Strategi Pengembangan Usaha Ekstrak Sari Ikan Gabus (Channa Striata) Di Striata Group Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Damanik, AyuAshari (2015) Strategi Pengembangan Usaha Ekstrak Sari Ikan Gabus (Channa Striata) Di Striata Group Desa Banjararum, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jumlah penduduk Indonesia mencapai kurang lebih 200 juta jiwa, dengan jumlah penduduk yang sangat tinggi tersebut tingkat konsumsi ikan mencapai 30 kg/orang/tahun. Tingginya tingkat konsumsi masyarakat tersebut dikarenakan ikan mengandung sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain dimanfaatkan sebagai bahan pangan, ikan juga ada yang dimanfaatkan sebagai obat-obatan, salah satunya adalah ikan gabus (Channa striata). Ikan gabus diketahui mengandung senyawa-senyawa penting yang berguna bagi tubuh. Ikan gabus segar mengandung protein sebesar 25,1%, sedangkan 6,224% dari protein tersebut berupa albumin. Jumlah ini sangat tinggi dibanding sumber protein hewani lainnya. Albumin dibutuhkan untuk perkembangan sel maupun pembentukan jaringan sel baru, mempercepat pemulihan jaringan sel tubuh seperti akibat luka dan memelihara keseimbangan cairan di dalam pembuluh darah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: kondisi faktual usaha baik dari aspek produksi, aspek pemasaran, aspek manajemen, aspek finansiil serta legalitas usaha ekstrak sari ikan gabus. Faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi usaha ekstrak sari ikan gabus dan menentukan strategi pengembangan usaha ekstrak sari ikan gabus di “Striata Group”. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menentukan responden yang dipilih adalah pemilik usaha dan tenaga kerja. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dan deskripif kuantitatif yang meliputi aspek produksi, manajemen, pemasaran, finansiil jangka pendek dan jangka panjang, analisis SWOT dan pengembangan bisnis. Aspek produksi pada usaha ini sudah baik terlihat dari persiapan pengadaan bahan baku, persiapan sarana dan prasarana, sampai pada kegiatan produksi ekstrak sari ikan gabus. Aspek pemasaran pada usaha ini cukup baik terlihat dari hasil produksi ekstrak sari ikan gabus yang selalu habis setiap diproduksi. Aspek manajemen pada usaha ini masih sederhana, karena usaha ini merupakan usaha perseorangan dan pembagian tugas yang belum jelas. Terdapat kendala dari faktor internal dan eksternal pada usaha ini. Kendala internal yaitu alat ekstraksi yang mahal dan tenaga kerja yang kurang terampil. Sedangkan kendala eksternal yaitu belum banyak pembudidaya ikan gabus karena selama ini hanya tergantung dari tangkapan di alam. Analisis strategi pengembangan usaha ekstrak sari ikan gabus dengan SWOT didapatkan menggunakan strategi agresif, yaitu menggunakan kekuatan dengan memanfaatkan peluang yang dimiliki. Mengevaluasi dari aspek finansiil usaha ini layak untuk dijalankan 10 tahun yang akan datang, karena menguntungkan terlihat dari besarnya nilai Rentabilitas 19,04% berada diatas tingkat suku bunga dan NPV>0 sebesar Rp 42.039.380.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2015/583/051506148
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Aug 2015 16:19
Last Modified: 20 Oct 2021 11:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/134459
[thumbnail of SKRIPSI_.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item