Srategi Pengembangan Usaha Pembenihan Ikan Nila (Oreochromis niloticus)di Sentra Pembenihan Ikan Nila UPR (Unit Pembenihan Rakyat) sumber Mina Lestari Banjartengah Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabup

Widodo, RenoBayu (2015) Srategi Pengembangan Usaha Pembenihan Ikan Nila (Oreochromis niloticus)di Sentra Pembenihan Ikan Nila UPR (Unit Pembenihan Rakyat) sumber Mina Lestari Banjartengah Desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabup. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan ekonomi di Indonesia merupakan salah satu bagian penting dari pembangunan nasional dengan tujuan akhir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Perkembangan zaman dan teknologi menuntut kehidupan perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi yang ada. Suatu perusahaan yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya cepat atau lambat akan tersisih dari lingkungan bisnis, sehingga perlu dipikirkan suatu strategi yang baik agar terjadi kontinuitas perusahaan dan membantu dalam pencapaian tujuan yang telah ditetapkan secara cepat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan maret 2015 di UPR sumber mina lestari desa Sumbersekar Kecamatan Dau Kabupaten malang Jawa Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Focused Group Discussion (FGD). Jenis data yang dikumpulkan meliputi, data primer dan sekunder dengan cara pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi . Data dalam penelitian dianalisis analisis IFAS, analisis EFAS, analisis SWOT, analisis Diagram SWOT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mempelajari : pelaksanaan usaha yang dilakukan UPR sumber mina lestari, mengetahui pemasaran yang di lakukan UPR sumber mina lestari, faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan usaha pembenihan ikan nila di UPR sumber mina lestari dan strategi pengembangan usaha yang harus di lakukan oleh UPR sumber mina lestari. UPR sumber mina lestari merupakan kelompok petani kolam yang bergerak di bidang pembenihan ikan air tawar, usaha pembenihan ini terletak di desa sumber sekar kecamatan dau kabupaten malang. Produk pembenihan ikan yang di budidayakan berupa benih di UPR sumber mina lestari diantaranya adalah ikan Nila dan lele. Pada penelitian ini ikan yang menjadi bahan penelitian adalah ikan Nila yang menjadi komoditas utama usaha pembenihan ikan di UPR sumber mina lestari Strategi pemasaran yang dijalankan oleh UPR sumber mina lestari antara lain, Pemasaran menggunakan cara konsumen datang langsung ke tempat budidaya dengan cara pembayaran secara langsung atau konsumen dapat melakukan pemesanan yang di antar dengan harga yang disesuaikan dengan biaya transportasi. Target pasar diantaranya yaitu daerah yang berada di wilayah Jawa Timur atau diluar provinsi Jawa Timur, diwliyah jawa timur yang menjadi sasaran utama wilayah pemasran antara lain, Blitar, Pasuruan, Lamongan, Gersik, Sidoarjo dan Surabaya, cara memperkenalkan Produk benih ikan nila keada konsumen masih menggunakan cara yang sederhana yaitu melalui informasi dari konsumen yang pernah membli dan mengetahui kualitas produk benih ikan nila di UPR sumber mina lestari dengan kata lain masih dari mulut ke mulut. Faktor strategis internal yang menjadi kekuatan yaitu Poduk yang berkualitas, lokasi perusahaan yang strategis, hubungan baik dengan pemasok bahan baku, SDM yang terlatih. Sedangkan faktor strategis internal yang menjadi kelemahan yaitu promosi,transportasi,dan volume produksi yang terbatas. Faktor strategis eksternal yang menjadi peluang yaitu permintaan pasar, potensi sumberdaya alam, dukungan pemerintah terhadap usaha sektor perikanan, perkembangan teknologi informasi dan produksi dan perubahan perilaku konsumen. faktor strategis eksternal yang menjadi ancaman adalah tingginya persaingan antar usaha sejenis, perubahan musim, dapat perubahan perilaku konsumen, kondisi harga BBM yang naik dan informasi teknologi terbatas. Berdasarkan hasil identifikasi analisis SWOT diatas menunjukan bahwa UPR sumber mina lestrai berada pada posisi kuadran I sehingga memiliki strategi agresif yang menguntungkan bagi usaha pembenihan. UPR memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT, maka alternatif strategi yang dapat diperoleh adalah sebagai berikut :Strategi Perluasan Pasar, Strategi Diferensiasi Produk , Strategi Pemanfaatan suberdaya perusahaan yang ada , Strategi peningkatan kegiatan Promosi , Strategi Peningkatan Kerjasama, Strategi perbaikan aliran kerja perusahaan. Saran yang dapat di berikan oleh penelitian untuk perusahaan antara lain: (1) Memanfaatkan kelebiahan kualitas benih untuk meningkatkan volume produksi. (2) Memaksimalkan promosi dari UPR sumber mina lestari baik memanfaatkan teknologi informasi maupun melakukan promosi seacra langsung

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/597/051506162
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Sep 2015 11:56
Last Modified: 20 Oct 2021 12:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134473
[thumbnail of laporan_skripsi.pdf]
Preview
Text
laporan_skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item