind/m2, stasiun 2 sebesar 2 Ind/m2, serta stasiun 3 sebesar 3 Ind/m2. Hubungan kerapatan mangrove dan kelimpahan makrozoobentos berbanding lurus atau berkorelasi positif seta parameter lingkungan seperti C-Organik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/599/ 051506164
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.3 Other extractive industries > 338.37 Products > 338.372 Products of fishing, whaling, hunting, trapping
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 31 Aug 2015 10:27
Last Modified: 31 Aug 2015 10:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134475
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item